Makanan yang Pantang Dimakan Penderita Asam Urat

Image: arthitis.org

Radang sendi atau biasa disebut “asam urat” adalah kondisi dimana kadar asam urat dalam darah sangat tinggi. Asam urat tersebut mengkristal di celah sendi dan akibatkan rasa sakit yang luar biasa.

Salah satu penyebab kadar asam urat meningkat adalah konsumsi makanan tinggi purin. Oleh karena itu, penderita asam urat wajib mengatur jenis makanan mereka. Lalu, apa saja makanan tersebut?

1. Minuman Beralkohol

Penelitian menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi bir dan minuman beralkohol lainnya beresiko 60-200% lebih tinggi untuk terserang asam urat. Hal ini dikarenakan bir maupun minuman beralkohol lainnya mengandung purin sedang hingga tinggi.

Meskipun begitu, sejatinya minuman beralkohol kurang baik untuk kesehatan. Jadi baik penderita asam urat maupun bukan, penting untuk batasi konsumsi alkohol.

2. Daging

Sebenarnya kadar purin dalam daging masih tergolong sedang. Tapi kalau dikonsumsi berlebihan tentu akan tingkatkan kadar purin anda.

Sebaiknya hindari daging tinggi lemak seperti daging babi dan kambing. Pilih daging tanpa lemak dan batasi hanya 170 gram/hari saja.

3. Jeroan

Semua jenis jeroan dari lauk hewani apapun sebaiknya dihindari, baik jantung, otak, usus, maupun hati. Jenis makanan ini mengandung purin tertinggi dibandingkan yang lainnya.

4. Seafood

Kandungan purin makanan laut tergolong sedang. Hanya saja terdapat beberapa jenis seafood yang perlu dihindari yaitu udang, lobster, kerang, kepiting teri, dan ikan sarden. Hal itu disebabkan jenis seafood tersebut mengandung purin yang cukup tinggi.

Namun jangan sampai antipati dengan jenis ikan lainnya. Ikan mengandung zat gizi yang bagus untuk tubuh anda. Hanya saja perlu ketelitian untuk memilihnya.

5. Minuman & Makanan Tinggi Gula

Walau tidak tinggi purin, makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi (baik fruktosa maupun glukosa) sebaiknya dihindari. Contohnya adalah jus (yang ditambah gula), es krim, permen, dan cola.

Makanan tersebut tidak menaikkan kadar purin secara langsung, melainkan meningkatkan beberapa proses seluler tubuh.

Penelitian menyebutkan orang yang mengonsumsi fruktosa beresiko 62% lebih tinggi untuk terserang gout.

6. Sayuran

Beberapa sayuran seperti bayam, kembang kol, asparagus, toge, kacang polong, dan jamur mengandung purin yang cukup tinggi. Namun, menurut penelitian, mengonsumsi sayuran berpurin tidak menyebabkan serangan asam urat.

Hanya saja sebagai penderita, anda perlu mencegah resiko dengan membatasi konsumsi beberapa sayuran tersebut.

Setelah paham, sebaiknya daftar pantangan di atas benar-benar dipraktekkan, ya! Jangan lupa melakukan penurunan berat badan jika anda obesitas. Sebab, orang dengan berat badan berlebih beresiko terserang asam urat.

 

Sumber:
Is There a Diet to Curb Gout Flare-ups? 2017. www.webmd.com
Best Diet for Gout: What to Eat, What to Avoid. 2017. www.healthline.com
Gout Diet: What’s Allowed, What’s Not. 2017. www.mayoclinic.org
Beer, SPirits Increase Gout Risk. 2004. www.webmd.com