6 Makanan Sehat untuk Penderita Asam Lambung

Image : Everydayhealth.com

Penulis : Dina R | Editor : Niahappy

Apakah Anda penderita asam lambung? Jika iya, tentu sering kali Anda merasa bingung dalam memilih makanan. Saat salah memilih makanan, dan menyebabkan asam lambung meningkat Anda akan merasakan berbagai keluhan seperti halnya mulas, sakit tenggorokan, kembung atau perut terbakar. Aktivitas Anda pun menjadi terganggu bukan?

Asam lambung sering kali disebabkan oleh pola makan tidak teratur, dan sering mengonsumsi makanan yang asam atau pedas. Makanan tertentu pun dapat memicu naiknya asam lambung. Jadi, para penderita asam lambung tidak dapat mengonsumsi makanan dengan sembarangan.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi penderita asam lambung untuk memilih makanan yang tepat. Anda harus memperhatikan makanan yang Anda konsumsi agar terhindar dari naiknya asam lambung. Berikut 6 makanan sehat untuk penderita asam lambung:

Baca Juga : Tips Diet Aman bagi Penderita Maag

1. Sayuran

Secara alami, sayuran merupakan makanan yang kaya serat, dan rendah lemak sehingga dapat mengurangi asam lambung, dan menyehatkan sistem pencernaan. Nah, adapun sayuran yang baik bagi penderita asam lambung yaitu, kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran berdaun hijau, kentang, dan mentimun. Sayuran-sayuran tersebut memiliki tingkat asam yang rendah sehingga Anda dapat terhindar dari asam lambung yang meningkat.

2. Jahe

Tak hanya dapat menghangatkan tubuh, jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi alami sehingga dapat menenangkan, dan mengurangi asam lambung. Selain itu, jahe juga dipercaya sebagai pengobatan alami untuk mulas, dan masalah pencernaan lainnya. Anda dapat menambahkan parutan atau irisan jahe ke dalam air hangat untuk diminum atau Anda juga dapat meminum teh jahe yang rasanya tak kalah enak, dan menyehatkan.

3. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan olahan gandum utuh yang menyehatkan. Oatmeal mengandung banyak serat yang mudah dicerna oleh tubuh, lho! Serat tersebut dapat menyerap asam di lambung, dan mengurangi gejala asam lambung. Selain itu, oatmeal juga mampu membuat Anda kenyang lebih lama. Anda dapat membeli oatmeal di toko-toko, dan menuangkannya dalam mangkuk yang diberi susu non-lemak atau rendah lemak. Tak hanya enak dan mengenyangkan, oatmeal juga sehat bagi Anda.

4. Daging Tanpa Lemak dan Makanan Laut

Penderita asam lambung tidak disarankan mengonsumsi makanan yang berlemak, dan berminyak. Bila ingin mengonsumsi daging, sebaiknya konsumsilah daging rendah lemak, seperti ayam dan kalkun. Selain itu, Anda pun dapat mengonsumsi makanan laut seperti ikan tuna, ikan salmon, dan ikan sarden. Ikan-ikan tersebut mengandung vitamin B, terutama B2 dan B6 yang dapat menekan produksi asam lambung. Masaklah dengan cara dipanggang atau direbus. Jadi, Anda pun tetap dapat mengonsumsi daging atau makanan laut yang enak dengan risiko terkena asam lambung yang rendah.

5. Pisang

Pisang adalah buah alkali dengan tingkat pH 5,6 yang dapat mencegah dan mengurangi gejala asam lambung, seperti sensasi perut terbakar atau mulas. Pisang juga mengandung banyak kalium yang dapat membantu menetralkan asam lambung yang berlebihan. Semua pisang baik untuk dikonsumsi penderita asam lambung. Akan tetapi, pilihlah pisang yang sudah cukup matang untuk menghindari rasa asam yang justru dapat meningkatkan asam lambung Anda. Jangan pula makan pisang secara berlebihan ya!

6. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral. Selain digunakan sebagai perawatan kecantikan, lidah buaya juga dipercaya sebagai penyembuh alami yang dapat mengobati asam lambung. Anda tidak usah ragu untuk mengonsumsi lidah buaya karena lidah buaya aman untuk dikonsumsi. Adapun olahan lidah buaya yang dapat Anda konsumsi yaitu, es lidah buaya, nata de aloevera, puding lidah buaya, manisan lidah buaya, dan salad lidah buaya. Bila Anda ingin membuatnya sendiri, terdapat banyak resep mudah di internet yang dapat Anda coba.

Sebetulnya, masih terdapat makanan-makanan sehat lain untuk penderita asam lambung, seperti roti gandum, wortel, kunyit, mangga, semangka, apel, madu, alpukat, blewah, melon, dan sebagainya.

Akan tetapi, Anda tetap perlu memperhatikan apakah makanan tersebut betul-betul efektif mengurangi atau menghilangkan gejala asam lambung Anda ataukah tidak? Bila memperparah keadaan, sebaiknya Anda hentikan untuk mengonsumsi makanan tersebut.

Tak hanya memperhatikan asupan makanan, Anda juga harus memperhatikan pola makan Anda. Makanlah secara teratur agar terhindar dari naiknya asam lambung. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, dan jangan lupa untuk selalu melakukan gaya hidup sehat ya!

Baca Juga : Perut Terasa Mulas Setelah Minum Kopi

Sumber:
Healthline. (2019). 7 Foods to Help Your Acid Reflux. www.healthline.com
Medical News Today. (2018). GERD Diet: Foods to eat and avoid. www.medicalnewstoday.com
Prevention. (2017). 7 Best Foods and Drinks to Fight Your Acid Reflux.
Care2. (2019). 6 Foods that Help with Acid Reflux. www.care2.com