Mana yang Lebih Baik? Olahraga Siang Vs Malam

Image: zonefitness.co.za

Banyak orang berdebat soal waktu olahraga yang paling baik. Masing-masing orang punya klaim tersendiri atas waktu olahraga favoritnya.

Berdasarkan pernyataan para ahli, ternyata waktu terbaik berolahraga bagi setiap orang seringkali berbeda. Dibandingkan pemilihan waktu, olahraga yang rutin dan konsisten jauh lebih baik.

Olahraga siang vs malam

Konsisten Lebih Baik

Baik siang maupun malam, yang namanya olahraga sudah pasti baik untuk tubuh. Kenyamanan berolahraga pun subjektif, tergantung preferensi masing-masing orang. Hal yang terpenting adalah anda dapat berolahraga secara rutin.

Sebelum putuskan akan rutin berolahraga, pertimbangkan waktu, aktivitas, serta kenyamanan anda.

Misalnya pilih olahraga malam, jika pada pagi hari anda sering terburu-buru mengejar deadline. Olahraga malam hari bisa jadi sarana pelepas stres dan penat setelah seharian bekerja.

Sedangkan bagi anda yang suka lembur atau nongkrong hingga malam, olahraga pagi bisa jadi pilihan yang tepat. Olahraga pagi pun buat tubuh dan pikiran lebih segar setelah semalaman berpesta atau bekerja. Waktu

Ritme Waktu Tubuh

Setiap orang punya ritme tubuh yang berbeda. Ada yang sanggup beraktivitas malam hari, ada pula yang hanya bisa beraktivitas pagi hari.

Ritme tubuh sendiri merupakan alarm waktu kerja tubuh yang mengatur tekanan darah, suhu tubuh, dan kadar hormon. Oleh sebab itu, analisis ritme tubuh anda sebelum memutuskan waktu olahraga.

Bila bingung, coba saja berolahraga pagi seminggu, kemudian olahraga malam seminggu. Bandingkan efek keduanya terhadap tubuh. Pilih waktu yang paling nyaman sesuai ritme tubuh dan kegiatan anda.

Manfaat olahraga pagi

Setiap waktu olahraga punya manfaat sendiri, baik pagi maupun malam. Berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga pagi.

Perasaan Tenang

Masa depan tidak bisa diprediksi, bisa saja rencana berubah karena suatu hal. Misalnya anda sudah berniat akan ke gym saat malam hari. Namun tiba-tiba pekerjaan numpuk dan terpaksa lembur. Akhirnya rencana ke gym pun batal.

Hal itu tidak akan terjadi jika anda olahraga di pagi hari. Sebab, anda sudah berolahraga sebelum beraktivitas. Perasaan bersalah karena tidak jadi olahraga pun bisa dihindari

Lebih Konsisten

Berdasarkan penelitian, orang yang berolahraga di pagi hari cenderung lebih konsisten dan sering dibanding orang yang berolahraga sore atau malam hari.

Olahraga yang konsisten dapat turunkan resiko terkena penyakit degeneratif serta membuat tubuh lebih fit. Sebagai tips, lakukan pemanasan sebelum berolahraga pagi karena suhu tubuh masih rendah.

Membakar Lemak Tubuh lebih Banyak

Berdasarkan penelitian Universitas Chicago, olahraga dengan perut kosong akan bakar lemak tubuh 20% lebih banyak.

Oleh karena itu, olahraga pagi hari sebelum makan akan lebih berdampak bagi anda yang ingin diet dibanding olahraga di waktu lain.

Manfaat olahraga malam

Olahraga malam juga punya kelebihan tersendiri, berikut ini adalah beberapa contohnya.

Menghalau insomnia

Hormon serotonin memiliki banyak fungsi, salah satunya untuk atur rasa ngantuk dan suasana hati. Pada penderita insomnia, kadar serotonin terbilang rendah. Efeknya, penderita mudah terbangun tiba-tiba dan sulit tidur.

Beruntungnya, olahraga dapat bantu tingkatkan kadar serotonin otak secara tidak langsung. Hasilnya, penderita jadi mudah mengantuk dan tidur lebih pulas.

Melepas Stress

Stres dengan aktivitas di pagi hari? Anti harus coba olahraga malam hari.

Rasa cemas berlebihan dan stres pagi hari bisa dilenyapkan dengan olahraga malam. Dengan anda olahraga, tubuh melepaskan hormon beta-endorphin. Hormon ini memicu rasa senang dan rileks pada tubuh. Kualitas tidur, kepercayaan diri, dan anti-depresi pun meningkat dengan olahraga sedang-berat secara rutin.

Olahraga Lebih Intens

Penelitian di Universitas Chicago tunjukan bahwa orang yang berolahraga malam cenderung lebih intens. Hal ini disebabkan mereka lebih ‘total’ dalam melaksanakan olahraga malam.

Berdasarkan metabolisme, sintesis protein mencapai puncak saat malam hari. Sehingga jenis olahraga yang mengandalkan kekuatan seperti angkat beban akan lebih optimal.

Pada akhirnya, semua jenis maupun waktu olahraga itu baik. Tergantung kesiapan diri untuk konsisten menjalankan. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber:

There is A Big Difference Between Working Out in The Morning and At Night. 2015. https://www.elitedaily.com/life
What is The Best Time to Exercise? 2017. https://www.webmd.com/fitness-exercise
When is The Best Time to Exercise? 2017. https://www.active.com/fitness
Should I Work out in The Morning or The Evening? 2018. https://www.menshealth.com/uk/building-muscle