5 Manfaat Konsumsi Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Image: medicalnewstoday.com

Saat hamil, ibu wajib perhatikan asupan makanannya. Tidak boleh sembarangan, ibu hanya boleh makan makanan sehat dan kaya gizi.  Sebab jika ibu hamil kurang gizi maka akan melahirkan anak yang stunting. Salah satu makanan yang kaya zat gizi adalah kacang hijau.

Seperti jenis kacang lainnya, kacang hijau juga kaya akan zat gizi. Zat gizi tersebut diantaranya adalah protein, serat, zat besi, dan folat. Dengan konsumsi kacang hijau rutin, kebutuhan gizi harian ibu bisa terbantu.

Baca Juga: 8 Zat Gizi Penting untuk Ibu Hamil yang Sering Terlupakan

1. Bantu Lancarkan Pencernaan

Saat awal kehamilan, lebih dari 30% ibu hamil mengalami konstipasi atau sulit buang air besar. Hal ini disebabkan oleh tekanan dari rahim yang sedang tumbuh serta tingginya hormon progesteron yang memperlambat jalur pencernaan.

Dalam 1 cangkir kacang hijau (100 gram) mengandung 7,6 gram serat. Dengan serat tersebut, kacang hijau dapat bantu melancarkan pencernaan. Serat berperan dalam menambahkan kandungan air ke feses, sehingga lebih lunak dan mudah dikeluarkan.

Baca Juga: 4 Tips Ampuh & Alami Atas Sulit Buang Air Besar

2. Mengandung Banyak Vitamin & Mineral

Saat hamil, ibu perlu banyak mengonsumsi makanan tinggi vitamin dan mineral. Hal itu dikarenakan bayi sedang dalam masa pertumbuhan pesat.

Salah satu mineral yang penting adalah zat besi. Ibu hamil perlu asupan zat besi ekstra hingga dua kali lipat agar tidak terserang anemia. Zat besi bantu suplai oksigen ke jaringan tubuh bayi dan ibu. Khususnya pada ibu, zat besi dapat turunkan tingkat stres dan depresi.

Selain zat besi kacang hijau juga kaya akan kalium, zink, mangan, kalsium, vitamin B, vitamin C, Vitamin K, dan vitamin D.

3. Tinggi Protein

Fungsi utama protein merupakan  zat pembangun dan pembentuk organ. Terutama pada bayi, protein dan mineral dibutuhkan untuk membentuk setiap jaringan organ tubuh.

Sayangnya banyak ibu hamil yang merasa mual dan sulit untuk makan. Sebagai salah satu alternatif, coba buat makanan berkuah seperti bubur kacang hijau. Dalam 1 mangkok (202 gram) kacang hijau mengandung 14.2 gram protein.

Baca Juga: 6 Makanan Bergizi untuk Hamil agar Janin Sehat

4. Berperan Sebagai Antioksidan

Kacang hijau mengandung sejumlah antioksidan yang dinilai mampu menghalau radikal bebas. Diantaranya adalah asam fenolat, asam sinamat, flavonoid, dan masih banyak lagi.

Ibu hamil yang sering lelah, kurang makan, stunting, dan tinggal di lingkungan yang tidak sehat (banyak polusi) rentan terkena radikal bebas. Dalam jumlah tinggi, radikal bebas akan bereaksi dengan sel tubuh kemudian sebabkan penyakit kanker, jantung, dan penyakit kronis lainnya.

Adanya antioksidan, dapat menetralisir radikal bebas tersebut. Antioksidan juga melindungi sel sehat lain dari serangan radikal bebas.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian ahli yang mengatakan bahwa antioksidan kacang hijau dapat perbaiki kerusakan sel kanker pada lambung dan paru-paru akibat radikal bebas

5. Sumber Folat

Ibu hamil butuh lebih banyak asupan folat daripada biasanya. Soalnya folat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi, terutama daerah otak. Sayangnya, sebagian besar ibu hamil mengalami kekurangan asupan folat. Keadaan ini tingkatkan resiko bayi lahir cacat.

Padahal hanya dengan mengonsumsi 200 gram kacang hijau, kebutuhan folat harian ibu sudah terpenuhi sebesar 80%. Tinggal tambahkan sumber folat lain seperti pisang, alpukat, atau buah citrus sebagai pelengkap  Ibu bisa menjadikan bubur kacang hijau sebagai selingan atau menu sarapan. Mudah, lezat, bergizi!

Baca Juga: 7 Makanan Sumber Folat untuk Ibu Hamil

Yuk, ramai-ramai makan kacang hijau. Jangan lupa banyak minum juga, ya!

 

 

Sumber:
Pregnancy Foods: 10 Foods to Eat During Each Semester.2015. https://www.huffingtonpost.ca/
Safe to Eat Mung Bean. 2015./nutrition/safe-to-eat.php?food=Mung%20bean
The 10 Best Foods for Pregnancy. 2015. https://www.babycenter.com/101_the-10-best-foods-for-pregnancy_10392775.bc
Mung Beans Nutrition. 2019. https://draxe.com/mung-beans-nutrition/