9 Tips Mengonsumsi Makanan untuk Kesehatan Jantung

9 Tips Mengonsumsi Makanan untuk Kesehatan Jantung

Penulis: Yerizya | Editor: Handa

Jantung berperan penting dalam tubuh manusia, salah satunya adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Jika aliran darah ke jantung mengalami penyumbatan, maka dapat berakibat fatal dan menyebabkan kematian. Oleh sebab itu, jantung menjadi organ vital yang harus dijaga kesehatannya.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya yaitu menutrisi tubuh dengan makanan sehat. Lantas, makanan apa sajakah yang bisa menjaga kesehatan jantung Anda?

1. Mengonsumsi Ikan

Ikan laut, seperti salmon, mackerel, sarden, dan tuna merupakan salah satu sumber makanan kaya akan asam lemak omega-3 yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung kerana dapat mengurangi kadar trigliserida.

Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang ditemukan di dalam darah. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan untuk mendapatkan dosis harian asam lemak omega-3 apabila Anda memiliki alergi dengan makanan laut.

2. Mengonsumsi Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kangkung, dan sawi hijau dikenal sebagai sumber vitamin K, mineral, dan antioksidan. Vitamin K pada sayuran hijau berfungsi melindungi arteri dari plak-plak yang menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah.

Selain itu, sayuran berdaun hijau mengandung nitrat yang berfungsi untuk mengurangi tekanan darah, kekakuan arteri, serta meningkatkan sel-sel yang melapisi pembuluh darah.

3. Mengonsumsi Gandum Utuh

Gandum utuh merupakan biji-bijian yang kaya akan serat dan berfungsi untuk menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Salah satu penyebab penyakit jantung adalah kadar LDL di dalam tubuh yang sangat tinggi sehingga menyumbat arteri.

Dilansir dari Healthline, dengan mencampurkan biji-bijian ke dalam menu makanan Anda dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengonsumsi gandum untuk mencegah terserang penyakit jantung.

Baca Juga :  7 Tips Pencegahan Penyakit Jantung

4. Konsumsi Buah-buahan

Antioksidan yang terkandung dalam buah berry, seperti stroberi, blueberry, dan blackberry dapat mencegah peradangan yang berkontribusi terhadap penyakit jantung. Dilansir dari Healthline, mengonsumsi blueberry setiap hari dapat meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah yang membantu mengontrol tekanan darah dan pembekuan darah.

Selain itu, mengonsumsi alpukat juga bisa menjadi salah satu tips untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Pasalnya, buah alpukat kaya akan kalium yaitu salah satu sumber mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dan baik untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Konsumsi Kacang-kacangan

Kacang mengandung pati resisten (pati yang tidak tercerna dalam saluran sistem pencernaan) yang tahan pencernaan dan difermentasi oleh bakteri baik dalam usus. Dilansir dari Healthline, pati resisten dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol dalam darah.

Salah satu kacang yang paling bergizi adalah kacang kenari. Hal ini karena kacang kenari merupakan sumber serat dan mikronutrien yang bagus, seperti magnesium, tembaga, dan mangan dapat membantu menurunkan kadar LDL.

Selain kacang kenari, Anda juga dapat mengonsumsi almond untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti lemak tak jenuh tunggal dan serat, menjadi nutrisi untuk melindungi Anda dari penyakit jantung.

6. Mengonsumsi Coklat Hitam

Sejenak, mungkin Anda berpikir bahwa mengonsumsi coklat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini mungkin saja benar jika yang Anda mengonsumsi coklat susu atau coklat putih.

Berbeda dengan coklat susu, coklat hitam justru mengandung flavonoid, vitamin, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat menurunkan kadar LDL dalam tubuh Anda, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga : Kolesterol Tinggi Pemicu Stroke dan Serangan Jantung

7. Mengonsumsi Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Pasalnya, tomat mengandung likopen, yaitu pigmen tumbuhan alami dengan antioksidan yang kuat.

Antioksidan tersebut membantu menetralkan radikal bebas berbahaya dan mencegah kerusakan oksidatif dan peradangan yang berkontribusi pada penyakit jantung. Jika kadar likopen dalam tubuh Anda rendah, maka dapat berisiko terhadap penyakit jantung dan store.

8. Hindari Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Salah satu penyebab penyakit jantung berasal dari asupan nutrisi makanan yang tidak sehat, seperti lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Sumber lemak jenuh inilah yang menyebabkan pembuluh darah Anda tersumbat, sehingga menyebabkan penyakit jantung.

Oleh sebab itu, Anda perlu menghindari beberapa makanan yang mengandung lemak jenuh seperti, daging merah, kulit ayam, gorengan, roti, keju, margarin, serta susu yang kaya akan lemak.

9. Mengonsumsi Green Tea

Dilansir dari Healthline, mengonsumsi teh hijau selama tiga bulan, dapat mengurangi tekanan darah, trigliserida, LDL, dan kolesterol total. Untuk itu, tidak ada salahnya mengonsumsi suplemen teh hijau untuk menyehatkan jantung Anda. Walau demikian, perhatikan juga gula yang Anda campurkan ke dalamnya.

Selain mengonsumsi makanan yang direkomendasikan di atas, Anda juga perlu melakukan olahraga secara rutin dan perhatikan juga porsi makan untuk menghindari zat berlebihan yang dapat memicu penyakit jantung.

Baca Juga : Jantung Koroner: Ketahui Penyebab dan Gejalanya

Sumber


Healthline. 2018. 15 Incredibly Heart-Healthy Foods. www.healthline.com
Heart. The American Association Diet and Lifestyle Recommendations. www.heart.org
MayoClinic. 2019. Heart-Healthy diet: 8 Steps to Prevent Heart Disease. www.mayoclinic.org
Medical News Today. What are the Best Foods for Heart Health. www.medicalnewstoday.com
WebMD. 2019. Delicious Foods That Are Heart-Healthy. www.webmd.com

 



Add Your Comment