6 Manfaat Lompat Tali untuk Kesehatan Anda

6 Manfaat Lompat Tali untuk Kesehatan Anda

Penulis: Siska | Editor: Opie

Lompat tali merupakan latihan fisik yang efektif dan mudah dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Bagaimana tidak, kegiatan ini bisa dilakukan di mana pun tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Latihan fisik sederhana ini bahkan dapat membakar 700-1.000 kalori per jam ketika Anda berolahraga dengan intensitas tinggi.

Baca Juga: Pahami Manfaat dan Cara Melakukan Gerakan Squat Jump yang Benar

Manfaat Lompat Tali

Berikut adalah sejumlah manfaat lompat tali yang dilakukan secara rutin:

1. Meningkatkan kebugaran

Lompat tali bisa menjadi pilihan latihan fisik yang baik untuk rutinitas latihan fisik Anda.

Tambahkan lompat tali setidaknya selama 30 hingga 90 detik di antara set latihan lainnya.

Misalnya, Anda bisa melakukan lompat tali setelah menyelesaikan satu set angkat berat atau latihan fisik lainnya.

Gabungan latihan fisik ini akan melatih tubuh Anda secara efisien dan meningkatkan ketahanan kardiovaskular serta kekuatan otot dalam satu sesi.

2. Menguatkan otot

Jika Anda ingin melatih seluruh tubuh secara efektif, maka cobalah rutin melakukan lompat tali.

Gerakan lompat tali bertumpu pada otot tubuh bagian bawah (misalnya betis, paha, dan bokong), tubuh bagian atas (misalnya bahu dan bisep), serta otot perut.

Latihan ini tidak hanya dapat membantu meningkatkan kekuatan otot, tetapi juga daya tahan otot Anda.

Baca Juga: Kurangi Pakai Lift! Ini 6 Manfaat Naik-turun Tangga

3. Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan

Lompat tali membutuhkan kemampuan koordinasi yang baik, terutama ketika Anda mempercepat ayunan dalam setiap lompatan Anda.

Gerakan di dalam kegiatan lompat tali mengharuskan beberapa bagian tubuh Anda berkoordinasi untuk menyelesaikan satu gerakan.

Sebuah studi di tahun 2017 yang diterbitkan dalam Research Journal of Pharmacy and Technology mengklaim bahwa lompat tali dapat membantu meningkatkan koordinasi motorik pada anak-anak autis, yang dikenal sering memiliki kesulitan pada kemampuan keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Studi lain di tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Sports Science and Medicine menemukan bahwa pemain sepak bola pra-remaja menunjukkan peningkatan keterampilan motorik setelah 8 minggu melakukan latihan lompat tali secara rutin dibandingkan dengan para pemain bola yang hanya melakukan latihan sepak bola biasa.

4. Mengurangi risiko cedera

Meningkatnya kemampuan koordinasi yang dihasilkan dari rutinitas latihan lompat tali akan menurunkan kemungkinan cedera ketika Anda melakukan aktivitas olahraga lainnya, atau ketika Anda sedang melakukan aktivitas sehari-hari.

Bagaimana tidak, latihan lompat tali akan melatih Anda mengoordinasikan gerakan tubuh bagian atas dan bawah, sehingga Anda menjadi lebih gesit dan kesadaran tubuh Anda pun akan meningkat pesat. Hal ini tentunya akan menghindarkan Anda dari cedera yang tidak diinginkan.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Lompat tali sangat baik untuk meningkatkan kebugaran jantung Anda.

Gerakan melompat yang dilakukan secara rutin dalam jangka waktu tertentu membutuhkan lebih banyak darah serta oksigen untuk dipompa ke otot-otot yang sedang aktif. Hal ini akan meningkatkan detak jantung dan laju pernapasan Anda.

Seiring berjalannya waktu, kondisi ini dapat memperkuat jantung dan meningkatkan kapasitas paru-paru sehingga memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih lama lagi.

6. Menguatkan tulang 

Latihan lompat tali yang dilakukan secara rutin mampu memperkuat tulang Anda. Ketika melompat, maka tubuh Anda akan mengalami tekanan sementara di sebagian area tulang yang disebabkan oleh gaya reaksi tanah.

Tubuh Anda akan merespons tekanan pada tulang ini dengan cara membangun tulang Anda menjadi lebih kuat dan padat.

Tips Memasukkan Lompat Tali ke Dalam Rutinitas Latihan Anda

Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan ketika ingin mengintegrasikan lompat tali ke dalam susunan latihan harian Anda:

  • Lakukan lompat tali selama 10 menit untuk pemanasan sebelum berolahraga
  • Lakukan lompat tali selama tiga menit di sela-sela olahraga ketahanan tubuh Anda
  • Lakukan lompat tali dengan kecepatan yang lebih tinggi selama 60 setiap selesai melakukan satu set push-up atau sit-up

Baca Juga: Rekomendasi Olahraga untuk Diet Menurunkan Berat Badan 

Sumber

Healthline. (2021). Jump Roping Craze: How to Get the Most Out of This At-Home Exercise.  www.healthline.com

Very Well Fit. (2020). Use a Jump Rope for an Inexpensive and Portable Workout. www.verywellfit.com

Healthline. (2021). The Benefits of Jumping Rope Go Beyond Weight Loss.  www.healthline.com

Insider. (2020). 5 health benefits of jumping rope and helpful tips for beginners from celebrity trainer Jillian Michaels. www.insider.com

Medical News Today. (2022). 8 of the best jump ropes for every fitness level.  www.medicalnewstoday.com