11 Manfaat Buah Zuriat untuk Kesuburan dan Kesehatan Tubuh

11 Manfaat Buah Zuriat untuk Kesuburan dan Kesehatan Tubuh

Penulis: Lely | Editor: Handa

Buah zuriat atau biasa disebut dengan buah doum memiliki nama latin Hyphaene thebaica. Buah ini juga dikenal sebagai pohon palem Afrika dengan habitat asli ada di Mesir Hulu. Buah zuriat berbentuk bulat ini memiliki warna oranye yang biasanya disamakan dengan jahe.

Buah zuriat memiliki banyak khasiat serta mengandung nutrisi yang tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Biasanya dapat dikonsumsi saat mentah atau diekstrak kemudian diminum airnya untuk mendapatkan manfaat antioksidan yang baik bagi tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah zuriat untuk kesuburan dan kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Kesuburan

Belum ada penelitian secara jelas yang menyatakan bahwa buah zuriat efektif dalam menyuburkan kandungan. Namun, buah ini diketahui mengandung antioksidan. mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung antioksidan baik untuk regenerasi sel reproduksi Anda.

Pasalnya, oksigen reaktif akan dihilangkan dengan senyawa antioksidan. Ketika Anda mengalami stres, tubuh akan menghasilkan oksigen reaktif tingkat tinggi. Hal ini dapat merusak sel termasuk sel telur dan sperma yang penting untuk reproduksi.

Mengurangi stres dalam tubuh dapat meningkatkan kesehatan reproduksi dan dapat meningkatkan peluang proses kehamilan Anda. Selain memiliki kandungan yang baik untuk menunjang kesehatan reproduksi, peneliti juga menemukan manfaat lain dari buah zuriat untuk kesehatan.

2. Melawan Radikal Bebas

Kandungan buah zuriat yang kaya akan antioksidan dan nitrogen reaktif sangat baik untuk melawan radikal bebas. Jika mengetahui radikal bebas sendiri sangat berbahaya bagi kesehatan karena bisa menyebabkan penyakit kanker.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain melawan radikal bebas, buah ini juga bisa Anda gunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa mengunyah saat masih mentah. Namun, ketika sudah matang, Anda bisa menghaluskannya terlebih dahulu karena mengeras sehingga sulit dimakan.

4. Mencegah Diabetes dan Komplikasinya

Buah zuriat dipercaya dapat menstabilkan dan mencegah peningkatan kadar gula darah. Tidak hanya itu, buah ini juga dipercaya mampu mencegah komplikasi akibat diabetes, seperti nefropati diabetik, yang disebabkan oleh kontrol gula darah yang buruk pada tipe 1 dan 2.

Baca Juga : Waspada Diabetes Serang Pekerja Kantoran? Simak Cara Mencegahnya

5. Mencegah Penuaan Dini

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kandungan buah zuriat juga akan memberikan efek kesehatan yang baik untuk kulit Anda, terutama wajah. Dengan begitu, Anda akan terlihat lebih awet muda, karena buah zuriat dapat mencegah penuaan dini.

6. Mengurangi Stres

Buah zuriat ini sangat bermanfaat sekali untuk untuk mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas. Hal ini karena buah zuriat memiliki kandungan fitokimia antioksidan yang sangat banyak, seperti coumarin, flavonoid, hidroksinamat dan komponen lignin.

7. Membantu Sistem Pencernaan

Kandungan lainnya dari buah zuriat ini adalah serat yang tinggi hingga 22 persen. Oleh karenanya, buah ini bisa diandalkan sebagai salah satu sumber serat harian bagi Anda dan keluarga untuk membantu melancarkan pencernaan.

8. Mencegah Osteoporosis

Kandungan kalsium di dalam buah zuriat ini dapat membantu Anda mencegah osteoporosis. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi buah zuriat secara rutin.

Baca Juga : 10 Manfaat Buat Bit untuk Kesehatan

9. Mencegah Kanker

Tingginya kandungan antioksidan, buah zuriat dapat diguankan untuk mencegah penyakit kanker, yaitu salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Oleh sebab itu, sebelum hal ini terjadi, sebaiknya Anda memiliki hidup sehat dan mengonsumsi dengan antioksidan yang tinggi, seperti buah zuriat.

10. Mengatasi Peradangan

Khasiat buah zuriat lainnya bisa digunakan untuk mengobati peradangan. Kandungan anti-inflamasi di dalam buah zuriat ini bisa membantu Anda dalam mengobati luka atau infeksi yang dialami.

11. Menjaga Kesehatan Hati

Selain beberapa manfaat yang telah dipaparkan di atas, buah zuriat juga dianggap berkhasiat untuk menjaga kesehatan hati dan ginjal. Hal ini karena kandungan mineral fosfor dan kalium yang tinggi di dalamnya dapat mencegah hipertensi dan anemia, serta mengatasi hematuria (kencing berdarah).

Baca Juga : 9 Makanan Terbaik untuk Mengatasi Sembelit

Sumber


Steemit. 2018. Hyphaene thebaica | Doum Palm | Buah Zuriat. www.steemit.com
len-med.com. 2019. Really Fruit Zuriat Can Make Pregnant Fast?. www.eng.len-med.com
Window World.com. 2020. Does Zuriat Fruit Get Pregnant Fast?. www.windowofworld.com
Yes Health Article. 2017. What the Fruit Zuriat And What Its Worth. www.yeshealtharticle.blogspot.com