Segudang Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Bayi

Image: news.llu.edu

Menyusui bukan hanya soal memberi makan, namun ada makna lebih luas dibaliknya. Kedekatan emosional ibu dan bayi adalah salah satunya.

Walaupun begitu, masih banyak ibu yang tidak mau menyusui banyinya dengan berbagai alasan. Padahal menyusui punya banyak manfaat untuk ibu maupun bayi. Apa saja?

Manfaat untuk Ibu

Kata siapa ASI hanya sekedar makanan bayi? Faktanya, menyusui punya manfaat pula untuk sang ibu. Bahkan ibu yang tidak menyusui rentan terkena kanker payudara.

Manfaat yang paling jelas terlihat adalah terjalinnya ikatan emosional antara ibu dan bayi. Ada juga beberapa manfaat kesehatan bagi sang ibu sendiri:

Menyusui Membakar Kalori

Dalam sehari menyusui, ibu dapat mengeluarkan hingga 500 kalori. Tentu berat badan yang kembali seperti semula sangat didambakan oleh ibu. Oleh karena itu, rutin lah menyusui si bayi.

Yang harus anda perhatikan adalah adanya peningkatan nafsu makan dan pencadangan lemak untuk produksi susu. Jika tidak disalurkan, justru ibu akan semakin berisi.

Penurunan berat badan tidak langsung terjadi, melainkan di bulan keempat setelah menyusui. Jadi, harus sabar dan telaten. Jangan lupakan juga olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh ibu menyusui.

Kembalikan Rahim Ke Ukuran Semula

Saat menyusui, hormon oksitosin dilepaskan. Hormon ini bantu penyusutan rahim ke bentuk semula. Selain itu, oksitosin juga kurangi pendarahan pasca melahirkan pada ibu hamil.

Berdasarkan penelitian, pendarahan pasca melahirkan pada ibu menyusui lebih cepat selesai.

Hemat Waktu dan Biaya

Tidak perlu susu formula, dot steril, atau yang lainnya. Cukup diberi ASI, kebutuhan gizi bayi sudah tercukupi. Sangat hemat waktu dan uang tentunya!

Tanpa perlu repot, ibu pun bisa luangkan waktu lebih banyak untuk istirahat dan memulihkan fisik setelah melahirkan.

Turunkan Resiko Terkena Penyakit

Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang resikonya berkurang karena menyusui. Selain itu, menyusui juga bisa turunkan resiko kanker rahim, osteoporosis, penyakit jantung, dan obesitas.

Manfaat untuk Bayi

Manfaat ASI bagi bayi sudah banyak yang mengkaji. Manfaat ini berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan bayi di masa depan. Apa saja?

Tidak Ada kandungan Gizi yang Lebih Lengkap Dibanding ASI

ASI dirancang khusus untuk bayi, sehingga kandungan gizinya pun disesuaikan dengan kebutuhan si bayi. Terutama saat bayi berumur 6 bulan, hanya diberikan ASI saja saja sudah cukup. Oleh karena itu, ASI eksklusif berlangsung hingga bayi berumur 6 bulan.

Beranjak 7 bulan, baru bayi boleh diberikan makanan pendamping. Dengan catatan ASI tetap diberikan hingga berusia 2 tahun.

Suhu ASI pun dapat menyesuaikan dengan cuaca di sekitarnya. Anda tidak perlu repot mengukur suhu seperti saat membuat susu formula. Kapan pun bayi ingin menyusu, ASI pun siap sedia.

Turunkan Resiko Obesitas

Berdasarkan penelitian, setiap bayi menyusu ASI alami penurunan resiko obesitas ketika remaja sebesar 4 %. Dibandingkan anak dengan susu formula, anak yang menyusu ASI punya resiko obesitas yang lebih rendah 15-30%.

Salah satu sebabnya mungkin karena anak yang menyusu ASI punya pencernaan yang lebih baik. Sebab, mereka punya bakteri baik yang lebih banyak dalam usus.

Mengandung Antibodi

ASI mengandung antibodi berupa IgA. IgA ini berfungsi sebagai pertahanan tubuh atas serangan virus dan bakteri dari luar tubuh. Contohnya adalah virus flu, asma, masalah pernapasan, masalah pencernaan, diabetes, infeksi telinga dan demam.  Bahkan resiko terkena leukimia pun berkurang 15-20% pada bayi yang diberikan ASI eksklusif.

Anak Jadi Lebih Pintar

Penelitian menunjukan hasil bahwa anak yang menyusu ASI secara eksklusif cenderung miliki IQ yang lebih tinggi. Tanpa ASI, resiko terhambatnya perkembangan bayi semakin besar.

Setelah baca segudang manfaat menyusui bagi ibu dan bayi, semangat pun kian berlipat, ya! Jangan lupa penuhi kebutuhan harian ibu hamil. Jangan sampai malah sang ibu yang kekurangan gizi.

 

 

 

Sumber :
The Benefits of Breastfeeding for Baby and Mom. 2017. https://my.clevelandclinic.org/health
11 Benefits of Breastfeeding for Both Mom & Baby. 2017. https://www.healthline.com/nutrition/
Benefits of Breastfeeding. 2017. https://www.nhs.uk/conditions/
Breastfeeding Overview. 2017. https://www.webmd.com/parenting/