Wajib Tahu! Manfaat Akupuntur untuk Kesehatan

Image : highereheatlhspineandsport.com

Penulis : Adhenda | Editor : Niahappy

Belum pernah melakukan pengobatan alternatif akupuntur sebelumnya? Mungkin Anda pernah mendengar sedikit tentang manfaatnya tetapi tidak mengerti bagaimana akupuntur dapat memberi manfaat bagi Anda?

Akupuntur merupakan salah satu jenis pengobatan tradisional yang berasal dari Tiongkok dan keseimbangan organ tubuh memegang kunci kesehatan. Ketidakseimbangan dapat disebabkan oleh faktor eksternal, seperti polusi lingkungan, atau faktor internal, seperti emosi negatif dan pola makan yang buruk. Ketidakseimbangan dalam tubuh adalah bagaimana penyakit dimulai. Tujuan dari akupuntur adalah memasukkan jarum ke titik-titik tertentu di sepanjang garis meridian atau jalur di sepanjang tubuh untuk mengembalikan keseimbangan aliran energi di organ.

Ada lebih dari 1.000 titik akupuntur pada tubuh. Ini berarti bahwa kondisi kesehatan tertentu dapat diobati dari berbagai lokasi di tubuh. Misalnya, sakit kepala dapat diobati dengan titik akupuntur di kepala, tetapi juga dari titik di sepanjang tangan, kaki, punggung, dan lainnya. Penelitian telah membuktikan bahwa akupuntur sangat efektif dalam mengurangi atau menghilangkan kebutuhan untuk minum obat tertentu. Berikut ini adalah beberapa manfaat akupuntur untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga : 5 Manfaat Berenang bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengurangi Insomnia

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa akupuntur dapat mengurangi frekuensi insomnia bagi banyak orang. Melakukan akupuntur secara teratur dalam waktu kurang dari lima minggu secara signifikan, dapat mengurangi insomnia yang selama ini mungkin Anda alami. Pasalnya, akupuntur bermanfaat untuk meningkatkan sekresi melatonin nokturnal, yang merupakan hormon yang membantu dan menyebabkan rasa kantuk.

Jadi, jika Anda tidak bisa tidur dan tidak ingin menderita akibat efek samping dari obat-obatan yang selama ini Anda konsumsi, akupuntur bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda.

Baca Juga : 5 Efek Insomnia terhadap Kesehatan

2. Menghilangkan Stres

Stres adalah salah satu alasan utama banyak orang yang melakukan pengobatan alternatif akupuntur. Seringkali tuntutan pekerjaan adalah pemicu utama yang menjadikan seseorang stres. Namun, tidak jarang stres disebabkan karena tekanan pada diri sendiri.

Penelitian menunjukkan bahwa saat jarum akupuntur ditusukkan pada bagian tubuh yang tepat, maka dapat mengurangi gangguan transmisi dari hormon stres. Oleh karena itu, akupuntur terbukti dapat menurunkan hormon stres, mengurangi rasa kecemasan, dan mampu meningkatkan perasaan bahagia.

3. Meningkatkan Kesuburan

Sebenarnya, tujuan meningkatkan kesuburan dengan akupuntur adalah dengan cara meningkatkan vitalitas seksual pria dan wanita, meningkatkan produksi telur dan sperma sehingga kualitasnya baik, serta meningkatkan sirkulasi darah di rahim dan sekitarnya. Akupuntur dapat meningkatkan aliran darah ke rahim untuk mengendurkan serviks dan menghambat hormon stres yang dapat mengganggu proses embrio menjadi calon janin.

Jika Anda memutuskan untuk mencoba pengobatan alternatif akupuntur, carilah ahli akupuntur yang memiliki sertifikat, yang banyak juga berprofesi sebagai dokter.

4. Meredakan Sakit Kepala dan Migrain

Anda sering sakit kepala saat pulang kerja? Atau saat perubahan cuaca yang ekstrim? Bisa jadi ada yang tidak beres dengan kesehatan Anda. Sakit kepala dan migrain pada dasarnya disebabkan adanya aliran darah yang tidak lancar. Biasanya ahli akupuntur akan memeriksa kondisi Anda secara menyeluruh.

Setelah diketahui titik-titik mana saja yang menjadi pemicu sakit kepala dan migrain, maka di titik tersebut akan dipijat atau ditusukkan jarum supaya peredaran darah menjadi lebih lancar. Banyak orang meyakini pengobatan alternatif akupuntur lebih efektif untuk meredakan sakit kepala dan migrain dibandingkan dengan mengkonsumsi obat. Maka dari itu, akupuntur saat ini diminati oleh banyak kalangan.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Menurut beberapa penelitian di National Cancer Institute menunjukkan bahwa akupuntur dapat meningkatkan kekebalan dan mempercepat pemulihan setelah perawatan kanker. Pengobatan akupuntur juga mampu meningkatkan imunitas, jumlah trombosit, dan mencegah penurunan sel-sel sehat setelah terapi radiasi atau kemoterapi. Di sini, akupuntur bermanfaat untuk mengurangi beberapa efek samping yang terjadi, terutama gangguan mulut kering dan mual ketika seseorang sering menerima radiasi atau kemoterapi ke leher maupun kepala.

Nah, bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan seperti yang telah dijelaskan diatas maka tidak ada salahnya untuk mencoba pengobatan alternatif akupuntur. Namun, pastikan juga kalau Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya akupuntur.

Baca Juga : 7 Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan Tubuh

Sumber:
Alignedmodernhealth (2016). Top 10 Benefits Of Acupuncture For Workplace Stress and Pain
Draxe (2017). What is Acupuncture? 6 Ways It Can Improve Your Health! www.draxe.com
Drhealthbenefits (2016). 16 Benefits of Acupuncture For Health and Beauty. www.drhealthbenefits.com
Mayoclinic (2018). Acupuncture. www.mayoclinic.org
Medicinenet (2018). Acupuncture. www.medicinenet.com
Webmd (2016). Why Does Acupuncture Work? www.webmd.com