5 Makanan untuk Bantu Hilangkan Wajah Berminyak

Image: 1zoom.me

Banyak orang yang coba menghilangkan kulit berminyak dengan perawatan wajah tertentu. Namun, tidak banyak orang tahu kalau makanan tertentu juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit.

Lalu makanan apa saja yang bisa cegah kulit berminyak? Simak penjelasannya di bawah ini , ya!

Baca Juga: Tips Perawatan Wajah Untuk Kulit berminyak

1. Sumber Vitamin C

Salah satu fungsi vitamin C adalah untuk menjaga kesehatan kulit dan produksi kolagen. Fungsi lainnya adalah sebagai anti antioksidan yang melawan radikal bebas.

Diketahui radikal bebas seperti asap knalpot atau sinar matahari bisa menyumbat pori-pori kulit dan sebabkan wajah berminyak sekaligus jerawat.

Untuk perempuan dianjurkan konsumsi 75 mg/hari sedangkan laki-laki sebanyak 90 mg/hari. Makanan sumber vitamin yang bisa dengan mudah anda temui sehari-hari adalah lemon, anggur, alpukat, brokoli dan kembang kol

2. Sumber Vitamin A

Sama seperti sebagian besar vitamin, vitamin A pun punya fungsi antioksidan untuk menjaga tubuh dari radikal bebas. Selain itu, vitamin A juga dapat kurangi produksi minyak dan bantu perbaiki jaringan kulit.

Kandungan vitamin A yang sering digunakan dalam krim wajah adalah retinoid. Sebab retinoid mampu kurangi pengeluaran minyak berlebih.

Dosis vitamin A yang direkomendasikan adalah 700 mcg/hari untuk wanita dan 900 mcg/hari untuk laki-laki. Vitamin A bisa anda temukan dalam sayuran berwarna hijau dan merah seperti wortel, tomat, kale, bayam, dan brokoli.

3. Sumber Asam Lemak Esensial

Agar tetap lembab dan sehat, kulit akan memproduksi sebum. Sebum merupakan zat minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak di bawah kulit.

Terkadang kulit memproduksi sebum terlalu banyak yang akhirnya menutup pori-pori. Efeknya, kulit pun jadi berminyak serta berjerawat.

Salah satu zat yang dapat mengontrol produksi sebum adalah asam lemak omega-3. Asam lemak ini juga bantu kontrol pengelupasan kulit, sehingga kulit bebas komedo dan pori-pori pun akhirnya tidak tersumbat.

Kebutuhan asam lemak omega-3 harian adalah 1000mg/hari. Anda pun dapat memperolehnya dari ikan laut seperti sarden, kembung, salmon. Tidak hanya itu, walnut, almond, dan alpukat pun punya kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi.

4. Sumber Zinc

Zinc adalah salah satu zat esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh. Sehingga kebutuhan zinc harus didapatkan dari makanan. Zinc punya fungsi antibakteri dan antiradang yang bagus untuk melindungi kulit.

Per harinya, tubuh memerlukan 40 mg zinc. Makanan sumber zinc diantaranya adalah pisang, gandum utuh, hati, daging merah, dan biji-bijian.

5. Air

Seperti yang telah dijelaskan, kulit akan memproduksi lebih banyak sebum saat merasa kering atau dehidrasi. Tujuannya agar tetap lembab dan tidak kering. Hal ini lah yang sebabkan kulit wajah berminyak dan kasar.

Dengan mencukupi kebutuhan konsumsi cairan 2 liter per hari, kelembaban kulit akan terjaga. Pori-pori yang tersumbat maupun jerawat pun bisa dihindari.

Baca Juga: Makanan yang Harus Dihindari oleh Kulit Berminyak

Kurangi minyak di wajah sebenarnya cukup mudah kalau sudah tahu sebabnya. Selain makanan, kebersihan diri serta aktivitas fisik juga pengaruhi kondisi kulit, lho. Mulai sekarang coba ubah kebiasaan makan jadi lebih baik, ya!

 

Sumber:
Can Vitamins Get Rid of Oily Skin? 2017. www.livestrong.com
Water Consumption & Oily Skin. 2017. www.livestrong.com
9 Foods to Help Support Oily Skin. 2018. www.avogel.co.uk
Food for Oily Skin: What to Eat and Avoid. 2018. www.stylecraze.com