8 Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan dan Kecantikan

Image: medicalnewstoday.com

Penulis: Dina R | Editor: Niahappy

Biasanya minyak dianggap sebagai bahan yang mengandung zat tidak baik, bahkan dapat memicu terjadinya penyakit yang berbahaya. Akan tetapi, lain halnya dengan minyak kelapa. Minyak kelapa menjadi salah satu bahan alami yang ternyata memiliki banyak manfaat lho!

Minyak kelapa justru memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Sebagian mungkin mengetahui kegunaan dari minyak kelapa, namun sebagian juga mungkin tidak tahu bahkan tidak menggunakannya. Padahal minyak kelapa sangat bermanfaat terutama bagi kesehatan tubuh, maupun kecantikan kulit.

Oleh sebab itu, perlu dijelaskan mengenai beberapa manfaat minyak kelapa bagi kesehatan dan kecantikan. Yuk Simak!

Baca Juga : Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

1. Meningkatkan metabolisme, dan kekebalan tubuh.

Minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Pada minyak kelapa, terdapat pula kandungan yang dapat membantu membunuh bakteri, virus, dan jamur berbahaya sehingga mengonsumsi makanan dengan tambahan minyak kelapa membuat tubuh kebal akan penyakit.

2. Menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan kolesterol.

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, dapat pula membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh karena mampu mengubah kolesterol jahat menjadi kolesterol baik. Namun mengonsumsi minyak kelapa saja tidak cukup, Anda perlu mengatur pola makan yang sehat dan rajin berolahraga untuk tubuh yang lebih sehat.

3. Membantu diet.

Wah ternyata minyak kelapa memiliki manfaat bagi Anda yang sedang diet lho. Minyak kelapa mengandung lemak jenuh sehat sehingga berguna bagi diet karena dapat meningkatkan pembakaran kalori, dan mengurangi rasa lapar. Selain itu, dapat pula memberi energi cepat pada tubuh, dan otak.

4. Mengatasi masalah pada rambut.

Bila memiliki masalah pada rambut, seperti kering, kusam, ketombe atau rontok. Jadikanlah minyak kelapa sebagai masker rambut. Adapun caranya dengan dipijat langsung ke seluruh rambut, diamkan selama satu jam, kemudian bilas. Lakukan hal tersebut setiap hari atau setiap minggu secara teratur. Minyak kelapa dapat membuat rambut lembut, tidak kusut, dan merangsang pertumbuhan rambut.

5. Melembapkan kulit.

Bagi yang memiliki masalah dengan kulit kering, minyak kelapa juga bermanfaat sebagai pelembap kulit. Selain itu, minyak kelapa juga dapat mengurangi gejala eksim. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengoleskannya ke bagian kulit yang kering atau bahkan ke seluruh tubuh. Dapat pula dijadikan scrub bila ditambah dengan gula atau dijadikan masker wajah bila ditambah dengan madu atau gel lidah buaya.

6. Penghapus Makeup

Minyak kelapa juga dapat menjadi penghapus makeup lho! Biasanya make up yang waterproof (tahan air) atau yang sulit dibersihkan membuat Anda repot, namun dengan minyak kelapa semua itu dapat hilang dengan mudah. Adapun caranya yaitu dengan menuangkan beberapa tetes minyak kelapa ke kapas, lalu bersihkan wajah dengan menggunakan kapas tersebut. Setelah itu, bilas wajah dengan bersih.

7. Membantu kesehatan mulut.

Satu sendok minyak kelapa dapat digunakan sebagai obat kumur. Kumurlah dengan minyak kelapa selama 20 menit. Adapun manfaat dari kumur dengan minyak kelapa yaitu dapat membunuh bakteri bahaya di mulut, meningkatkan kesehatan gigi, dan mengurangi bau mulut.

8. Melembabkan bibir, dan menumbuhkan bulu mata.

Minyak kelapa juga dapat menjadi pelembab bibir yang kering atau pecah-pecah. Adapun caranya yaitu dengan oles, dan ratakan pada bibir. Selain itu, minyak kelapa juga dapat membantu merangsang pertumbuhan bulu mata, dan membuat bulu mata lebih panjang. Caranya dengan oleskan ke bulu mata saat malam hari.

Wah, ternyata minyak kelapa memiliki banyak manfaat ya! Tidak hanya itu minyak kelapa juga mudah ditemukan lho, sehingga Anda tidak perlu repot untuk mencari.

Untuk menjaga kesehatan tubuh dan mempercantik diri, memang lebih baik bila Anda menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak kelapa. Jadi, jangan ragu ya untuk menggunakan minyak kelapa yang kaya akan manfaat ini!

Baca Juga :  Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam yang Tepat Sesuai Aturan

Sumber:
Tempo. (2018). 5 Benefits of Virgin Coconut Oil for Health and Beauty. en.tempo.com
Healthline. (2018).  Top 10 Evidence Based Health Benefits of Coconut Oil. www.healthline.com
Allure. (2017). 30 Coconut Oil Uses for Beauty: Unexpected Hair & Skin Benefits. www.allure.com
Manfaat. (2014). 16 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehtan dan Kecantikan Kulit. www.manfaat.co.id