Mengenal Retinol dan Manfaatnya pada Skincare

Mengenal Retinol dan Manfaatnya pada Skincare

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Retinol yang terdapat dalam beberapa komposisi skincare, khususnya krim malam, juga dikenal sebagai vitamin A. Zat aktif ini merupakan salah satu bahan yang paling efektif untuk anti-penuaan yang bekerja dengan cara meminimalkan munculnya keriput, memperbaiki warna kulit yang tidak merata, mengecilkan tampilan pori-pori yang besar, dan mengencangkan kulit.

Tetapi bagaimana cara kerjanya? Dengan penjelasan yang mudah dipahami ini, ketahui dahulu seputar retinol sebelum Anda memutuskan membeli produk retinol.

Baca Juga: Manfaat Penting Vitamin A bagi Kulit

Apa itu Retinol?

Retinol adalah nama lain untuk vitamin A. Ada banyak turunan dari vitamin A, tetapi retinol adalah nama untuk bentuk murni. Vitamin A mampu membantu mengembalikan tampilan kulit menjadi tampak lebih muda.

Ketika kulit terpapar polusi sehingga kulit memiliki tanda-tanda penuaan, warna kulit tidak merata, dan pori-pori besar. Retinol mampu bekerja untuk meminimalkan permasalahan tersebut. Singkatnya, banyak permasalahan tentang tampilan kulit wajah Anda dapat membaik ketika menggunakan retinol.

Manfaat dan Bagaimana Retinol Berfungsi di Kulit

Setelah serum atau krim wajah  dengan kandungan retinol diaplikasikan pada kulit, bahan aktif ini bekerja untuk meregenerasi kulit dan bekerja bersama-sama dengan bahan-bahan lain dalam skincare untuk meningkatkan potensinya memperbaiki segala permasalahan kulit.

Retinol juga membantu kulit menjadi lebih kencang, tampak lebih sehat, dan secara alami mengatasi tampilan kulit yang kusam dan tekstur kasar. Dengan retinol, kulit Anda akan tampak lebih muda, berkurangnya garis halus, dan firming.

Baca Juga: Skincare Niacinamide & Vitamin C Bolehkah Digunakan Bersamaan?

Namun, penting untuk mendukung penggunaan retinol Anda dengan produk lain yang membantu meningkatkan efektivitasnya, seperti selalu menggunakan tabir surya. Bahkan bahan anti-penuaan yang paling efektif dan telah terbukti dalam penelitian seperti retinol tidak akan bekerja dengan baik jika Anda tidak rajin menggunakan tabir surya setiap hari.

Penting juga untuk diingat bahwa meskipun vitamin A adalah bahan anti-aging terbaik untuk kulit, satu bahan khusus saja tidak akan perbah ukup untuk merawat kulit sebaik mungkin. Fakta ini adalah alasan mengapa selalu ada kandungan lain dalam serum atau krim dengan retinol, yaitu untuk membantu meremajakan dan mempertahankan penampilan halus kulit.

Cara Menggunakan Produk Perawatan Kulit Vitamin A

Skincare dengan retinol selalu direkomendasikan untuk menjadi rutinitas perawatan kulit malam hari. Setelah Anda membersihkan dan mencuci wajah, gunakan toner yang mengandung AHA atau BHA untuk hasil terbaik. Anda tidak perlu menunggu sampai menyerap, segera aplikasikan skincare dengan retinol, namun dimulai dengan tekstur paling ringan terlebih dahulu. Akhiri dengan produk paling berat atau tebal.

Perlu diingat juga jika penyimpanan harus diperhatikan agar efektifitas produk tidak rusak. Retinol adalah bahan yang kuat namun lembut, dan mudah terurai jika terkena paparan cahaya dan udara secara rutin. Karena alasan ini, hindari produk retinol yang dikemas dalam botol atau wadah bening.

Baca Juga: Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam Sesuai Aturan

 

Sumber

Paula’s Choice. Vitamin A Skin Care Products: How to Choose and Use Them. www.paulaschoice.com

Paula’s Choice. How Retinol Works and Can Benefit All Skin Types. www.paulaschoice.com

WebMD. What is Retinol?. www.webmd.com