9 Manfaat Seduhan Teh Chamomile untuk Kesehatan dan Pikiran

9 Manfaat Seduhan Teh Chamomile untuk Kesehatan dan Pikiran

Penulis : Emy | Editor : Atsa

Teh chamomile adalah teh bunga yang juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Banyak orang menikmati teh chamomile sebagai alternatif teh bebas kafein.

Selain itu, teh chamomile kaya antioksidan yang bisa membantu dalam menurunkan risiko beberapa penyakit. Chamomile juga memiliki sifat yang dapat membantu tidur lebih nyenyak dan mengatasi masalah pencernaan. Berikut ini 10 manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari minum teh chamomile.

1. Mengurangi Nyeri Haid

Beberapa penelitian menemukan hubungan antara mengonsumsi teh chamomile dengan berkurangnya nyeri kram menstruasi. Antioksidan dalam teh chamomile membantu menenangkan ketidaknyamanan perut, meredakan kram menstruasi, dan mengurangi perubahan suasana hati saat PMS. 

2. Mengurangi Peradangan

Peradangan merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh untuk melawan suatu infeksi. Teh chamomile mengandung senyawa kimia yang bisa membantu mengurangi peradangan ringan. Namun, peradangan jangka panjang mungkin terkait dengan berbagai masalah kesehatan yang lebih serius, seperti wasir, gastrointestinal, radang sendi, atau gangguan autoimun.

3. Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Chamomile memiliki beberapa sifat unik yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Teh chamomile mengandung apigenin, salah satu senyawa antioksidan yang mengikat reseptor tertentu di otak, sehingga membuat tidur lebih mudah dan mengurangi insomnia.

4. Mengatasi Kecemasan & Stres

Penelitian telah menunjukkan jika chamomile memiliki manfaat yang berarti untuk mengurangi kecemasan. Chamomile terkenal karena sifatnya yang menenangkan.  Membuat secangkir teh aromatik yang menenangkan begitu sempurna saat pikiran begitu penat.

5. Membantu Mengontrol Gula Darah

Meminum teh chamomile dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Sifat anti-inflamasi yang terdapat dalam teh chamomile memungkinkan untuk mencegah terjadinya kerusakan sel-sel pankreas karena kadar gula darah meningkat secara kronis.

Menjaga kesehatan pankreas sangat penting, karena menghasilkan insulin, hormon yang bertanggung jawab untuk menghilangkan gula dari darah Anda.

6. Mengatasi Masalah Pencernaan

Chamomile diyakini membantu mengurangi kejang otot polos yang terkait dengan berbagai gangguan inflamasi gastrointestinal seperti penyakit radang usus, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan. Teh chamomile juga bisa membantu mengurangi refluks asam lambung. Aroma menenangkan dan antioksidan di dalamnya juga membantu meredakan mual, diare ringan, dan gangguan pencernaan ringan.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Teh chamomile kaya akan flavon, kelas antioksidan. Flavon telah dipelajari karena potensinya untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, yang merupakan penanda penting risiko penyakit jantung .

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi peran teh chamomile dalam meningkatkan kesehatan jantung, tetapi tentu saja tidak ada salahnya untuk mengonsumsi teh chamomile.

8. Memperlambat atau mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah hilangnya kepadatan tulang secara progresif yang meningkatkan risiko patah tulang dan postur bungkuk. Osteoporosis paling sering terjadi pada wanita pascamenopause karena esterogen.

Sebuah penelitian pada tahun 2004 menemukan bahwa teh chamomile memiliki efek anti-estrogenik yang mungkin membantu menjaga kepadatan tulang. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan hingga saat ini untuk membuktikan manfaat nyata ini.

9. Kesehatan mulut

Beberapa riset telah mengevaluasi kemanjuran obat kumur chamomile dan menemukan bahwa obat itu secara signifikan mengurangi gingivitis serta plak. Hal ini dimungkinkan karena aktivitas antimikroba dan anti-inflamasinya.

Baca Juga: Manfaat Teh Hijau dan Matcha Bagi Kesehatan

 

Sumber

Medical News Today. (2020). What are the benefits of chamomile tea?. www.medicalnewstoday.com

Verywell Health. (2020). The Health Benefits of Chamomile. www.verywellhealth.com

HealthLine. (2017). 5 Ways Chamomile Tea Benefits Your Health. www.healthline.com