9 Masker Wajah Homemade Ampuh, Praktis & Ekonomis

Image: beautyvigour.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau masker bisa bikin kulit wajah tambah mulus dan lembab. Tidak heran banyak jenis masker beredar di pasaran, mulai dari yang alami sampai buatan. Padahal, belum tentu masker tersebut bebas efek samping dan cocok di kulit anda.

Daripada takut coba-coba, mending pakai masker buatan sendiri. Pengolahannya aman dan terjamin kualitas dari bahannya. Yang pasti bakal super hemat di kantong!

1. Pisang + Madu

Image: telegraph.co.uk

Pisang kaya akan kalium, vitamin E, dan vitamin C yang bisa melembabkan kulit. Ditambah madu yang bersifat antibakteri, bikin kulit anda semakin bercahaya dan mulus.

Caranya cuci muka dengan air hangat agar pori-pori terbuka. Lalu keringkan dengan handuk lembut. Olesi wajah dengan campuran 1 buah pisang serta 2 sdm madu. Diamkan selama 20 menit, biarkan mengering.

2. Madu + Oatmeal + Susu Bubuk

Image: bathalchemylab.com

Perpaduan masker ini cocok untuk berbagai kulit, terutama kulit sensitif. Oatmeal dapat serap minyak berlebih, plus susu yang bisa melembabkan kulit. Hasilnya kulit jadi kenyal dan terasa ringan.

Cukup campurkan 3 sdm oatmeal, 1 sdm susu bubuk, dan 1 sdm madu.Oleskan pada wajah yang sudah dicuci, terlebih daerah dahi dan pipi. Diamkan 20menit, lalu basuh dengan air bersih

3. Timun + Gula + Madu + Susu

Image: sunfood.com

Seperti pisang, timun juga kaya akan vitamin E dan C yang bagus untuk kulit. Terlebih, kandungan air pada timun bikin kulit lebih terhidrasi dengan baik. Sensasi dingin yang menyegarkan juga bisa anda rasakan saat pakai masker yang satu ini.

Pertama blender 1 buah timun hingga halus. Lalu tambahkan ½ gelas susu, 2 sdm madu, dan 2 sdm gula merah. Aduk hingga rata sebelum dioleskan ke wajah. Tunggu hingga kering atau sekitar 20 menit. Wajah anda pun segar kembali!

4. Anggur

Image: vatidoo.com

Anggur mengandung vitamin C dan antioksidan yang bisa mencegah kulit anda terpapar radikal bebas. Selain itu, anggur juga bantu hilangkan noda hitam serta kerutan di wajah. Sangat cocok bagi anda yang sering berpergian dna terkena polusi.

Cara buatnya sangat mudah, cukup blender 10 buah anggur dengan 1 sdmtepung terigu. Lalu oleskan ke wajah dan diamkan 10-15 menit. Cukup gunakan 3hari sekali agar wajah tidak iritasi.

5. Alpukat + Timun

Image: bbcgoodfood.com

Keduanya adalah solusi bagi kulit kering dan pecah-pecah. Sebab, kandungan vitamin E dan airnya dapat menghidrasi kulit dengan baik. Cocok bagi anda yang sering terpapar sinar matahari. Adem lagi!

Caranya haluskan dan campurkan ½ buah alpukat dengan ¼ buah mentimun.Oleskan terutama di daerah yang sering kering, seperti dekat bibir dan dahi.Biarkan 10-15 menit sebelum dibasuh dengan air bersih.

6. Stroberi + Yoghurt + Madu

Image: sciencedaily.com

Harumnya masker yang satu ini sangat tidak terelakkan. Nah, bukan hanya wangi tapi juga kaya manfaat untuk kulit. Stroberi kaya akan antioksidan dan vitamin C. Sedangkan yoghurt mengandung asam laktat yang bisa mengangkat sel kulit mati.

Buat masker dengan blender 3 buah stroberi ukuran sedang, 2 sdm yoghurt, dan 1 sdm madu. Oleskan pada daerah sekitar wajah dan leher, laludiamkan 15 menit. Hasil rutin pemakaian, kulit jadi bersinar dan semakin halus.

7. Lemon + Putih Telur + Madu

Image: facemasknow.com

Putih telur dapat kecilkan pori-pori wajah dan mengurangi kerutan. Adanya vitamin C dan asam sitrat pada sari lemon membuat kulit semakin bersinar. Gunakan 2 hari sekali untuk hasil yang maksimal.

Cara buatnya, campurkan 1 buah putih telur, 1 sdm madu dan 1 sdm sari lemon. Oleskan pada wajah yang berpori besar dan diam kan sepanjang malam. Paginya, basuh muka dengan air bersih dan handuk yang lembut

8. Pepaya + Madu + Susu

Image: foodndtv.com

Rasanya banyak sekali buah yang bisa dijadikan masker, salah satunya adalah pepaya. Antioksidan dan vitamin pada pepaya mampu bersihkan wajah dari kotoran sehingga tidak menyumbat pori-pori.

Masker murah meriah ini dapat dibuat dengan campuran ½ buah pepayakecil, 1 sdm madu, dan 2 sdm susu. Setelah 20 menit, anda akan rasakan wajahyang lebih bersih dari sebelumnya.

9. Kunyit + Garam + Madu

Image: medicalnewstoday.com

Kunyit mengandung senyawa anti inflamasi dan anti bakteri yang sangat cocok bagi kulit berjerawat. Dengan masker ini, jerawat dan wajah kemerahan pun bisa sedikit demi sedikit dihilangkan.

Masker kunyit sederhana terbuat dari 1 sdm kunyit, 1 sdm madu, dan ½ sdm garam. Ratakan pada seluruh wajah, terutama bagian yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit sebelum di basuh.

Semua masker homemade di atas sangat mudah dipraktekan. Dari segi harga pun tidak terlalu mahal. Dan ingat, untuk selalu membersihkan muka sebelum diolesi masker. Selamat mencoba!

 

 

Sumber:

Hydrating Face Mask: 11 Recipes That Really Work. 2012. www.siobeauty.com

8 Easy Home Remedies for Acne. 2012. www.everydayhealth.com

Homemade Face Mask Recipe – How to Make Your Own Spa. 2017. www.elle.com

8- Skin Transforming Face Mask You Can Make Out of Food. 2017. www.allure.com