Perlukah Menggunakan Masker untuk Mencegah Virus Covid 19

Perlukah Menggunakan Masker untuk Mencegah Virus Covid 19

Penulis : Atsa

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan bahwa COVID19, penyakit yang disebabkan oleh coronavirus jenis baru, memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi daripada flu. Sejak Januari 2020 hingga 25 Maret 2020 saja 18 440 kematian di dunia telah terkonfirmasi. 

Ketika seseorang memiliki penyakit pernapasan seperti COVID-19, mereka batuk atau bersin ke udara. Jika seseorang batuk di dekat Anda, virus dapat dengan mudah mendarat di mata, hidung, atau mulut Anda. Partikel-partikel ini berjalan hanya sekitar 1,8 meter dan bergerak cepat di udara. 

Rata-rata orang juga menyentuh area wajah mereka beberapa kali di setiap jam, sehingga memudahkan terinfeksi virus COVID-19. Karena itu, banyak orang telah beralih untuk menggunakan masker sebagai perlindungan terhadap COVID-19. Masalahnya adalah partikel yang membawa virus COVID-19 berukuran kecil dan mudah bergerak menembus masker debu dan masker bedah. Masker ini dapat memberikan perlindungan bagi orang lain jika Anda memakainya saat Anda sakit -seperti batuk ke dalam tisu- tetapi masker ini tidak akan banyak melindungi Anda dari orang sakit lainnya.

Masker seringkali tidak lebih dari rasa aman yang salah bagi pemakainya. Masker yang banyak tersedia di apotek bekerja dengan baik untuk menyaring partikel besar seperti debu. Walaupun memiliki limitasi, masker dapat melindungi (sampai batas tertentu) dari paparan virus. Jadi, masker dapat membantu, tetapi jangan lupa untuk menjaga kebersihan tangan setiap saat dengan sabun. 

Baca Juga: Waspada Virus Corona : Gejala dan Cara Mencegah Penularan

Yang perlu dilakukan supaya tidak terinfeksi

Jelas bahwa orang sakit perlu menggunakan masker, sebab menutup hidung dan mulut saat batuk terbukti efektif untuk memotong rantai penularan virus. Bahkan masker kain sekalipun tidak se-efektif medical mask tetap lebih melindungi jika dibandingkan dengan tanpa masker.

Lalu kenapa WHO tidak merekomendasikan penggunaan masker pada orang sehat? Karena orang yang sehat hanya perlu menggunakan masker jika sedang menangani orang yang sakit. Jika tidak memiliki gejala batuk, flu, atau sulit bernafas, maka Anda tidak perlu mengunakan masker.

Namun, saat wabah COVID- 19 sedang melanda seperti saat ini, sebaiknya jika semua orang mengenakan masker kain setiap saat jika berada di tempat umum. Penting diketahui jika tertular, Anda belum tentu langsung sadar jika sakit (karena virusnya masih inkubasi). Bahkan banyak juga yang tidak menimbulkan gejala, namun sudah membawa virus, disebut carrier tanpa gejala / asymptomatic carrier

Karena mungkin sulit diketahui siapa saja yang sudah menjadi carrier virus ini, akan lebih aman jika semua orang menggunakan masker, bahkan masker kain sekalipun. Supaya siapapun yang batuk atau bersin droplets-nya terhalang oleh masker. Jadi fokus utama penggunaan masker adalah mencegah agar orang sakit tidak menularkan virus, bukan mencegah yang sehat agar tidak tertular.

Penggunaan masker yang benar

  • Sebelum memakai masker, bersihkan kedua tangan dengan sabun dan air mengalir. 
  • Tutupi mulut dan hidung dengan masker dan pastikan tidak ada celah antara wajah dan topeng Anda.
  • Hindari menyentuh masker saat menggunakannya. Apalagi membuka tutup masker, karena jika tangan tidak bersih maka virus juga dapat terhirup.
  • Ganti masker dengan yang baru segera setelah lembab, dan jangan gunakan kembali jika masker Anda sekali pakai.
  • Untuk melepas masker: lepaskan dari belakang (jangan menyentuh bagian depan topeng); segera buang di tempat sampah tertutup. Bersihkan tangan dengan sabun atau air berbasis alkohol.
  • Jika Anda tidak mengenakan masker dengan benar dan melepasnya dengan tidak benar, atau memasukkannya ke dalam saku dan menggunakannya kembali nanti, Maka masker terbaik pun tidak akan ada gunanya.

 

Sumber


World Health Organization. 2020. Situation Report 65. Coronavirus disease (COVID-2019) situation reports
World Health Organization. 2020. Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: When and how to use masks
Science Alert. 2020. What Really Works to Keep The Coronavirus Away?. sciencealert.com
Maclntyre, C. Reina, et al. 2009. Face mask use and control of respiratory virus transmission in households. Emerging infectious diseases.
Pan, Yang, et al. 2020. Viral load od SARS-CoV-2 in clinical samples. The Lancet Infectious Diseases.
Zou, Lirong, et al. 2020. SARS-CoV-2 viral load in upper respiratory specimens of infected patients. New England Journal of Medicine.



Add Your Comment