Manfaat Metode Bradley dalam Persalinan

Manfaat Metode Bradley dalam Persalinan

Penulis: Dhiya | Editor: Atsa

Saat Anda mendapat kabar baik tentang kehamilan, tentu Anda, pasangan dan keluarga merasa senang dan bersemangat. Namun, meski semangat menanti lahirnya si buah hati, bayangan sakitnya melahirkan seringkali membuat ibu hamil jadi stres dan khawatir jika melahirkan secara normal.

Nah, untuk mengurangi keluhan ini ada salah satu metode persalinan yang mampu meminimalisir rasa sakit. Metode ini dikenalkan oleh dokter kandungan yang bernama  Robert Bradley pada 1940-an. Metode ini dipercaya mampu membuat proses melahirkan jadi lebih mudah dan tidak sakit. Berikut beberapa manfaat metode Bradley dalam persalinan.

1. Mengurangi Kecemasan dan Rasa Sakit 

Rileks adalah salah satu kunci dari metode Bradley yang dapat membantu meredakan rasa nyeri dengan menghindari rasa panik dan menghindari tegang otot. Dalam metode ini Anda akan selalu ditekankan untuk latihan pernapasan untuk menghindari tegang, stres, dan panik. Kedepannya saat melahirkan Anda akan stabil dalam pernapasan, sehingga melahrikan akan lancar dan minim rasa sakit.

2. Menekankan Pentingnya Nutrisi dan Diet Sehat Selama Kehamilan

Diet sehat selama kehamilan dapat mengurangi risiko komplikasi saat kehamilan, sehingga membuat kehamilan lebih nyaman dan dapat diprediksi dengan tepat waktu. Selain itu juga dapat mengurangi rasa sakit selama melahirkan. Metode ini juga mencakup saran tentang nutrisi dan pola makan yang baik untuk ibu selama kehamilan demi pertumbuhan janin yang sehat.

3. Memiliki Peluang untuk Melahirkan Secara Normal

Meski terkadang ada rasa takut akan sakitnya melahirkan, namun setiap ibu pasti ingin sekali melahirkan secara normal. Bahkan banyak juga ibu hamil yang tidak takut dengan sakitnya melahirkan, namun khawatir jika nantinya justru tidak bisa melahirkan normal. Nah, metode Bradley akan memperbesar peluang untuk melahirkan secara normal, bahkan minim rasa sakit. Ditambah, secara mental Anda juga akan lebih siap menghadapi persalinan. Karena metode Bradley juga mengajarkan cara mengontrol rasa sakit selama melahirkan.

4. Menginformasikan dan Melibatkan Sang Ayah

Kelas metode Bradley dalam persalinan berfokus atas persiapan, termasuk menginformasikan dan mengajarkan calon ayah untuk memiliki peran aktif dalam melahirkan. Metode ini mengedepankan filosofi alami kelahiran dan teknik melahirkan atas pendampingan suami. Anda dan suami akan diminta untuk latihan pernapasan dalam dan relaksasi sebagai sarana dalam menjalani persalinan.

5. Mengajarkan Orang Tua Baru Akan Pentingnya Menyusui

Manfaat terbesar untuk menyusui adalah memberikan antibodi kritis yang ditularkan dari ibu ke bayi yang dapat membantu melindungi bayi yang baru lahir dari virus dan infeksi bakteri.

Jika melahirkan normal dan alami (tanpa penghilang nyeri) penting bagi Anda, maka mempelajari metode Bradley bisa menjadi langkah untuk mencapai tujuan tersebut. 

Baca Juga: Pentingnya vitamin B kompleks bagi Ibu Hamil

Sumber:
VeryWellFamily. (2019). What Is the Bradley Method?. Verywellfamily.com
MOTHERLY. Birthing Basics: The Bradley Method. Mother.ly
Babycenter. The Bradley Method of Childbirth. Babycenter.com
Mom Junction. (2019). Bradley Method: What Is It and What Are Its Advantages. Momjunction.com
Dr.Axe. (2017). 6 Benefits of the Bradley Method, Including High Rate of Natural Birth Success. Draxe.com
Kopa Birth. (2016). Bradley Method Pros and Cos. Kopabirth.com