Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan

Penulis: Dita | Editor: Atsa

Dikenal dengan nama latin Cosmos caudatus, kenikir adalah salah satu tanaman yang populer digunakan untuk kesehatan oleh masyarakat di Asia Tenggara.

Meski tak sepopuler sayuran hijau lain seperti bayam dan kemanngi, kenikir juga bisa disantap sebagai lalap dan ditumis.

Selain sedap dijadikan teman bersantap, kenikir ternyata memiliki berbagai manfaat kesehatan. Simak beberapa manfaatnya dalam ulasan berikut ini.

1. Kaya Nutrisi

Manfaat secara umum yang akan Anda dapatkan dengan mengonsumsi kenikir adalah berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Secara umum, dalam setiap 100 gram kenikir terdapat:

  •         2,9 gram protein
  •         0,6 gram karbohidrat
  •         0,4 gram lemak
  •         64,6 miligram vitamin C
  •         3,5 miligram beta karoten
  •         0,13 miligram vitamin B1
  •         0,24 miligram vitamin B2

Kandungan nutrisi di atas ditemukan dalam pemeriksaan 100 gram sampel segar kenikir.

2. Mengatasi Diabetes

Diabetes adalah kondisi di mana kandungan gula darah di dalam tubuh seseorang lebih dari normal. Hal ini juga dapat terjadi ketika fungsi hormon insulin tidak efektif. 

Manfaat kenikir telah lama dihubungkan dengan khasiatnya dalam mengatasi diabetes. Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh Putra University School of Medicine di Malaysia terbukti bahwa pasien diabetes yang mengkonsumsi kenikir secara rutin, mengalami penurunan kadar insulin di dalam darahnya. Ketika kadar insulin berkurang, artinya sensitivitas dan resistansi insulin meningkat. Artinya, sirkulasi gula darah jadi lebih terkontrol.

3. Mengandung Senyawa Antikanker

Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam The Indonesian Biomedical Journal (2018) ditemukan bahwa kenikir ternyata mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Ini disebabkan karena efek antioksidan yang dimilikinya. Senyawa bioaktif berupa katekin, quercetin dan sama klorogenat adalah beberapa kandungan zat antikanker di dalam kenikir.

4. Mengatasi Masalah Hipertensi

Kenikir memiliki sifat diuretik dan memiliki kandungan anti tekanan darah tinggi ACE-Inhibitor. Ini bisa membantu pasien yang mengalami tekanan darah tinggi untuk mengontrol hipertensi yang dialami. Ketika tekanan darah berjalan normal, secara langsung ini juga akan meningkatkan kesehatan jantung orang yang mengonsumsinya.

5. Mengatasi Asam Lambung dan Maag

Di dalam kenikir terdapat senyawa tokoferol yang berfungsi menetralisir asam lambung yang berlebihan. Memakan daun kenikir sebagai lalapan atau merebus dan meminum airnya bisa membantu penderita maag atau asam lambung untuk mengontrol kondisi keasaman dalam lambung agar tetap normal.

6. Meningkatkan Imunitas

Semua orang memerlukan asupan makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Ini bisa Anda dapatkan dari daun kenikir. Kenikir memiliki kandungan vitamin C, E dan flavonoid. Ketiganya mampu membersihkan dan menetralisir racun yang ada dalam tubuh. Kemampuannya mendetoks sisa-sisa racun ini secara langsung akan meningkatkan kondisi kesehatan Anda. Tak hanya itu, darah yang bersih juga akan meringankan kerja organ hati sehingga fungsinya bisa berjalan dengan maksimal.

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kenikir memiliki kandungan mineral tinggi yang baik untuk tulang. Perpaduannya dengan berbagai komponen antioksidan yang tinggi mampu mengatasi berbagai masalah tulang termasuk osteoporosis yang dialami oleh wanita-wanita pasca menopause.

Itulah beberapa manfaat kesehatan kenikir. Untuk Anda yang suka menyantap lalapan daun kenikir, ini adalah kesempatan baik untuk jadi lebih sehat.

Baca Juga: Manfaat Saffron untuk Kesehatan Tubuh

Sumber

The Indonesian Biomedical Journal (2018). The Antioxidant and Cytotoxic Effects of Cosmos caudatus Ethanolic Extract on Cervical Cancer. www.inabj.org

CABI (2014). Cosmos caudatus (Wild Cosmos). www.cabi.org

Semantic Scholar (2015). Potential Benefits of Cosmos caudatus (Ulam Raja). www.semanticscholar.org

National Library of Medicine (2013). The Effects of Cosmos Caudatus (Ulam Raja) Supplementation on Bone Biochemical Parameters in Ovariectomized Rats. www.pubmed.ncbi.nml.nih.gov