5 Cara Alami Memutihkan Gigi Secara Mudah & Praktis

Image: verywellhealth.com

Senyuman putih bersih ala iklan pasta gigi pasti diinginkan oleh semua orang. Maka dari itu banyak orang melakukan perawatan pemutihan gigi.

Ternyata untuk dapatkan gigi putih bersih tidak harus mahal. Ada cara mudah untuk memutihkan gigi yang bisa dipraktekan dari barang sehari-hari di rumah.

1. Rawat Kebersihan Mulut

Hal yang paling utama agar gigi tampak putih adalah kebersihan mulut serta gigi.

Rutin menyikat dengan pasta gigi supaya noda di permukaan gigi hilang. Jika ingin lebih putih, bisa pilih pasta gigi yang khusus untuk memutihkan gigi.

Jangan lupa bersihkan sela gigi dengan benang (flossing) biar tidak ada makanan dan bakteri yang menumpuk. Soalnya tumpukan tersebut akan berubah jadi plak yang keras dan bau. Gigi pun akan terlihat kuning serta kusam.

2. Olesi Gigi dengan Minyak Kelapa

Tips Ini adalah warisan turun temurun dari budaya India. Walaupun bisa pakai minyak lain seperti minyak wijen atau biji bunga matahari, namun minyak kelapa lah yang paling efektif berantas warna kuning gigi.

Penelitian juga sebutkan bahwa aktivitas rutin mengoleskan minyak kelapa pada gigi dapat kurangi jumlah plak (penyebab warna kekuningan) di mulut. Walaupun belum ada penelitian langsung tentang pengaruh minyak kelapa terhadap tingkat keputihan gigi.

Selain itu, minyak kelapa mampu kurangi resiko radang gusi serta bau mulut.

Hal ini disebabkan asam laurat pada minyak kelapa dapat bunuh bakteri streptococcus mutans penyebab plak tersebut.

Caranya sangat sederhana, cukup oleskan 1 sdm minyak kelapa ke seluruh bagian mulut dan gigi. Tunggu sekitar 15-20 menit, lalu berkumur hingga bersih. Tips ini sangat aman dilakukan setiap hari karena tidak merusak enamel gigi.

3. Sikat Gigi dengan Baking Soda

Penggunaan baking soda untuk putihkan gigi bukan sesuatu yang asing. Bahkan baking soda digunakan oleh beberapa pasta gigi yang mengklaim dapat putihkan gigi.

Hasil penelitian dukung fakta bahwa pasta gigi dengan tambahan baking soda lebih efektif putihkan gigi dibanding pasta gigi biasa. Hal ini dikarenakan baking soda punya zat pemutih alami yang kurangi plak di mulut.

Pertama buat pasta baking soda dengan cara larutkan 1 sdt baking soda dengan 2 adt air mineral. Kemudian gosok gigi dengan pasta tersebut, jangan lupa berkumur setelahnya.

Lakukan hanya beberapa kali saja dalam seminggu, sebab baking soda bersifat mengikis. Jika terlalu sering, dikhawatirkan merusak enamel gigi.

4. Berkumur dengan Larutan Cuka Apel

Asam asetat dalam cuka apel efektif membunuh bakteri, sehingga mulut lebih bersih dan gigi terlihat lebih putih.

Walaupun begitu, terlalu banyak mengoleskan cuka membuat gigi lebih lunak serta mengikis lapisan enamelnya. Sehingga cukup gunakan seminggu sekali saja.

Cara penggunaannya adalah larutkan cuka apel dengan air dan berkumur sekitar 1-2 menit. Kemudian berkumur kembali dengan air bersih biasa untuk hilangkan sisa cuka yang menempel.

5. Rutin Konsumsi Buah

Tren putihkan gigi dengan buah sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Saat itu buah yang paling sering disebut adalah apel, stroberi, serta nanas.

Apel dan stroberi punya kandungan asam malat yang tinggi dan diklaim sebagai zat pemutih gigi. Begitu pula dengan kandungan bromelin pada nanas yang dianggap sebagai agen pemutih gigi.

Sayangnya belum ada penelitian yang mendukung teori ini.

Namun tidak ada salahnya mencoba bahan yang alami. Asal tidak terlalu sering karena asam sitrat pada stroberi dapat mengikis enamel gigi.

Jika ingin buat pasta buah, pertama hancurkan buah yang akan digunakan. Lalu campur dengan sedikit baking soda.

Putihkan gigi dengan bahan alami memang tidak secepat perawatan dengan alat khusus. Jika ingin hasil yang cepat, bisa dikonsultasikan dengan dokter terkait.

Tapi alangkah lebih baik untuk menjaga gigi supaya tidak kuning seperti batasi konsumsi teh dan kopi. Semoga berhasil!

 

Sumber:
7 Simple Ways to  Naturally Whiten Your Teeth at Home. 2016. www.healthline.com
Baking Soda and Peroxide for a Teeth Whitener. 2017. www.livestrong.com
Teeth Whitening: How to Do it Naturally. 2018. www.webmd.com