Manfaat Zumba untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Image : www.aileyextension.com

Penulis : Dhiya | Editor : Atsa

Merasa bosan dengan kegiatan olahraga yang itu-itu saja? Sudah waktunya Anda mencoba olahraga yang satu ini! Ya, senam Zumba. Salah satu jenis senam kebugaran ini cukup populer di Indonesia.

Olahraga yang merupakan perpaduan tarian salsa dan tarian latin ini merupakan senam aerobik asal Columbia yang diciptakan oleh Alberto Perez pada tahun 1990. Pada tahun 2012 Zumba mulai diminati oleh masyarakat Indonesia.

Senam Zumba ini terbilang menyenangkan untuk dilakukan, karena gerakannya yang enerjik serta diiringi dengan berbagai jenis musik. Sehingga senam Zumba tidak akan membuat Anda cepat bosan.

Melakukan olahraga sambil mendengarkan musik dapat membuat bahagia dan membuat Anda tidak berhenti untuk bergerak. Gerakan yang dilakukan secara cepat, bertenaga, dan bertekanan tinggi ini tidak hanya menyehatkan, namun memiliki beberapa manfaat mengagumkan yang bisa Anda dapatkan berikut ini.

Baca JugaSuplemen untuk Olahraga dan Menurunkan Berat Badan

1. Menurunkan Berat Badan

Salah satu tujuan utama berolahraga bagi Anda yang merasa over weight adalah menurunkan berat badan. Sudah tidak diragukan lagi jika senam Zumba bisa membantu melancarkan program diet Anda.

Senam Zumba sangat bagus untuk membakar kalori dan lemak di tubuh. Dalam satu sesi senam zumba, bisa membakar sekitar 450 kalori per jam. Karena saat Anda melakukan senam Zumba, intensitas lemak menjadi turun. Lalu digantikan oleh kalori tubuh. Letak lemak yang berada pada pembakaran tubuh membuat kalori juga ikut terbakar. Sehingga, akan menurunkan berat badan Anda.

2. Mengencangkan Massa Otot

Selain menurunkan berat badan, senam Zumba juga bisa mengencangkan massa otot. Karena gerakan senam Zumba merupakan perpaduan kebugaran senam biasa dengan squat dan lunge. Sehingga otot akan lebih banyak digerakkan. Jika otot Anda kendor dan membuat Anda terlihat lebih gendut, senam Zumba adalah solusinya.

Dengan senam Zumba, Anda bisa memiliki otot yang terjaga dan membuat tubuh Anda terlihat kencang. Bagian tubuh yang semakin kuat adalah otot tangan, otot perut, otot punggung, otot leher, otot pinggang, otot dada, dan otot kaki.

Baca Juga6 Gerakan Push-Up Efektif untuk Dada Bidang

3. Mendapatkan Teman Baru

Melakukan senam Zumba tidak hanya memiliki manfaat untuk fisik saja, namun bisa meningkatkan interaksi sosial. Karena senam Zumba dilakukan secara bersama-sama sehingga Anda bisa berkenalan dan mendapatkan teman baru. Dengan begitu, jiwa sosial Anda akan lebih berkembang dan lebih mudah memahami karakter orang yang berbeda-beda.

4. Mencegah Stres

Senam Zumba juga dapat bermanfaat untuk kesehatan psikis Anda. Bagi Anda yang memiliki kegiatan rutin yang cukup padat, Anda bisa memanfaatkan olahraga yang satu ini sebagai penghilang rasa stress. Senam Zumba mampu merangsang hormon endorfin yang dapat membuat Anda merasa lebih rileks dan bahagia.

Karena senam Zumba diiringi oleh musik yang semangat dan upbeat, otak akan mendapat asupan oksigen lebih banyak, karena darah bersih yang dari jantung membawa oksigen. sehingga dapat membuat pikiran Anda lebih fresh serta membuat mood Anda menjadi lebih baik.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Senam Zumba dapat meningkatkan rasa percaya diri? Memang bisa? Jawabannya sangat bisa! Dengan melakukan senam Zumba secara rutin, Anda bisa memiliki postur tubuh yang baik. Sehingga akan memberikan rasa percaya diri dengan penampilan yang sehat dan bugar.
Dan bukan hanya otot tubuh saja yang bergerak saat senam Zumba, melainkan wajah juga akan ikut bergerak. Sehingga ketika Anda banyak melakukan senyum atau tertawa, hal tersebut akan membuat wajah bergerak lebih banyak. Sehingga membuat Anda tampak awet muda dan semakin percaya diri.

6. Semakin Termotivasi dan Bersemangat

Karena senam Zumba merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan, sehingga dapat memotivasi dan meningkatkan semangat untuk melakukannya secara rutin. Gerakan hip hop, dance, dan salsa akan membuat Anda untuk selalu mengikutinya.

Dan tanpa disadari dapat membuat Anda tidak sadar bahwa Anda sedang melakukan olahraga. Irama yang pas dan koreografi yang menyenangkan akan membuat Anda kecanduan untuk melakukan senam Zumba secara teratur.

7. Mencegah Hipertensi

Hipertensi sebenarnya bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Namun, Anda juga bisa mencegahnya dengan melakukan senam Zumba. Karena manfaatnya yang bisa mencegah stres atau depresi, sehingga bisa mencegah bahkan mengobati hipertensi dengan baik. Tidak hanya itu, senam Zumba juga membuat jantung selalu sehat. sehingga Anda bisa terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari olahraga yang sehat sekaligus menyenangkan, senam Zumba bisa menjadi pilihan yang tepat. Senam Zumba ini cocok untuk semua usia dan dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan tubuh Anda. Ternyata senam Zumba tidak hanya bermanfaat bagi fisik saja ya, senam Zumba juga bermanfaat untuk psikis dan sosial Anda.

Bagi Anda yang berminat untuk mengikuti kelas Zumba, Anda bisa mencari informasi kelas Zumba yang tersedia di kota atau daerah tempat tinggal Anda. Mulai sekarang, yuk rutin melakukan senam Zumba!

Baca Juga7 Gerakan HIIT Kardio dalam 25 Menit


Sumber :
Guesehat.com (2017). Zumba, Olahraga Asal Kolumbia yang Bikin Badan Cepat Kurus. www.guesehat.com
Fimela (2017). 5 Manfaat Mengagumkan Senam Zumba Buat Kesehatan. www.fimela.com
Alo Dokter (2018). Senam Zumba: Manfaat dan Persiapan. www.alodokter.com
Hello Sehat (2017). 4 Manfaat Zumba yang Menyehatkan dan Menyenangkan. hellosehat.com
Halodoc (2018). 7 Manfaat Senam Zumba untuk Kesehatan. www.halodoc.com
Manfaat.co.id (2018). 13 Manfaat Zumba Dance Bagi Kesehatan. manfaat.co.id