Manfaat dan Cara Melakukan Senam Wajah

senam wajah

Penulis: Dita | Editor : Atsa

Banyak orang yang berolahraga sering hanya fokus pada otot lengan, punggung, kaki dan bahu. Lantas, bagaimana dengan otot yang ada di wajah dan leher Anda? Otot-otot ini juga memerlukan perhatian yang sama.

Senam wajah secara teratur tidak hanya bisa mengencangkan otot wajah dan membuat kerutan berkurang, tapi juga bisa mengurangi risiko sakit kepala dan ketegangan otot mata. Senam wajah atau yoga wajah belakangan mulai menarik perhatian banyak orang. Selain membantu pergerakan otot wajah menjadi lebih baik.

Lakukan dua atau tiga kali seminggu. Ditambah dengan detoksifikasi bisa meningkatkan kadar oksigen, dan membantu darah bersirkulasi dengan baik di wajah.

Manfaat Melakukan Senam Wajah

Ada beberapa manfaat senam wajah yang bisa Anda dapatkan antara lain:

1. Membuat Awet Muda

Bertambahnya usia membuat masalah kerutan semakin tak terhindarkan. Senam wajah mampu menstimulasi produksi kolagen sehingga membuat kulit tampak elastis dan kencang. Daerah yang cekung dan kendur di sekitar kelopak mata, rahang dan lipatan pipi juga bisa disingkirkan dengan senam wajah.

Dengan melakukan senam wajah, Anda bisa mempertahankan penampilan menjadi tampak lebih muda karena otot-otot yang kencang. Beberapa ahli percaya senam wajah yang teratur bisa memberikan lebih banyak pesona kecantikan seiring dengan bertambahnya usia.

2. Melancarkan Peredaran Darah di Area Wajah

Senam wajah bisa membantu memberikan nutrisi pada sel-sel lapisan luar epidermis, membuat kulit wajah menjadi tampak lebih cerah. Selain itu, kerutan dan garis-garis halus juga bisa semakin berkurang dengan semakin banyaknya oksigen yang beredar dalam darah.

3. Menghilangkan Racun

Senam wajah merangsang sistem limfatik yang mampu membantu membersihkan racun, kotoran, dan bakteri dari kulit dan meningkatkan metabolisme Anda.

4. Mengurangi Risiko Sakit Kepala

Sama seperti otot lain di tubuh, otot wajah juga bisa mengalami ketegangan akibat stres. Ini bisa membatasi aliran darah dan nutrisi ke wajah dan menyebabkan sakit kepala, leher hingga bahu. Beberapa gerakan senam wajah sederhana bisa membantu Anda lebih rileks. 

5. Menyembuhkan TMJ

Banyak penelitian menunjukkan bahwa senam wajah dapat mengendurkan otot-otot yang terkait dengan Temporomandibular Joint Dysfunction (TMJ), kelainan yang menyebabkan rasa sakit dan gangguan pergerakan sendi dan otot-otot di sekitar rahang. Melatih otot-otot wajah akan meregangkan, menguatkan dan mengendurkan otot-otot dan persendian yang terlalu banyak bekerja, sehingga mengurangi rasa sakit.

Baca Juga: Cara Alami Melakukan Detoksifikasi Wajah

Cara Melakukan 

Sebelum memulai senam wajah, mula-mula lakukan pemanasan terlebih dahulu. Caranya dengan menyebutkan huruf vokal AIUEO berulang-ulang sampai wajah terasa cukup relaks untuk gerakan selanjutnya.

Membuat Kulit Wajah Lebih Elastis

Pertama duduklah dalam posisi tegak kemudian dongakkan kepala ke atas langit-langit. Bayangkan seolah-olah Anda bisa mencapai langit-langit tersebut dengan bibir bagian bawah. Tahan selama 5-10 detik dan ulangi sebanyak 2 hingga 3 kali.

Kedua, berdirilah dengan posisi tegak kemudian silangkan kedua tangan di depan dada. Angkat kepala ke atas perlahan-lahan kemudian tarik napas panjang lalu kembali ke posisi semula perlahan-lahan.

Menghilangkan Kerutan

Letakkan kedua jari tengah Anda di ujung alis bagian dalam. Dengan telunjuk, berikan tekanan menuju ujung alis bagian luar. Lihat ke atas kemudian mulai gerakkan kelopak mata bagian bawah ke arah atas. Ulangi langkah ini hingga 6 kali. Untuk mengakhiri, berikan tekanan lembut ke mata yang terpejam selama kurang lebih 10 detik kemudian relaks.

Menjaga Keindahan Area Bibir

Pertama, monyongkan mulut Anda ke depan dengan membentuk huruf O. Tahan selama kurang lebih 10 detik lalu lanjutkan dengan senyum lebar. Ulangi gerakan ini hingga 10 kali untuk mendapatkan hasil maksimal.

Untuk Area Mata

Melakukan gerakan senam wajah untuk mata tidak hanya bisa menjaga area mata dari penuaan tapi juga mengurangi ketegangan pada otot mata. Caranya letakkan jari telunjuk di sisi-sisi mata kemudian buat gerakan seperti mengedip namun jangan sampai mata tertutup. Anda bisa melakukan gerakan ini bersamaan antara mata kanan dan kiri atau bergantian. Ulangi hingga 10 kali.

Selain contoh yang sudah disebutkan di atas, Anda masih bisa menemukan banyak sekali tutorial lainnya berdasarkan tujuan yang ingin Anda capai. Anda bisa memilih gerakan-gerakan berdasarkan kebutuhan wajah Anda.

Baca Juga: 10 Cara Alami Mengatasi Garis Halus pada Wajah

 

Sumber:
Carolyn’s Facial Fitness (2019). Benefits of Facial Exercise. www.carolynsfacialfitness.com
Peak Fitness (2015). Gym for Your Skin. www.fitness.mercola.com
Carole Maggio (2017). 5 Amazing Benefits of Facial Exercise. www.facercise.com
Yoga Site (2004). Yoga Facial. www.yogasite.com
Marie Claire (2019). 5 Anti-ageing Facial Exercises You Can Do at Home. www.marieclaire.co.uk