7 Manfaat Pink Himalayan Salt : Dalam Masakan, untuk Kesehatan dan Kecantikan

7 Manfaat Pink Himalayan Salt : Dalam Masakan, untuk Kesehatan dan Kecantikan

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Garam Pink Himalaya atau Pink Himalayan Salt adalah sejenis garam batu dari Pakistan yang berada di dekat kaki bukit Himalaya. Pink Himalayan Salt memiliki warna merah muda karena adanya iron oxide. 

Selain itu, garam ini juga mengandung sejumlah kecil mineral seperti kalsium, kalium dan magnesium. Mineral tersebut menjadikan rasa garam Himalaya berbeda dari garam meja biasa.

Ada beberapa klaim tentang manfaat kesehatan yang terkait dengan konsumsi Pink Himalayan Salt sebagai pengganti garam, diantaranya :

1. Kandungan mineral yang kaya

Beberapa sumber mengatakan bahwa Pink Himalayan Salt mengandung hingga 84 mineral yang berbeda. Namun, 98 persen dari garam Himalaya mengandung hingga natrium klorida, ini berarti hanya sekitar 2 persen yang terdiri dari berbagai mineral kecil ini. 

Mengingat jumlah yang relatif terbatas di mana orang biasanya mengonsumsi garam, dan sedikitnya mineral ini dalam garam, maka bagaimanapun garam ini tidak mungkin memberikan manfaat kesehatan yang terukur atau signifikan.

2. Menurunkan natrium

Banyak orang yang mempercayai jika garam Himalaya lebih rendah natrium daripada garam meja biasa. Namun, faktanya kedua jenis tersebut sama-sama mengandung sekitar 98 persen natrium klorida.

Tapi karena garam Himalaya seringkali memiliki kristal yang lebih besar daripada garam meja, secara teknis garam ini mengandung lebih sedikit natrium per sendok teh. Garam Himalaya juga memiliki rasa yang lebih asin daripada garam meja, karena itu biasanya penggunaan garam Himalaya lebih sedikit untuk mencapai rasa yang sama.

3. Tingkatkan elektrolit tubuh

Ramuan garam Himalaya adalah cara yang lebih alami untuk membantu memulihkan kadar elektrolit saat rendah. Campurkan 2 cangkir air murni, 1/2 cangkir jus jeruk atau lemon segar, 1/4 sendok teh garam Himalaya merah muda, dan 1 sendok makan madu. 

Ini bisa bermanfaat bagi mereka yang banyak berolahraga, atau untuk seseorang yang memiliki penyakit virus seperti pilek atau flu. Tetapi, jika Anda memiliki kondisi seperti hipertensi atau penyakit ginjal, bicarakan dengan dokter Anda sebelum meningkatkan konsumsi garam Anda.

4. Peningkatan kesehatan pernapasan

Terapi penghirupan udara dengan inhealer yang berisi air garam Himalaya bermanfaat untuk kondisi pernapasan seperti penyakit paru obstruktif kronik, atau PPOK. Kandungan antibakteri pada garam Himalaya berguna untuk membersihkan saluran pernapasan

Para ilmuwan telah menemukan peningkatan yang signifikan dalam kuesioner yang diberikan kepada responden dengan COPD yang menggunakan inhaler garam Himalaya. Meski demikian, penelitian lebih banyak tentang hal ini masih diperlukan.

5. Cegah dehidrasi

Garam diperlukan untuk menjaga tingkat hidrasi yang cukup dan seimbang dalam tubuh. Menambahkan sedikit garam Himalaya ke minuman, terutama sebelum atau sesudah olahraga berat, diperlukan untuk mencegah dehidrasi akibat kehilangan air dan garam, suatu kondisi yang disebut hiponatremia.

6. Melegakan tenggorokan

Meskipun bukan obat untuk penyembuhan yang segera, berkumur dengan campuran air dan garam Himalaya dapat membantu membunuh bakteri, mengencerkan lendir, dan meredakan rasa sakit. Campurkan 1/2 sendok teh garam Pink Himalaya yang telah digiling halus dengan secangkir air hangat dan kumur.

7. Perawatan Kulit

Meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan, garam Himalaya diyakini memiliki sejumlah efek menguntungkan untuk berbagai kondisi kulit seperti eksim. National Eczema Association merekomendasikan untuk menambahkan secangkir garam Himalaya ke air mandi sebagai bantuan untuk eksim yang kambuh.


Baca Juga:
Ketahui Manfaat Merendam Kaki dengan Garam

 

Sumber

WebMD. (2020). Himalayan Pink Salt: Are There Health Benefits?. www.webmd.com

Health Line. (2017). Is Pink Himalayan Salt. www.healthline.com

Prevention. (2019). 6 Healing Ways to Use Himalayan Pink Salt for Your Body and Mind. www.prevention.com

Medical News Today. (2018). Does pink Himalayan salt have any health benefits?. www.medicalnewstoday.com