Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Jeruk nipis merupakan buah pembangkit tenaga, tinggi vitamin C, antioksidan, dan nutrisi lainnya. Buah ini juga mengandung sedikit zat besi, kalsium, vitamin B6, tiamin, dan kalium. Karena jeruk nipis sarat dengan nutrisi, buah ini memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

1. Antioksidan

Jeruk nipis mengandung senyawa aktif yang berfungsi sebagai antioksidan, termasuk flavonoid, limonoid,  quercetin, kaempferol, dan asam askorbat yang melindungi sel tubuh dari bahaya radikal bebas. Dalam jumlah yang tinggi, radikal bebas dapat merusak sel tubuh yang berkaitan dengan kondisi kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan berbagai jenis kanker.

2. Meningkatkan Imunitas

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi, nutrisi yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan penyakit.

Jika diminum secara teratur, air jeruk nipis dapat membantu mencegah dan mempercepat pemulihan karena masuk angin dan flu.

Baca Juga:Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh agar Tidak Mudah Sakit

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Minum segelas air jeruk nipis setiap pagi untuk membantu mencegah makan berlebihan. Asam sitrat yang terdapat dalam air jeruk nipis membantu meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak.

4. Membantu Menyehatkan Kulit

Jeruk nipis juga berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Pertama, buah ini kaya akan vitamin C yang diperlukan untuk membuat kolagen, protein yang membuat kulit Anda kencang, Kedua, jeruk nipis mengandung antioksidan tinggi, yang dapat membantu memerangi perubahan kulit terkait usia. Konsumsi jeruk nipis bersama air dapat membantu memperbaiki tampilan penuaan kulit.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama dan tertinggi kematian di seluruh dunia. Tingginya vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, faktor risiko utama penyakit jantung. Selain itu, vitamin C dapat melindungi dari aterosklerosis – penyakit di mana plak menumpuk di arteri Anda, membuatnya terlalu sempit.

Jeruk nipis tidak hanya mengandung pektin, yang secara positif bermanfaat bagi kadar kolesterol Anda, tetapi juga kaya vitamin C, yang dikenal dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Buah ini juga mengandung potasium, yang menurut American Heart Association, dapat membantu meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Jantung Koroner : Ketahui Penyebab dan Gejalanya

6. Menghindari Batu Ginjal

Batu ginjal adalah kristal mineral kecil yang terbentuk di dalam ginjal ketika urin sangat pekat atau ketika Anda memiliki kadar mineral pembentuk batu yang tinggi, seperti kalsium, dalam urin Anda. Buah jeruk seperti jeruk nipis mengandung asam sitrat yang tinggi, sehingga dapat mencegah pembentukan batu ginjal dengan meningkatkan kadar sitrat dan mengikat mineral pembentuk batu dalam urin. Satu studi menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak buah jeruk memiliki risiko batu ginjal yang jauh lebih rendah.

7. Membantu Penyerapan Zat Besi

Zat besi adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah dan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Kadar zat besi yang rendah dalam darah dapat menyebabkan terjadinya anemia defisiensi besi. Tanda-tanda anemia defisiensi besi seperti mudah lelah dan kesulitan bernapas saat berolahraga.

Orang yang menjalankan pola makan vegan atau vegetarian berisiko lebih besar mengalami anemia defisiensi besi, karena produk nabati mengandung sejenis zat besi yang tidak diserap dengan baik seperti zat besi dari daging dan produk hewani lainnya. Makanan kaya vitamin C seperti jeruk dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati.

8. Menurunkan Risiko Kanker

Penyakit kanker ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak normal. Buah jeruk mengandung flavonoid, senyawa yang dapat memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas. Hal ini dikaitkan dengan penurunan risiko kanker tertentu.

Baca Juga: Manfaat Vitamin C untuk Kulit

 

Sumber

HealthLine. 2019. Limes: A Citrus Fruit with Powerful Benefits. www.healthline.com

Medical News Today. 2018. What are the benefits of drinking lime water?. www.medicalnewstoday.com

UHN. 2020. University Health News. www.universityhealthnews.com