10 Manfaat Penting Potasium untuk Tubuh

10 Manfaat Penting Potasium untuk Tubuh

Penulis: Lady | Editor: Handa

Potasium atau kalium adalah salah satu dari tujuh makro mineral esensial (sumber mineral penting) yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas sehari-hari. Potasium memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk mengatur detak jantung dan tekanan darah.

Kalium bisa ditemukan secara alami pada sebagian besar buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Berikut ini merupakan manfaat potasium yang perlu Anda ketahui:

1. Merawat Tulang

Dilansir dari Healthline, makanan yang mengandung potasium dapat meningkatkan kepadatan tulang Anda. Hal ini karena mineral potasium dapat menetralkan berbagai asam dalam tubuh yang dapat membantu mempertahankan kalsium untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan tulang.

Untuk itu, nutrisi tulang Anda dengan mengonsumsi makanan kaya akan potasium, seperti sayuran dan buah-buahan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan nutrisi potasium dari suplemen yang bisa Anda dapatkan di apotek.

2. Mengobati Hipertensi

Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat membuat jantung bekerja terlalu keras sehingga berisiko terhadap penyakit jantung. Tidak hanya itu, hipertensi juga memicu penyakit lainnya, seperti stroke, gangguan ginjal, dan kebutaan.

Sebuah penelitian dari New England Journal of Medicine, makanan yang mengandung potasium (sayuran dan buah-buahan) dapat mengurangi lemak jenuh sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Untuk itu, jika Anda memiliki penyakit hipertensi, perbanyak konsumsi buah dan sayuran untuk menurunkan tekanan darah Anda.

3. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Konsumsi makanan yang kaya akan protein dan rendah kalium berkontribusi meningkatkan pembentukan batu ginjal. Hal ini karena kalium yang melekat pada kalsium dalam urin dapat mencegah pembentukan kristal mineral. Kristal mineral tersebut dapat berkembang menjadi batu ginjal.

Protein dan batu ginjal saling memiliki ketertarikan. Dilansir dari Verywell Health, makanan yang kaya akan protein memicu risiko terserang batu ginjal, sedangkan makanan tinggi potasium dapat mencegah batu ginjal.

Baca Juga : 11 Daftar Makanan yang Baik untuk Ginjal

4. Mencegah Penyakit Stroke

Penyakit stroke terjadi karena aliran darah ke otak mengalami penyumbatan. Kondisi ini bisa menyebabkan cacat hingga kematian. Menurut Centers for Disease Control, stroke menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi dan kecacatan serius pada orang dewasa.

Penyumbatan darah terjadi akibat plak yang menempel pada pembuluh darah. Untuk mencegahnya, Anda bisa memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang tinggi akan potasium. Hal ini karena mineral potasium memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mengendalikan aliran darah.

5. Mengurangi Kecemasan dan Stres

Potasium berperan penting bagi Anda yang memiliki kecemasan dan stres. Pasalnya, mineral potasium membantu mengatur berbagai hormon dalam tubuh, termasuk hormon stres (seperti kortisol dan adrenalin).

Untuk itu, mengonsumsi makanan dengan potasium tinggi merupakan ide yang baik jika Anda mengalami stres berat. Karena potasium dianggap mampu mengurangi tingkat stres sehingga kesehatan mental Anda tetap terjaga.

6. Meningkatkan Metabolisme

Potasium membantu proses metabolisme berbagai nutrisi, seperti lemak dan karbohidrat. Dengan begitu, potasium sangat berpengaruh dalam mengekstraksi energi dari nutrisi yang Anda konsumsi.

Dilansir dari Redbook, kalium membantu tubuh Anda mengatur mineral serta cairan yang masuk dan keluar dari sel tubuh sehingga mampu regenerasi jaringan, pertumbuhan sel, dan metabolisme seimbang secara keseluruhan.

Baca Juga : 7 Daftar Sumber Makanan Kaya Zat Besi

7. Mencegah Kram Otot

Kram otot adalah suatu gejala yang umum dan terjadi karena kadar potasium dalam darah rendah. Kondisi ini biasa disebut dengan Hipokalemia. Oleh sebab itu,mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi potasium bisa mencegah Anda terserang kram otot.

Dilansir dari WebMD, salah satu makanan kaya potasium yang bisa mencegah kram otot adalah buah pisang. Selain itu, Anda juga mendapatkan magnesium dan kalsium dalam buah pisang yang juga dibutuhkan untuk mencegah kram otot.

8. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Selain kondisi di atas, berkurangnya kadar potasium dapat menyebabkan gula darah menurun. Ketika gula darah menurun, Anda akan merasa pusing, lemas, sakit kepala, gemetar, dan gugup. Nah, salah satu fungsi potasium adalah menstabilkan kadar gula darah Anda, jika mengalami kondisi tersebut.

Tidak hanya bagi Anda yang memiliki kadar gula darah rendah, potasium juga membantu menstabilkan kadar gula darah tinggi. Hal ini bermanfaat menurunkan kadar glukosa dan insulin dengan menstabilkan kadar gula darah di seluruh tubuh.

9. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Manfaat penting lainnya yang diperoleh dari potasium yaitu mampu menjaga keseimbangan cairan yang optimal dalam tubuh. Berbagai jenis sel dalam tubuh membutuhkan keseimbangan cairan yang tepat agar berfungsi secara efisien. Begitu pun dengan potasium yang membantu sel-sel dalam mengatur keseimbangan cairan tubuh.

10. Mencegah Selulit

Manfaat kalium yang kurang diketahui adalah kemampuannya untuk melawan dan mencegah selulit. Hal ini karena kemampuan potasium yang menjaga keseimbangan kadar cairan dalam tubuh dengan membuang limbah dari sel dan memperbaiki sirkulasi darah.

Meskipun terdapat banyak manfaat dari mengonsumsi potasium, tetapi Anda tetap harus menjaga asupan nutrisi lainnya untuk kelancaran fungsi sistem tubuh. Hindari mengonsumsi potasium (termasuk dalam bentuk suplemen) secara berlebihan karena bisa menyebabkan hiperkalemia, di mana ginjal tidak dapat mengeluarkan cukup kalium dari tubuh.

Baca Juga : Si Pisang yang Kaya Manfaat

Sumber


Healthline. What Does Potassium Do for Your Body? A Detailed Review. www.healthline.com
Medical News Today. Everything you need to know about potassium. www.medicalnewstoday.com
Very Well Health. The Health Benefits of Potassium. www.verywellhealth.com
Web MD. Foods that may helps with Muscles Cramps. www.webmd.com
Zerbo’s Health Foods. The Benefits of Potassium. www.zerbos.com



Add Your Comment