Mata Terasa Sakit saat Berkedip? Kenali 13 Penyebabnya

Mata Terasa Sakit saat Berkedip? Kenali 13 Penyebabnya

Penulis: Dea | Editor: Umi

Mata adalah indra yang rawan terinfeksi. Salah satu penyakit mata yang umum dialami oleh banyak orang adalah sakit mata saat berkedip. Mata yang terasa sakit saat berkedip bisa terjadi di seluruh mata atau di beberapa area mata saja, seperti di kelopak mata.

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh serpihan-serpihan, seperti kotoran dan pasir yang menempel di mata. Namun, beberapa kondisi medis berikut ini juga bisa menjadi pemicu Anda mengalami mata sakit saat berkedip.

Baca Juga : Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Mata

1. Cedera Mata

Cedera merupakan salah satu kondisi medis yang bisa menyebabkan Anda mengalami mata sakit saat berkedip. Goresan pada kornea (lapisan terluar mata) menjadi cedera yang paling umum dialami oleh banyak orang.

Hal ini disebabkan oleh seringnya seseorang menyentuh dan menggosok mata mereka. Selain itu cedera juga disebabkan oleh sering terpapar sinar ultraviolet dari sinar matahari atau dari beberapa zat kimia tertentu. Cedera ini menghasilkan luka bakar.

2. Konjungtivis (Mata Merah)

Konjungtivitis adalah peradangan pada selaput bening yang menutupi mata dan kelopak mata bagian bawah. Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah membengkak dan membuat bagian mata yang berwarna putih berubah warna menjadi merah yang kemudian menimbulkan rasa sakit. Konjungtivitis sendiri merupakan kondisi menular yang disebabkan oleh infeksi dan alergi (seperti hay fever atau alergi terhadap hewan peliharaan).

3. Bintitan

Bintitan atau dalam istilah medis disebut Hordeolum adalah benjolan kecil berwarna merah dan bertekstur lembut yang berada di luar atau dalam kelopak mata. Bintitan menyebabkan pembengkakan pada kelopak mata yang memicu rasa sakit saat berkedip. Kebanyakkan bintitan disebabkan oleh bakteri seperti Staphylococcus aureus yang bisa menyebar melalui kontak dekat.

Baca Juga : Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Bintitan

4. Infeksi Saluran Air Mata

Saluran air mata bisa terinfeksi oleh bakteri jika tersumbat oleh serpihan-serpihan kotoran. Sehingga hal ini dapat menyebabkan rasa sakit pada area sudut mata Anda saat berkedip.

5. Blefaritis (Radang Kelopak Mata)

Blefaritis adalah peradangan kelopak mata yang disebabkan oleh kelenjar minyak yang tersumbat di folikel rambut yang membentuk bulu mata Anda. Kondisi ini bisa menyebabkan kelopak mata bengkak, gatal, mata merah, berair, sensasi terbakar, dan menimbulkan rasa sakit saat berkedip.

6. Ulkus Kornea

Ulkus kornea adalah luka terbuka yang berkembang di permukaan mata. Ulkus kornea biasanya terjadi akibat adanya infeksi atau bisa juga dari cedera (seperti tergores atau terkena luka bakar). Selain bisa menimbulkan mata sakit saat berkedip, ulkus kornea juga dapat menyebabkan kebutaan.

7. Sinusitis

Sinusitis adalah penyakit yang disebabkan oleh meradangnya sinus (rongga kecil yang berada di sekitar mata  dan hidung). Peradangan ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Tidak hanya menyebabkan sakit saat berkedip, tetapi sinusitis juga dapat membuat hidung tersumbat, nyeri wajah, sakit kepala, dan gejala yang mirip flu.

Baca Juga : 9 Cara Mudah Mengatasi Sakit Kepala Sinus

8. Neuritis Optik

Neuritis optik terjadi karena adanya peradangan pada saraf optik yang mengakibatkan terganggunya transmisi informasi visual antara mata dan otak. Peradangan tersebut dapat menyebabkan rasa sakit saat mata atau kelopak mata bergerak. Hal ini juga bisa berdampak pada kehilangan penglihatan sementara dan kesulitan dalam melihat warna.

9. Sindrom Mata Kering

Sindrom mata kering atau juga dikenal dengan penyakit mata kering adalah suatu kondisi terganggunya produksi air mata yang menyebabkan mata Anda menjadi kering dan mengalami iritasi. Kondisi inilah yang juga memicu rasa sakit saat berkedip.

10. Penyakit Graves

Penyakit graves adalah kondisi autoimun yang menyebabkan tiroid memproduksi antibodi secara berlebihan dan secara keliru menyerang tubuh Anda. Kondisi ini juga disebut dengan Hyperthyroidism atau tiroid yang terlalu aktif. Penyakit ini dapat menyebabkan peradangan di sekitar mata yang menyebabkan rasa sakit saat berkedip.

11. Keratitis (Infeksi Kornea Mata)

Keratitis adalah infeksi kornea mata yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Infeksi tersebut dapat menyebabkan nyeri terutama saat berkedip, mata terasa seperti berpasir, dan sensitif terhadap cahaya. Bahkan Anda dapat kesulitan membuka kelopak mata karena rasa sakit atau iritasi akibat keratitis.

12. Iritis

Iritis atau juga disebut sebagai Uveitis Anterior adalah peradangan yang terjadi di dalam iris (bagian berwarna dalam mata). Penyakit ini disebabkan oleh trauma, infeksi, atau gangguan pada sistem imun. Peradangan tersebut menyebabkan rasa nyeri pada mata saat berkedip dan sensitivitas terhadap cahaya.

13. Galukoma

Glaukoma adalah kondisi menumpuknya cairan di mata yang memberikan tekanan pada saraf optik. Kondisi ini harus segera membutuhkan perawatan medis, karena bisa menyebabkan penderitanya mengalami kehilangan penglihatan.

Glaukoma sendiri jarang menunjukkan gejala. Namun, jenis Glaukoma sudut tertutup bisa memberikan tekanan di dalam mata secara tiba-tiba. Gejala-gejalanya meliputi sakit mata yang parah, diikuti dengan rasa mual, muntah, dan penglihatan yang memburuk.

Itulah berbagai kondisi yang dapat memicu mata Anda terasa sakit saat berkedip. Jika kondisinya lebih serius daripada infeksi sederhana atau iritasi mata, Anda akan memerlukan perhatian medis dengan cepat.

Baca Juga : Cara Mengatasi Mata Sakit saat Berkedip

Sumber


Cedars Sinai. Iritis. www.cedars-sinai.org
Healthline. 2019. Eye Pain When Blinking: Causes, Treatments, and More. www.healthline.com
Mayo Clinic. 2018. Keratitis. www.mayoclinic.org 
Medical News Today. 2018. Eleven Causes of Pain When Blinking. www.medicalnewstoday.com
Verywell Health. 2019. Causes of Eye Pain and Treatment Options. www.verywellhealth.com
Web MD. 2018. Eye Pain:What Are the Causes?. www.webmd.com



Add Your Comment