Manfaat Susu Kedelai bagi Ibu Hamil

Image: organicfacts.net

Penulis: Helen | Editor: Niahappy

Bukan hal rahasia lagi bahwa ibu hamil membutuhkan nutrisi yang lebih selama masa kehamilan. Hal ini dikarenakan, nutrisi tersebut tidak hanya dibutuhkan oleh ibu hamil saja melainkan juga janin yang sedang dikandungnya selama 9 bulan. Nutrisi tersebut bisa saja didapatkan dari makanan seperti nasi, sayur, buah, ikan, maupun daging-dagingan.

Selain itu, nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, juga bisa didapatkan dari minuman seperti air putih, susu, ataupun minuman sehat lainnya, salah satunya adalah susu kedelai. Apakah susu kedelai itu? Susu kedelai merupakan salah satu jenis minuman yang dibuat dari kedelai, dan minuman ini disebut susu karena memiliki warna kekuningan yang mirip dengan susu. Biasanya susu kedelai ini, disajikan pada waktu makan pagi.

Nah, pasti banyak yang tidak tahu bahwa salah satu susu yang mengandung kaya manfaat untuk ibu hamil salah satunya adalah susu kedelai. Susu kedelai memiliki beragam manfaat. Ada beberapa kandungan penting yang ada di dalam susu kedelai seperti karbohidrat, zat besi, kalsium, lemak, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, energi, dan fosfor. Jadi, apa saja manfaatnya? Mari simak penjelasannya di bawah ini:

1. Membantu Penyerapan Kalsium

Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah kalsium, hal ini bermanfaat untuk membentuk jaringan tulang, gigi serta rambut untuk janin. Jumlah kalsium yang dibutuhkan adalah sekitar 1.200 mg per hari. Untuk mendapatkannya, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan seperti keju, susu, yoghurt, sayuran hijau, jeruk, ikan sarden, dan kedelai. Nah, di sinilah peran dari susu kedelai, makanan tersebut akan diserap oleh tubuh dengan bantuan zat fitoestrogen yang terkandung di dalam susu kedelai.

2. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Salah satu penyakit yang perlu dihindari oleh ibu hamil adalah tekanan darah tinggi, hal ini bisa membahayakan kondisi ibu hamil dan bayi karena bisa beresiko kematian. Di dalam susu kedelai, banyak mengandung asam omega, asam omega 6, dan fito-antioksidan yang berfungsi untuk melindungi pembuluh darah agar lentur, sehat, dan fleksibel sehingga susu kedelai bisa menjadi pilihan yang tepat untuk para ibu hamil dalam mencegah masalah hipertensi dalam masa kehamilan.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam masa kehamilan, kondisi tubuh ibu hamil akan sangat rentan dengan infeksi dan tertular beberapa penyakit, hal ini dikarenakan tubuh ibu hamil sedang membangun jaringan khusus untuk perkembangan janin sehingga salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah vitamin A yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan volume darah, dan mencegah anemia. Selain dari beberapa sayuran, vitamin A bisa didapatkan dari susu kedelai sehingga diharapkan ibu hamil setelah mengonsumsi susu kedelai dapat meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil dan kesehatan janin.

4. Sebagai Sumber Serat untuk Ibu Hamil

Keluhan yang paling umum ditemui oleh ibu hamil adalah masalah pencernaan, sehingga nutrisi yang sering dicari dan dibutuhkan oleh para ibu hamil adalah serat sehingga mereka bisa terbantu dalam melancarkan masalah pencernaan. Tidak hanya sayuran dan buah yang kaya serat, susu kedelai dapat dijadikan solusi atau pilihan minuman untuk para ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan serat. Selain itu, susu kedelai dapat membantu menurunkan kolesterol dan resiko komplikasi pada ibu hamil.

5. Mencegah Diabetes Gestasional

Salah satu jenis diabetes yang sering terjadi dalam masa kehamilan adalah Diabetes Gestasional, jenis diabetes ini bisa terjadi pada ibu hamil yang belum terkena diabetes ataupun sudah pernah mengalami diabetes sejak sebelum hamil. Gejalanya adalah kaki bengkak selama proses kehamilan. Jika diabetes ini tidak dicegah maka akan mengganggu metabolisme janin sehingga bisa mengalami obesitas.

Sementara itu, susu kedelai mengandung lemak sehat dengan kadar gula alami yang cukup rendah maka jenis susu ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk para ibu hamil. Manfaatnya untuk membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh ibu hamil dan mencegah diabetes selama masa kehamilan. Anda dapat dengan aman mengonsumsi sekitar tiga sampai empat porsi susu kedelai setiap hari.

Tidak perlu diragukan lagi manfaat susu kedelai untuk kehamilan, asalkan Anda meminumnya dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan. Namun, Anda tetap harus mengontrol dan berkonsultasi pada dokter demi Anda dan janin Anda yang lebih sehat.

Itulah beberapa manfaat susu kedelai yang dibutuhkan oleh para ibu hamil. Jadi, mulai siapkan persediaan susu kedelai di rumah Anda selama masa-masa mengandung, ya. Selamat hidup sehat.

Baca Juga : Jenis-jenis USG Kehamilan dan Kegunaannya

Sumber:
Reuters. (2015). Soy might Benefit Women with Pregnancy Diabetes. www.reuters.com
Soy Milk Quick. (2017). Is it Safe to Drink Soy Milk during Pregnancy.  www.soymilkquick.com
Mom On The Block. (2018). Is it Safe to Drink Soy Milk during Pregnancy? What are the Risks? www.momontheblock.com
First Cry Parenting. (2018). Soya Bean in Pregnancy-Benefit and Risk. www.parenting.firstcry.com