Manfaat Rumput Mutiara Bagi Kesehatan

Manfaat Rumput Mutiara Bagi Kesehatan

Penulis: Lely | Editor: Ratna

Rumput mutiara merupakan tanaman gulma yang termasuk dalam keluarga tanaman Rubiaceae. Tanaman ini dapat tumbuh subur di berbagai tempat, terutama di area kebun kosong dengan tekstur tanah yang lembab. Rumput mutiara dikenal sebagai tanaman obat yang dimanfaatkan di negeri China, India, dan kawasan Asia tenggara untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Rumput mutiara ini memiliki kandungan dua senyawa aktif yang terbukti dapat mencegah perkembangan pertumbuhan sel kanker ke stadium yang lebih ganas. Seluruh bagian tanaman dapat Anda manfaatkan dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Selain manfaatnya sebagai anti kanker, rumput mutiara juga dapat digunakan untuk beberapa masalah kesehatan berikut.

1. Menghambat pertumbuhan kanker

Rumput mutiara dengan beberapa kandungan antioksidannya seperti flavonoid, senyawa fenolik, polisakarida, dan senyawa lain yang diyakini memiliki aktivitas antikanker. Ekstrak rumput mutiara dipercaya secara efektif menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan menginduksi peningkatan kematian sel kanker yang signifikan.

Rumput mutiara juga biasanya digunakan bersamaan dengan ramuan lain dalam pengobatan anti kanker. Penelitian praklinis dan klinis hingga saat ini menunjukkan bahwa tanaman ini secara efektif dan aman dalam mengobati berbagai jenis kanker termasuk kanker hati, kanker perut, kanker paru-paru, kanker kerongkongan, dan leukemia.

Penelitian juga menunjukkan bahwa rumput mutiara juga dapat membatasi pertumbuhan sel kanker ovarium, sel karsinoma, sel kanker prostat dan bahkan dapat memberikan efek penghambatan pada sel induk kanker yang terkenal sulit untuk diobati. Selain itu ramuan rumput mutiara dapat meningkatkan terapi kanker konvensional seperti kemoterapi.

Hampir semua penelitian yang tersedia tentang rumput mutiara menunjukkan potensinya yang sangat besar dalam terapi kanker, dan pastinya masih memerlukan penyelidikan kimia dan farmakologis lebih lanjut.

2. Sebagai anti inflamasi

Kandungan flavonoid dalam rumput mutiara ini dapat menghambat oksidasi, mencegah mutasi gen, serta membantu mengatur fungsi enzim seluler, yaitu protein yang merangsang reaksi kimia dalam sel-sel tubuh Anda. Dengan mengonsumsi ramuan rumput mutiara kemungkinan dapat menurunkan tekanan darah hingga pencegahan terhadap kanker.

Khasiat yang dimiliki rumput mutiara sebagai anti inflamasi adalah untuk meredakan peradangan, menyembuhkan bisul, dan diuretik. Tanaman ini juga dapat difungsikan sebagai pereda demam, antitoksin, memperlancar sirkulasi darah, dan memperlancar sumbatan sperma pada kaum laki-laki.

3. Menangkal radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh

Antioksidan dalam rumput mutiara juga berperan penting dalam menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab banyak masalah kesehatan kronis. Tidak hanya itu, radikal bebas juga mempunyai peran terhadap penuaan tubuh yang terjadi lebih cepat, terutama pada kulit Anda.

Dengan meningkatkan imun tubuh dapat membuat Anda tidak terlalu rentan terhadap serangan berbagai penyakit. Kekebalan tubuh yang baik tentunya akan membuat tubuh Anda lebih cepat pulih saat mengalami sakit akibat infeksi virus atau bakteri.

4. Menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular merupakan istilah gangguan yang menyebabkan masalah jantung dan pembuluh darah, termasuk hipertensi dan penyakit jantung koroner. Bukan hal yang mengejutkan lagi jika penyakit kardiovaskular menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia.

Antioksidan dalam rumput mutiara dilaporkan dapat memberikan manfaat positif dalam mengobati penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Karena sifat antioksidannya, flavonoid dapat mengurangi oksidasi pada kolesterol jahat (LDL), dan membantu memperbaiki profil lipid. Hal ini dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

5. Menjaga kesehatan hati

Sifat anti peradangan dan antioksidan yang dikandung oleh rumput mutiara dipercaya baik untuk menjaga kesehatan organ hati Anda, tanaman herbal ini juga mampu mencegah kemungkinan kerusakan dan peradangan pada organ tersebut.

Namun, manfaat tersebut bisa Anda dapatkan sepenuhnya dengan memperbaiki pola makan, menjaga pola hidup dengan berolahraga secara rutin, dan mendapatkan vaksin hepatitis. Selain itu, Anda harus berhenti atau menghindari merokok, makan makanan berlemak tinggi, dan tidak mengonsumsi alkohol.

6. Mendukung kesehatan dan kerja otak

Antioksidan dan anti peradangan yang kuat dalam rumput mutiara memiliki efek potensial dalam membantu menjaga kesehatan dan menunjang kerja otak Anda. Dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, ditambah dengan ramuan rumput mutiara diyakini dapat meningkatkan daya ingat, serta mengurangi risiko penyakit demensia, dan masalah kesehatan otak lainnya.

Baca Juga: Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh

Sumber

KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA. (2019). Rumput Mutiara sebagai Anti Kanker. pustaka.setjen.pertanian.go.id

Cancer Chemoprevention Research Center (CCRC). (2008). Rumput Mutiara (Hedyotis corymbosa). ccrc.farmasi.ugm.ac.id

Nature Love You. Oldenlandia corymbosa. www.natureloveyou.sg

Herbs Info. (2020). Snake Needle Grass. www.herbs-info.com