Manfaat Berenang untuk Kesehatan Tubuh

Image : sciencemag.org

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Jika Anda tidak suka berolahraga karena panas dan berkeringat, berenang bisa jadi pilihan. Manfaat yang didapat pun setara dengan olahraga kardio.

Berenang termasuk salah satu olahraga yang seru dan menyenangkan, karena itulah hampir semua orang baik dewasa bahkan anak-anak sangat suka olahraga yang satu ini. Tak hanya seru, berenang juga sangat bermanfaat untuk kesehatan seluruh tubuh. Berikut ini (angka) manfaat yang akan Anda peroleh jika rutin berenang.

Baca Juga : Manfaat Pentingnya Mengajarkan Berenang untuk Anak

1. Kekuatan Otot dan Fleksibilitas

Saat menenggelamkan diri dengan berenang, air akan memberikan tekanan pada tulang dan otot untuk melawan gravitasi dengan beragam gerakan berenang melintasi kolam. Otot Anda harus bekerja lebih keras untuk menggerakkan tubuh saat berada di dalam air.

Melakukan gerakan berenang dengan benar membantu menguatkan otot dan menguatkan kepadatan tulang. Berenang dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang / bone mineral density (BMD), yang akan membantu melawan osteoporosis. Ini sangat penting terutama bagi wanita yang rawan osteoporosis saat tua.

Gerakan yang benar saat berenang juga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas di pinggul, kaki, lengan, dan leher Anda. Ini juga dapat membantu memperbaiki postur tubuh Anda dan mengurangi sakit punggung.

2. Latihan Pernafasan

Berenang melatih Anda bernapas dengan cepat dan dalam saat kepala di permukaan air, kemudian membiarkan udara keluar saat di dalam air. Penyesuaian pernapasan ini sangat baik untuk menguatkan jantung dan paru-paru. Olahraga ini  juga akan menurunkan tekanan darah Anda, melancarkan sirkulasi darah, serta membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan paru-paru.

Karena keunggulannya ini, berenang juga sangat bagus untuk penderita asma. Tidak hanya itu, berenang juga membantu Anda meningkatkan kapasitas paru-paru dan mendapatkan kendali atas pernapasan Anda.

3. Pemulihan Cedera

Berenang bisa menjadi pilihan olahraga yang aman bagi orang dengan beberapa jenis cedera seperti radang sendi, osteoarthritis, dan cedera tulang bekang.

Berenang dengan gerakan lambat bisa mengurangi rasa nyeri pada penderita radang sendi, osteoarthritis, dan cedera tulang belakang. Kolam air hangat bisa jadi pilihan tepat untuk berenang, dengan air hangat penderita radang sendi bisa berfokus pada berbagai gerakan yang lambat dan terkontrol, sehingga sendi tetap aman.

Baca Juga : Cara Mencegah Risiko Osteoarthritis Sejak Dini

4. Banyak Membakar Kalori

Berenang adalah cara yang efisien untuk membakar kalori. Wanita dengan berat 70 kg berlari 6km selama 1 jam, maka akan membakar sekitar 350 kalori per jam, sementara jika orang tersebut berenang gaya bebas di kecepatan sedang dapat membakar hingga 500 kalori per jam.

Ada sejumlah variabel yang perlu dipertimbangkan. Pertama, berat badan dan metabolisme tubuh Anda memainkan faktor besar dalam berapa banyak kalori yang dibakar. Secara umum, semakin berat Anda, semakin banyak Anda terbakar.

5. Mengatasi Susah Tidur

Berenang di sore hari akan membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Hal ini akan sangat membantu bagi orang yang menderita sulit tidur atau insomnia.

Banyak sekali orang dewasa mengalami masalah gangguan tidur, atau mungkin tidur yang tidak nyenyak.  Sebenarnya olahraga seperti kardio pun akan membantu untuk tidur lebih pulas, namun bagi beberapa orang olahraga tersebut membosankan dan gerah. Maka berenang sebagai salah satu olahraga yang seru bisa jadi pilihan.

6. Meningkatkan Mood dan Menurunkan Stres

Sebagai pilihan olahraga yang seru, berenang telah terbukti mampu meningkatkan mood seseorang. Stres akan mempengaruhi kinerja keseharian seseorang, produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan mental.

Berenang akan menghasilkan hormon endorphin yang membuat seseorang merasa bahagia. Selain menjadi bagian olahraga yang sehat, berenang merupakan salah satu cara “me time” untuk meningkatkan mood dan menurunkan stres. Berenang akan membuat pikiran lebih tenang dan memberikan efek relaksasi bagi tubuh.

Baca Juga : Pentingnya “Me Time” agar Jauh dari Stres

 

Sumber :
Web MD. (2018). Swimming : How It Rates as a Workout. www.webmd.com
Time. (2017). Why Swimming Is So Good For You. www.time.com
Livestrong. Does Swimming Tone Your Body?. www.livestrong.com
American Senior Communities. (2015). Swimming for Seniors. www.asccare.com
Health Line. What Are the Top 12 Benefits of Swimming?. www.healthline.com