Langkah Tepat Membersihkan Wajah untuk Kulit Berjerawat

Langkah Tepat Membersihkan Wajah untuk Kulit Berjerawat

Image : www.garnier.co.th
Kulit yang berjerawat memang sangat mengganggu. Bukan hanya para remaja yang berjuang melawan jerawat, bahkan orang dewasa juga tidak jarang memiliki masalah ini. Kebersihan pada kulit wajah yang mudah berjerawat memang perlu diperhatikan, karena rawan sekali dengan inflamasi atau peradangan. Dengan membersihkan kulit wajah secara tepat, inflamasi dapat diatasi. Namun, beda jenis kulit serta sensitifitasnya tentu juga mempengaruhi tipe pembersih wajah dan cara membersihkannya. Berikut langkah yang perlu diperhatikan dalam membersihkan wajah untuk kulit yang berjerawat.

1. Formula Zat Aktif

Cek label kandungan bahan pada produk, seperti salicylic acid atau benzoyl peroxide. Kedua bahan tersebut bekerja untuk melawan jerawat yang membandel, mencegah munculnya jerawat baru, dan membantu mengurangi inflamasi yang memerah. Salicylic acid adalah kandungan yang cukup terkenal untuk mengatasi jerawat. Kandungan ini membantu mengangkat sel-sel mati. Salicylic acid juga membersihkan sampai ke dalam pori-pori serta mengangkat minyak berlebih. Benzoyl peroxide merupakan anti bakteri, anti iritasi, keratolitik, anti komedo, dan anti inflamasi. Kandungan ini melepaskan radikal bebas yang mematikan bagi bakteri penyebab jerawat.

2. Kandungan Pelembab

Zat seperti salicylid acid dan benzoyl peroxide bersifat kering, sehingga kulit wajah membutuhkan agen pelembap supaya wajah tetap terjaga kelembapannya. Pelembap pada sabun pembersih muka yang baik untuk kulit berjerawat yaitu jenis humectant. Humectant bekerja sebagai agen untuk mengikat kelembapan ke dalam kulit, dengan cara menarik molekul-molekul air dari luar. Pilih kandungan pelembap humectant yang ringan seperti propylene glycol dan butylene glycol. Atau supaya lebih aman, pilih agen pelembab alami seperti inophyllum seed oil.

3. Tekstur Pembersih Wajah

Pembersih wajah terbaik untuk jerawat juga harus merawat kulit dengan lembut. Gunakan sabun wajah bertekstur gel yang terasa ringan dan lembut di wajah. Namun, mampu menghapus minyak, debu, mengangkat kulit mati dan tidak membuat wajah terasa kering.

4. Metode Double Cleansing

Untuk kulit berjerawat yang juga sering menggunakan makeup, tidak cukup hanya membersihkan wajah dengan mencuci wajah. Bersihkan sisa makeup dengan susu pembersih yang ringan untuk kulit sensitif. Kulit berjerawat artinya kulit tersebut memiliki sensitivitas berjerawat. Oleskan susu pembersih pada wajah kemudian pijat ringan menggunakan jari. Angkat dengan tisu wajah atau kapas sampai benar-benar bersih. Setelah itu baru cuci wajah dengan sabun wajah yang cocok untuk kulit anda. Susu pembersih akan mengangkat sisa makeup, kotoran, dan minyak pada kulit wajah. Sabun wajah pada langkah kedua akan mengangkat sisa susu pembersih, sisa kotoran, mengekfoliasi kulit wajah, serta menjaga kelembutan dan kelembapan kulit wajah. Metode double cleansing mampu memastikan kebersihan pada kulit wajah anda. Itulah langkah tepat untuk membersihkan wajah bagi kulit yang berjerawat. Ternyata memang tidak bisa asal-asalan saja dalam membersihkan wajah, ada bahan-bahan khusus dan juga cara perawatan tersendiri. Baca JugaPerawatan Wajah yang Wajib Dilakukan Setiap Hari  

Sumber : Caitlin McCormack. (2018). Best Face Washes for Acne. www.everydayhealth.com Clean and Clear. Kandungan dalam Produk Perawatan Wajah Berjerawat. www.cleanandclear.co.id Devina Ellora. (2018). 3 Komponen Penting dalam Moisturizer: Emollient, Occlusive, dan Humectant. www.journal.sociolla.com Paula’s Choice. Do You Need a Special Face Wash for Acne?. paulaschoice.com Pubchem. Benzoyl Peroxide. www.pubchem.ncbi.nlm.nih.gov The Body Shop. (2018). Cara Memilih Pembersih Wajah yang Tepat untuk Kulit Berjerawat. www.thebodyshop.co.id