Inilah Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus Diketahui

Inilah Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus Diketahui

Penulis: Susi | Editor: Opie

Apakah Anda melihat sebuah jerawat baru muncul di wajah setiap kali Anda mengonsumsi burger? Atau, pernahkah Anda memperhatikan sebanyak apa asupan makanan yang digoreng dalam satu hari? Jika jawaban Anda “Iya”, mungkin artikel ini dapat membantu mengatasi masalah jerawat Anda.

Jerawat merupakan permasalahan kulit yang biasa dialami oleh hampir 10% manusia di dunia. Umumnya, jerawat ada sebagai akibat tersumbatnya pori-pori di kulit. Penyebab pori-pori tersumbat antara lain karena adanya sel kulit mati, minyak (sebum) yang berlebih, peradangan dan bakteri.

Namun, beberapa penelitian mengungkapkan ada jenis-jenis makanan yang menjadi penyebab naiknya produksi minyak (sebum) dan perubahan kadar hormon insulin dan insuline-like growth factor 1 (IGF-1) dalam tubuh.

Baca Juga: Cara Efektif Mengobati Jerawat Batu

Makanan Penyebab Jerawat

Walaupun di luar sana banyak pengobatan yang bisa mengatasi masalah jerawat Anda, tetapi tidak ada salahnya untuk mencegah terlebih dahulu sebelum masalah jerawat terjadi.

Agar tidak memperburuk kondisi jerawat pada wajah Anda, sebaiknya kurangi jumlah asupan terhadap jenis-jenis makanan penyebab jerawat berikut ini:

1. Makanan dan Minuman Tinggi Gula

Dilansir dari Harvard Health Publishing, makanan karbohidrat olahan mengandung glikemik indeks yang lebih tinggi. Glikemik Indeks yang tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah, sehingga meningkatkan peradangan, membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak, menyumbat pori-pori dan pada akhirnya, akan memicu timbulnya jerawat.

Makanan karbohidrat olahan dan minuman tinggi gula yang dapat Anda hindari di antaranya:

  • Roti, biskuit, sereal, atau makanan penutup yang terbuat dari tepung putih
  • Pasta yang terbuat dari tepung putih
  • Nasi putih dan mie yang terbuat dari beras
  • Soda, milkshake dan minuman manis lainnya
  • Pemanis tambahan

2. Makanan Cepat Saji

Makan makanan gaya Barat, dalam hal ini yang cepat saji, sangat berkaitan erat dengan masalah timbulnya jerawat. Sebab, makanan cepat saji cenderung mengandung lemak, tinggi kalori dan karbohidrat olahan.

Makanan cepat saji yang bisa kita jumpai, seperti burger, pizza, nuget dan kentang goreng lebih beresiko akan kemungkinan masalah jerawat.

Memakan makanan ini secara teratur dapat mengubah hormon dan meningkatkan resiko jerawat sebesar 17%.

3. Cokelat

Meskipun belum ada penelitian yang dengan jelas menyatakan coklat menjadi pemicu timbulnya jerawat, namun cokelat dan jerawat kerap kali dikaitkan. Sebab, cokelat olahan diketahui mengandung susu dan tambahan gula.

Sebuah studi terbaru melaporkan bahwa pria yang memakan 25 gram coklat setiap hari mengalami peningkatan jumlah jerawat selama kurun waktu dua minggu.

4. Produk Susu

Susu merupakan salah satu minuman yang menjadi konsumsi harian. Di balik kandungan manfaat yang ada, ternyata susu turut menjadi faktor pemicu timbulnya jerawat.

Sebuah studi yang dirilis oleh jurnal Nutrients, melaporkan bahwa mengonsumsi susu sapi dan produk olahannya, seperti keju dan yogurt, memiliki peluang sebesar 25% lebih besar terkena jerawat.

Jika Anda ingin mengonsumsi susu, sebaiknya perhatikan jumlah asupannya dan bisa juga memilih alternatif lain seperti susu kedelai dan almond.

5. Makanan Tinggi Lemak Omega 6

Makanan yang tinggi akan lemak omega 6 antara lain minyak kedelai dan jagung.

Kecenderungan mengonsumsi makanan lebih banyak omega 6 dibandingkan omega 3 dapat mengakibatkan ketidakseimbangan hormon tubuh. Akibatnya, akan menyebabkan peradangan dan memicu jerawat.

Anda dapat mengimbangi asupan omega 3 dengan mengonsumsi ikan salmon, ikan sarden, chia seeds, flaxseed dan kacang kenari.

Baca Juga: Beberapa Kebiasaan Ini Membuat Jerawat Subur

6. Whey Protein

Whey protein merupakan jenis protein yang populer dalam pembuatan suplemen makanan.

Protein ini kaya akan asam amino leusin dan glutamin. Asam amino ini membuat sel-sel kulit tumbuh dan membelah diri lebih cepat, efeknya adalah pembentukan jerawat.

Beberapa penelitian juga mengungkapkan hubungan antara konsumsi whey protein dan jerawat pada atlet pria.

7. Makanan Tertentu Dengan Reaksi Sensitif

Selain dari 6 jenis makanan yang disebutkan, ada beberapa makanan yang mungkin akan menyebabkan tubuh Anda merespon dengan reaksi sensitif.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh dianggap secara keliru sebagai sebuah ancaman. Akibatnya sistem kekebalan tubuh memberikan reaksi sensitif yang menyebabkan peradangan sehingga memperparah kondisi jerawat.

Anda dapat berkonsultasi dengan Ahli Gizi atau dokter untuk mengetahui makanan apa saja yang seharusnya dihindari untuk dikonsumsi.

Dari paparan di atas, telah jelas bahwa makanan memiliki pengaruh yang signifikan sebagai pemicu timbulnya jerawat. Oleh sebab itu, penting untuk selalu memperhatikan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. 

Baca Juga: Stres Picu Jerawat! Kenali Juga Tandanya

Sumber