Manfaat Penting Vitamin A Bagi Kulit

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Di tengah begitu banyak produk untuk membantu kulit Anda terlihat baik, ada beberapa nutrisi yang benar-benar dibutuhkan kulit — dan vitamin A adalah salah satunya. Vitamin A merupakan nutrisi yang digunakan tubuh Anda untuk menjaga kulit tetap sehat, kencang, dan bercahaya.

Tidak seperti banyak nutrisi lain, vitamin A adalah sekelompok senyawa yang mencakup bentuk aktifnya (retinal, retinol, dan asam retinoat) dan provitamin A karotenoid lainnya, seperti beta-karoten. Beta-karoten (dan karotenoid lainnya) adalah bentuk vitamin A yang kita dapatkan langsung dari makanan nabati yang kita makan. Di dalam tubuh kita, beta-karoten diubah menjadi bentuk retinol.

Berikut ini manfaat ketika Anda menggunakan skincare dengan kandungan vitamin A :

1. Membantu Melawan Radiasi UV dan Mencegah Tanda Penuaan Kulit

Sebagian besar asupan vitamin A Anda berasal dari makan makanan kaya beta-karoten dan provitamin A karotenoid, yang merupakan antioksidan kuat. Tidak hanya mengangkal radikal bebas yang memecah kolagen (struktur pendukung kulit Anda) dan berkontribusi pada garis-garis halus dan kulit kendor, mereka juga mengurangi sensitivitas kulit terhadap matahari, memberikan perlindungan alami terhadap kemerahan dan pigmentasi yang disebabkan oleh sinar matahari.

Baca Juga : Ketahui 7 Manfaat Vitamin C untuk Kulit

2. Mendorong Produksi Sel Baru yang Sehat

Retinal, retinol, dan asam retinoat penting untuk produksi dan pertumbuhan sel. Vitamin A juga menstimulasi fibroblas — sel yang bertanggung jawab untuk mengembangkan jaringan yang menjaga kulit tetap kencang dan sehat — di lapisan dalam kulit Anda. Karena vitamin A dan karoten memainkan peran besar dalam pertumbuhan sel dan jaringan, tidak mendapatkan cukup dapat menyebabkan kulit melemah, menyebabkan masalah seperti kulit kering.

3. Melindungi dari Infeksi

Kulit Anda juga merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh Anda. Garis pertahanan pertama melawan bakteri, polutan, dan infeksi. Dengan produksi sel, vitamin A membantu memperkuat penghalang ini, melindungi kulit Anda dari iritasi berbahaya yang mencoba menyerang kulit.

4. Mencegah Munculnya Kerut

Vitamin A topikal dalam bentuk retinol dan asam retinoat terbukti sebagai pelawan garis halus dan banyak rekomendasi ahli kulit yang direkomendasikan untuk memerangi tanda-tanda penuaan. Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan-bahan ini mampu merangsang produksi kolagen. Ketika kolagen menjadi rusak karena paparan UV dan agresor lainnya, kerutan mulai berkembang.

Retinoid “menghidupkan” sel-sel yang bertanggung jawab untuk membuat kolagen baru, memperkuat kulit Anda dan mengisi garis-garis halus di bawah permukaan sehingga kulit terlihat lebih halus. Sebuah studi menemukan bahwa setelah menggunakan krim vitamin A selama 10 hingga 12 bulan, partisipan melihat kerutan yang lebih sedikit secara signifikan, dan para ahli medis mencatat peningkatan 80 persen kolagen.

5. Mencerahkan Kulit dan Lebih Glowing

Krim vitamin A dapat membantu meringankan bintik-bintik cokelat yang disebabkan oleh matahari dan meningkatkan kecerahan kulit dengan dua cara: Pertama, dengan meningkatkan dan menormalkan pergantian sel kulit, yang membantu Anda melepaskan sel-sel permukaan berpigmen, rusak dan kasar, memberikan ruang bagi sel-sel yang lebih sehat. Kedua, retinoid dapat memblokir enzim yang dibutuhkan untuk produksi melanin (pigmen), yang selanjutnya membantu menghasilkan kulit yang rata dan bercahaya.

6. Membasmi Jerawat

Jerawat terbentuk ketika pori-pori tersumbat oleh sel-sel kulit mati, bakteri dan minyak, sehingga menyediakan tempat berkembang biak yang sempurna untuk bakteri pemicu jerawat. Ketika krim vitamin A merangsang pergantian sel, proses yang sama terjadi di dalam pori-pori itu sendiri, membantu memperlambat produksi minyak dan menjaga pori-pori tetap bersih.

Baca Juga : Langkah Tepat Membersihkan Wajah untuk Kulit Berjerawat

 

Sumber :
HealthLine. (2018). The Benefits and Limits of Vitamin A for Your Skin. www.healthline.com
CanyonRanch. THE SKIN BENEFITS OF VITAMIN A. www.canyonranch.com
WebMD. Vitamins & Nutrients for Healthy Skin. www.webmd.com