Mau Terlihat Cantik dan Sehat? Begini Caranya!

Mau Terlihat Cantik dan Sehat? Begini Caranya!

Penulis: Dita | Editor: Umi

Setiap wanita punya cara berbeda-beda untuk membuat dirinya terlihat cantik. Ada yang memilih menggunakan makeup dan perhiasan, ada juga yang memilih memakai pakaian yang stylish.

Namun, ada satu bagian dari kecantikan yang tidak boleh Anda lupakan yaitu sehat. Karena kecantikan seperti apa pun, tidak akan ada artinya kalau Anda tidak sehat.

Lalu, bagaimana caranya untuk terlihat cantik sekaligus sehat? Simak beberapa tips berikut ini!

Baca Juga: Tips Cantik Alami Tanpa Perawatan Mahal, Wajib Coba!

1. Berolahraga

Olahraga dan bergerak aktif adalah cara terbaik untuk memberikan dorongan positif pada diri sendiri. Olahraga dikenal memiliki berbagai manfaat. Selain menjaga tubuh tetap sehat, olahraga juga merupakan cara untuk mengobati stres, depresi, kecemasan bahkan flu biasa.

Anda bisa memilih aktivitas olahraga yang mudah, seperti jogging di sekitar rumah, berenang, atau melakukan olahraga kardio untuk memompa jantung. Aktif secara fisik akan membantu tubuh melepaskan hormon endorfin yang pada akhirnya akan membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih fresh.

Bonusnya lagi, ketika Anda rajin berolahraga, berat badan akan terjaga. Tubuh yang ideal dan terlihat sehat adalah kunci penting untuk tampil cantik dan percaya diri.

2. Jaga Kesehatan Kulit

Wanita yang peduli dengan kesehatan dan kecantikannya tahu betul betapa pentingnya melembapkan kulit dengan menggunakan moisturizer. Aplikasikan pelembap setiap hari tidak hanya ke wajah, tetapi juga ke seluruh tubuh terutama setelah mandi. Dengan cara ini, kulit akan terlihat lembut dan sehat.

Selain dengan menggunakan pelembap dari luar, perawatan dari dalam juga tidak kalah penting. Konsumsi makanan yang kaya akan omega-3 untuk melindungi kulit dari inflamasi, kerusakan akibat sinar UV, serta mencegah tanda-tanda penuaan. Makanan-makanan tersebut mencakup ikan dan kacang-kacangan.

Jangan lupa juga memberikan perlindungan pada kulit dari sinar matahari. Paparan sinar matahari memang baik untuk tubuh sebagai sumber vitamin D. Namun, hati-hati dengan paparan yang terlalu berlebihan, karena itu bisa menyebabkan penuaan dini dan peningkatan risiko kanker kulit.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengaplikasikan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih setiap pagi dan siang hari.

Baca Juga: Memahami Apa Itu Skin Barrier

3. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Minum air dalam jumlah yang cukup tidak hanya membantu fungsi ginjal sekaligus membersihkan kulit dari dalam, tetapi juga mengurangi kelelahan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, memenuhi asupan cairan harian tubuh juga dapat menjaga pasokan oksigen yang sehat dalam tubuh, sehingga membantu menjaga kulit Anda bersinar dan mengurangi risiko penuaan dini.

Jika air putih terlalu tawar untuk Anda, coba tambahkan beberapa tetes perasan lemon atau beberapa helai daun teh ke dalamnya.

4. Tidur yang Cukup

Saat sedang tidur, tubuh akan memperbaiki dirinya sendiri. Saat sedang tidur, kulit juga akan memproduksi lebih banyak kolagen untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Jika Anda tidur kurang dari 6 jam per hari, ini secara tidak langsung berdampak pada penampilan.

Ketika Anda mendapatkan waktu tidur yang ideal (antara 7–9 jam per hari), Anda akan terbangun dalam keadaan lebih segar. Hal ini juga bisa menjadi cara mengurangi stres dan meningkatkan mood.

Ketika waktu tidur Anda berkualitas, Anda bisa berpikir dengan lebih fokus dan meningkatkan performa di tempat kerja.

5. Hindari Pikiran Negatif

Cobalah untuk mulai menyingkirkan beragam pikiran negatif. Pikiran negatif dan perasaan tidak punya harapan bisa menyebabkan stres kronis yang pada akhirnya akan berpengaruh pada keseimbangan hormon dan merusak imunitas tubuh.

Pikiran negatif juga menjadi salah satu penyebab depresi. Depresi jangka panjang memiliki efek yang buruk pada kulit karena mencegah tubuh memperbaiki peradangan pada sel. Hormon-hormon ini memengaruhi kualitas tidur yang akan terlihat langsung pada wajah kita dalam bentuk mata yang kendur, bengkak, menghitam dan kulit yang terlihat kusam.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk terlihat cantik sekaligus sehat. Mari mulai kebiasaan ini sekarang juga!

Baca Juga: 8 Cara Mempercantik Wajah secara Natural

Sumber

Ask for Adventure (2022). How to Look More Beautiful Naturally – 14 Simple Tips to Be Attractive. www.askforadventure.com

Everyday Health. How Moods Mess with Your Skin. www.everydayhealth.com

University of Minnesota (2022). How Do Thoughts and Emotions Affect Health? www.takingcharge.csh.umn.edu

WebMD (2015). The Truth About Beauty Sleep. www.webmd.com