7 Manfaat Olahraga Untuk Kebugaran Tubuh

7 Manfaat Olahraga Untuk Kebugaran Tubuh

Penulis: Meimei | Editor: Opie

Berolahraga adalah salah satu hal terpenting dilakukan untuk menjaga kesehatan baik fisik maupun kesehatan mental. Manfaat dari olahraga ini akan semakin terasa, terutama jika Anda mengimbanginya dengan pola makan sehat dan melakukan kebiasan baik lainnya.

Olahraga tidak harus dilakukan dengan intensitas tinggi seperti berlari, sepakbola, basket atau alternatif lainnya. Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari olahraga yang tergolong ringan seperti jalan kaki, senam aerobik dan yoga.

Orang yang rutin berolahraga terbukti memiliki kualitas fisik yang lebih baik dibandingkan pada Anda yang tidak rutin melakukannya.

Banyak dari Anda yang melewatkan olahraga dengan alasan malas atau masalah kesibukan sehari-hari. Untuk meningkatkan motivasi berolahraga, cobalah untuk memahami berbagai manfaat olahraga berikut ini:

1. Mengontrol dan Menjaga Berat Badan

Olahraga dapat membantu menjaga berat badan atau mencegah kelebihan berat badan.

Kebiasaan ini juga sangat disarankan bagi orang yang sedang menjalani diet penurunan berat badan berlebih.

Selama melakukan aktivitas fisik, Anda akan membakar kalori yang masuk ke tubuh lewat makanan atau minuman yang dikonsumsi. Semakin intens jenis olahraganya maka semakin besar pula pembakaran kalori yang terjadi di dalam tubuh Anda.

Jenis olahraga yang harus dijalani juga sangat berbeda sesuai dengan tujuannya. Jika hanya ingin menjaga  berat badan, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

  • Jika Anda berniat menurunkan berat badan, menu olahraga yang harus dijalani biasanya lebih berat dan intens.
  • Kombinasi latihan aerobik serta latihan ketahanan tubuh dapat memaksimalkan proses pembakaran lemak dan pemeliharaan massa otot.
  • Mulailah melakukan olahraga aerobik dengan intensitas sedang kurang lebih dengan durasi selama 150 menit dalam seminggu.
  • Durasi tersebut bisa dibagi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda, misalnya 30 menit sehari yang dilakukan 5 hari dalam seminggu.
  • Selain itu, diperlukan pertimbanan jumlah nutrisi yang harus dikonsumsi untuk mengontrol kalori di dalam tubuh. Untuk memahami kebutuhan nutrisi Anda, hubungilah ahli gizi terdekat.

2. Meningkatkan Kekuatan Tulang dan Otot

Olahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan serta menjaga kekuatan tulang dan otot Anda.

Tubuh Anda cenderung kehilangan massa dan fungsi otot seiring pertambahan usia yang meningkatkan resiko cedera. Rutin beraktivitas fisik dapat mengurangi risiko tersebut dan menjaga postur tubuh Anda.

Selain itu, olahraga mampu membantu membangun kepadatan tulang sehingga membantu mencegah osteoporosis.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Serius

Olahraga secara rutin juga efektif mencegah risiko gangguan kesehatan serius seperti penyakit jantung, stroke, diabetes dan kanker.

Aktivitas fisik mampu meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) atau yang lebih sering dikenal sebagai kolesterol baik, dan menurunkan trigliserida yang tidak sehat.

Selain itu, olahraga juga berpengaruh dalam meningkatkan fungsi kognitif dan membantu menurunkan risiko kematian akibat sejumlah penyakit tersebut.

4. Memperbaiki Kualitas Tidur

Aktivitas fisik secara teratur, termasuk aerobik atau pilihan olahraga lainnya, dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dan merasa lebih berenergi di siang hari.

Bukan hanya kualitas tidur yang lebih baik, olahraga juga mampu mempermudah Anda tertidur dan membuat istirahat malam menjadi lebih nyenyak.

Proses penipisan energi yang terjadi selama olahraga berlangsung mampu merangsang proses penyembuhan selama tidur.

Selain itu, peningkatan suhu tubuh yang terjadi saat berolahraga juga dianggap dapat meningkatkan kualitas tidur dengan membantu proses penurunan suhu tersebut selama proses tidur terjadi.

Meski demikian, jangan berolahraga terlalu dekat dengan jam tidur karena dapat membuat tubuh terlalu berenergi dan justru membuat Anda sulit beristirahat.

5. Memperbaiki Mood dan Membuat Bahagia

Olahraga juga berdampak baik pada kesehatan mental dengan meningkatkan mood dan memunculkan perasaan bahagia, tidak peduli intensitas dan jenisnya.

Kegiatan sehat ini mampu merangsang berbagai bahan kimia otak yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia, lebih rileks, tidak terlalu cemas, bahkan mampu meredakan perasaan depresi.

Selain itu, efeknya juga baik untuk meningkatkan produksi endorfin, yang diketahui dapat membantu menghasilkan perasaan positif dan mengurangi persepsi rasa sakit.

Tak hanya itu, rutin berolahraga juga mampu meningkatkan rasa percaya diri Anda, sehingga membuat Anda merasa lebih baik terhadap penampilan dan diri Anda sendiri.

6. Meningkatkan Level Energi

Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta kekuatan otot di dalam tubuh Anda.

Hal ini karena olahraga mampu menyebarkan asupan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh, sehingga membantu sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien.

Dalam jangka panjang, keadaan ini dapat meningkatkan energi tubuh yang muncul karena peningkatan kerja jantung dan paru-paru yang membaik. Efek baik ini juga berlaku untuk orang dengan riwayat kesehatan tertentu.

7. Membantu Kesehatan Otak dan Memori

Olahraga dapat meningkatkan fungsi otak, melindungi memori serta kemampuan berpikir.

Hal ini karena aktivitas fisik dapat meningkatkan detak jantung Anda yang kemudian meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak Anda.

Selain itu, efeknya juga dapat merangsang produksi hormon yang meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak yang penting untuk mencegah Alzheimer dan skizofrenia.

Sumber

Medical News Today. (2019). What to know about exercise and how to start. www.medicalnewstoday.com

Healthline. (2021). The Top 10 Benefits of Regular Exercise. www.healthline.com

Mayo Clinic. Exercise: 7 benefits of regular physical activity. www.mayoclinic.org

Center for Disease Control and Prevention. Benefits of Physical Activity. www.cdc.gov