Ketahui Manfaat Minum Air Lemon Hangat di Pagi Hari

Ketahui Manfaat Minum Air Lemon Hangat di Pagi Hari

Penulis: Dita | Editor: Umi

Lemon adalah salah satu jenis buah yang sangat populer dijadikan sebagai obat-obatan rumahan. Beberapa manfaat yang konon bisa didapatkan dengan mengonsumsi lemon yaitu saluran pencernaan yang semakin sehat, meningkatkan daya tahan tubuh, dan penurunan berat badan.

Salah satu cara untuk menikmatinya adalah dengan mencampurkan irisan lemon dengan air atau yang lebih dikenal dengan air lemon. Dengan popularitasnya yang semakin besar, restoran-restoran bahkan mulai menyajikan minuman ini setiap hari.

Bahkan banyak orang yang memulai hari dengan meneguk segelas air lemon hangat ketimbang minum teh atau kopi. Lalu manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan jika memulai kebiasaan minum air lemon hangat di pagi hari?

Baca Juga : Jangan Abaikan 7 Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan

1. Sebagai Sumber Vitamin C

Seperti halnya buah-buahan jenis jeruk lainnya, lemon juga kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan utama yang melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Sebuah penelitian dalam National Center for Biotechnology Information menunjukkan bahwa kandungan  antioksidan dan flavonoid dalam buah lemon dapat mencegah dan membantu mengobati flu, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, stroke hingga menurunkan tekanan darah.

Meskipun lemon tidak termasuk jeruk yang memiliki kandungan vitamin C tertinggi, tetapi Anda bisa memperoleh cukup banyak vitamin C dari buah ini. Jus yang diperas dari 1 buah lemon mengandung setidaknya 18,6 miligram vitamin C.

2. Mencegah Batu Ginjal

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum air lemon dapat membantu mengobati batu ginjal. Batu ginjal merupakan penumpukan mineral di dalam ginjal yang terdiri dari kalsium oksat. Dalam pengobatan batu ginjal, senyawa sitrat adalah yang paling banyak digunakan.

Dengan meningkatkan jumlah sitrat di dalam tubuh, ikatan kalsium dengan senyawa lain dapat diputuskan. Pada akhirnya ini akan mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal.

Kadar asam sitrat di dalam buah lemon cukup tinggi. Banyak penelitian menunjukkan bahwa buah jeruk (termasuk lemon) bisa membantu meningkatkan kadar asam sitrat dalam urin sehingga akan membantu penderita batu ginjal untuk sembuh.

3. Meningkatkan Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Vitamin C merupakan salah satu bahan atau kandungan yang sering ditambahkan ke dalam kosmetik karena mampu membantu mengurangi kerutan, mengatasi kulit kering karena penuaan hingga mengobati kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

Meminum minuman yang berasal dari buah jeruk (termasuk lemon) juga bisa membantu Anda mengatasi masalah-masalah tersebut. Namun, sejauh ini penelitian hanya dilakukan uji coba pada hewan dan lab, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian tentang efek meminum air lemon dan kesehatan kulit.

4. Melancarkan Proses Pencernaan

Asam adalah zat yang membantu memecah makanan. Karena itulah kita punya banyak zat asam di dalam lambung. Seiring bertambahnya usia, asam lambung kita ikut menurun. Konsumsi air lemon hangat di pagi hari dipercaya bisa memperbaiki kondisi ini.

Baca Juga : Skincare Vitamin C & Niacinamide : Bolehkah Digunakan Bersamaan?

Efek Samping Air Lemon

Air lemon hangat umumnya aman untuk diminum, tetapi ada beberapa potensi efek samping yang harus diwaspadai.

Lemon mengandung asam sitrat yang tinggi sehingga dapat mengikis enamel gigi. Untuk membatasi risikonya, minumlah air lemon melalui sedotan, dan berkumurlah dengan air biasa setelah meminumnya.

Hindari juga menyikat gigi langsung setelah minum air lemon, karena email gigi mungkin masih dalam keadaan asam dan lunak. Jadi, bagi Anda yang suka minum air lemon di pagi hari, sebaiknya sikat gigi sebelum sarapan.

Selain itu, kandungan asam sitrat dalam lemon juga dapat menyebabkan mulas atau nyeri ulu hati pada sebagian orang. Karena itu, hindari minum air lemon hangat sebelum makan dan hentikan segera jika Anda merasakan nyeri ulu hati atau mulas setelah minum air lemon.

Meskipun vitamin C sering kali dipercaya dapat meningkatkan jumlah produksi urin, tetapi bukti tidak menunjukkan bahwa vitamin C dari sumber alami seperti lemon memiliki efek tersebut.

Itulah beberapa manfaat minum air lemon hangat di pagi hari. Agar rasanya semakin sedap, Anda bisa menambahkan daun mint, madu, sirup maple, jahe hingga mencampurkan bubuk kayu manis ke dalamnya sesuai selera.

Baca Juga : 6 Manfaat Air Putih Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari

 

Sumber

Cleveland clinic (2020). 7 Reasons to Start Your Day With Lemon Water. health.clevelandclinic.org
Healthline (2019). 7 Ways Your Body Benefits from Lemon Water. www.healthline.com
Health Essential (2020). 7 Reasons to Start Your Day With Lemon Water. www.health.clavelandclinic.org
Live Strong (2018). Benefits of Lemon Water. www.livestrong.com
Medical News Today (2020). Benefits of Drinking Lemon Water. www.medicalnewstoday.com
National Center for Biotechnology Information (2019). Beneficial Effects of Citrus Flavonoids on Cardiovascular and Metabolic Health. www.ncbi.nlm.nih.gov