Mengatasi Lapar Berlebih saat Menstruasi

Image : www.fitnessmagazine.com

Sering merasa gampang lapar saat menstruasi? Hal tersebut emang banyak bikin wanita khawatir, berat badan juga jadi mudah naik saat periode tersebut.

Rasa lapar yang dialami wanita saat menstruasi itu wajar. Penyebabnya, karena fluktuasi hormon estrogen dan progesteron yang tidak stabil sejak sebelum menstruasi datang. Hal inilah yang bikin banyak wanita mudah merasa lapar saat menstruasi, bahkan sebelum menstruasi itu datang.

Tapi nggak perlu terlalu cemas, berikut ini solusi cara mengatasi nafsu makan berlebih saat menstruasi.

1. Hindari Dehidrasi

Ternyata saat menjelang menstruasi hingga masa menstruasi, temperatur tubuh kita menjadi lebih tinggi, sehingga tubuh jadi lebih mudah dehidrasi. Dehidrasi atau kekurangan cairan akan mengganggu kestabilan hormon, terlebih saat menstruasi, sehingga bisa mengarahkan ke sinyaal rasa lapar palsu. Jadi hati-hati dengan dehidrasi, ya.

Perbanyak minum air putih saat menstruasi. Jika rasa lapar terus menyerang padahal sudah makan, coba minum satu gelas air putih, dalam beberapa menit rasa lapar biasanya akan berkurang.

2. Perhatikan Gizi Makanan

Peningkatan nafsu makan saat menstruasi bisa diatasi dengan konsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi. Apabila anda mengonsumsi makanan harian padat gizi maka tubuh akan tetap kenyang.

Jangan sampai protein terlalu rendah, kurang serat, kurang lemak baik, dan jangan sampai kalorinya terlalu rendah. Selain itu juga, jangan sampai karbohidrat yang anda konsumsi karbohidrat simpleks, harus korbohidrat kompleks, ya. Jangan sampai lemak baiknya kurang,  Jangan sampai melakukan diet ekstrim.

Kalau gizi dari menu yang anda makan kurang, otomatis nafsu makan akan meningkat. Kecukupan nutrisi sangat penting untuk menjaga kestabilan hormon saat menstruasi, sehingga bebas dari rasa lapar berlebih.

Baca Juga : Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Haid

3. Tetap Aktif dan Berolahraga

Hormon serotonin merupakan hormon pengatur mood, saat menstruasi hormon ini akan menurun, sehingga banyak orang mudah lapar, lesu, dan malas saat menstruasi. Olahraga akan meningkatkan serotonin perlahan, sehingga nafsu makan akan turun perlahan.

Jadi meski sedang menstruasi, badan harus tetap bergerak aktif dan tetap rutin melakukan olahraga ringan. Saat menstruasi juga sebaiknya tidak melakukan olahraga berat dengan intensitas tinggi, dan kalau badan dirasa tidak begitu nyaman, sesuaikan olahraga anda dengan kondisi tubuh.

4. Tambahkan Makanan yang Kaya Asam Amino

Tambahkan sumber makanan kaya asam amino pada menu makanan anda saat menstruasi. Asam amino akan membantu menstabilkan serotonin dalam tubuh, jadi tidak akan mudah merasa lapar. Asam amino bisa diperoleh dari yoghurt, kacang-kacangan, susu, ikan, dan telur.

5. Cukupi Istirahat Anda

Cara selanjutnya untuk mengatasi nafsu makan berlebih saat menstruasi adalah dengan istirahat yang cukup dan tidur yang teratur.  Istirahat yang cukup dan tidur yang berkualitas sangat baik untuk kestabilan hormon. Hal ini juga akan berpengaruh pada hormon yang memicu rasa lapar berlebih, apalagi jika begadang.

Saat menstruasi, biasakan tidur berkualitas 6 – 8 jam dalam sehari. Jangan begadang saat sedang menstruasi, begadang justru membuat dorongan makan muncul lebih sering.

Baca Juga : Cara Efektif Mengurangi Kebiasaan Ngemil

Itulah tips supaya hormon tetap stabil saat menstruasi, dan jadi nggak mudah kepikiran makanan. Kalau sesekali ingin ngemil juga boleh lho, asalkan sudah makan besar dulu, supaya nggak berlebihan nanti saat ngemil.

 

Sumber :
CNN Indonesia. (2018). 5 Manfaat Olahraga Selama Menstruasi. www.cnnindonesia.com
Detik Health. (2017). Bolehkah Olahraga Saat Menstruasi?. health.detik.com
Tribun Solo. (2017). Sering Nyeri saat Menstruasi? Sudah Waktunya Hindari 8 Hal Ini. solo.tribunnews.com
Yulia Baltschun. (2018). 4 Solusi Makan Menggila Saat Menstruasi. www.youtube.com