Lakukan 9 Gerakan Yoga ini Untuk Mengecilkan Perut

Image: iloveqatar.net

Penulis: Gladiola | Editor: Niahappy

Kurang olahraga, kebiasaan makan makanan yang tidak sehat, serta stres menyebabkan pinggang menjadi lebih lebar, perut lembek dan tingkat masalah kesehatan yang lebih tinggi. Sulit untuk menyingkirkan lemak perut yang membandel. Terkadang, bahkan setelah mempertahankan gaya hidup sehat dan berolahraga setiap hari, lemak perut menolak untuk mengalah. Anda perlu beralih ke makanan sehat tanpa lemak dan berlatih yoga bersama dengan latihan Anda untuk mengurangi lemak perut dan mendapatkan perut rata.

Terdapat beberapa gerakan yoga yang akan membantu Anda mengurangi lemak perut dan mengendalikan tubuh Anda. Ini juga akan meningkatkan metabolisme Anda dan membantu Anda mempertahankan bagian tubuh. Yoga akan membantu menghilangkan stres dan meningkatkan fleksibilitas. Ini akan membuat otot perut Anda lebih efisien daripada latihan inti lainnya.

Baca Juga: 8 Olahraga yang Efektif untuk Mengecilkan Perut

1. Cat Cow Pose

Cat cow pose dianggap sebagai gerakan yoga efektif yang membantu mengencangkan otot perut. Pose ini tidak memerlukan banyak usaha karenanya, pose ini bagus untuk pemula Mulailah dengan menjadikan tangan dan lutut Anda sebagai tumpuan pada lantai atau matras. Setelah itu, pastikan tulang belakang lurus dan leher dalam posisi menghirup nafas. Lalu, jatuhkan perut ke bawah, dan angkat leher untuk melihat ke langit-langit. Saat Anda menundukkan kepala ke arah pusar, keluarkan napas dan cobalah untuk memutar leher ke belakang.

2. Cobra Pose

Image: gaia.com

Cobra pose adalah salah satu gerakan yoga yang fungsinya adalah untuk menguatkan dan meratakan perut. Pose ini akan membuat tulang punggung Anda kuat dan fleksibel. Lakukan gerakan ini dengan berbaring tengkurap dan letakkan dahi Anda dengan lembut di matras, serta letakkan tangan Anda di bawah bahu. Gunakan otot perut dan punggung untuk mengangkat tubuh dari lantai. Rentangkan leher sambil melihat langit-langit dan angkat pinggul sekitar 2-3 inci dari lantai.

3. Boat Pose

Image: popworkouts.com

Gerakan ini adalah salah satu gerakan yoga terbaik untuk mengurangi lemak perut. Mulailah dalam posisi duduk di matras dan mulailah mengangkat kaki lurus ke atas di udara. Pegang jari-jari kaki Anda dengan tangan sehingga tubuh Anda membentuk V. Cobalah untuk meluruskan kaki sebanyak yang Anda bisa untuk melakukan peregangan yang lebih baik. Gerakan yoga ini sangat berpengaruh terhadap daerah perut bagian bawah.

4. Bow Pose

Image: popsugar.com

Gerakan yoga lain yang akan membantu Anda mengurangi lemak pada perut adalah bow pose. Mulailah dengan menekuk lutut ke atas dan mengangkat paha dari tanah. Kemudian ambil pergelangan kaki dengan tangan Anda dan tarik kaki Anda ke arah dada. Tariklah kaki Anda, hingga dada dan kaki Anda tidak lagi menyentuh matras atau lantai. Ketika perut sudah dapat menahan serta menyeimbangkan tubuh, tahanlah untuk beberapa menit dan lakukan secara berulang.

5. Corpse pose

Image: popsugar.com

Corpse pose adalah gerakan yoga yang sangat efektif dan mudah dilakukan yang tidak hanya membuat tubuh Anda rileks, tetapi juga membantu mengurangi lemak perut. Lakukan gerakan ini dengan berbaring dalam posisi terlentang, jaga kaki pada posisi yang sejajar dan rentangkan. Tempatkan tangan untuk beristirahat di kedua sisi tubuh, telapak tangan menghadap ke tanah. Saat Anda menutup mata, tarik napas dalam-dalam.

6. Spinal Twist

Image: alrightnow.com

Gerakan ini dilakukan untuk mengendurkan otot-otot perut serta menghilangkan lemak ekstra yang ada pada perut. Berbaringlah di atas matras dan tarik lutut ke dada. Perlahan jatuhkan lutut Anda ke samping sambil menghembuskan napas dan putar kepala serta rentangkan tangan Anda ke sisi yang lain. Ulangi proses yang sama di sisi lain. Ini akan membuat perut Anda lebih ramping dalam beberapa hari.

7. Apanasana

Image: yogajournal.com

Gerakan yoga yang dapat dikatakan luar biasa memakan energi ini dapat membantu Anda merasa lebih langsing dan dapat menghilangkan lemak dari perut dan punggung bagian bawah. Caranya adalah dengan berbaring di atas tikar dan tarik napas. Sembari menghembuskan napas, tarik lutut Anda ke dada. Tahan posisi tersebut selama sekitar 15 detik dan perlahan-lahan gerakkan lutut Anda dari sisi ke sisi untuk memaksimalkan peregangan.

8. Tree Pose

Image: Yogajournal.com

Dikenal sebagai pose pohon, tree pose adalah pose sempurna untuk menghilangkan lemak pada perut. Pertama-tama, berdirilah di atas matras dengan kedua kaki saling menempel. Pindahkan berat badan Anda ke kaki kiri. Tarik lutut kanan ke dada, ambil pergelangan kaki, dan tekan bagian bawah kaki kanan ke paha kiri.

Jika Anda merasa goyah, letakkan tangan di pergelangan kaki saat ditekan ke paha. Jika Anda menemukan keseimbangan dengan sangat mudah, tekan kedua telapak tangan di depan dada. Kencangkan perut Anda dengan erat ke tulang belakang Anda, pastikan Anda masih bisa bernapas dengan mudah. Temukan titik fokus dan fokuskan pandangan Anda saat Anda menahan pose tersebut dan lakukan dengan menghitung 10 detik lalu tarik napas panjang dan dalam. Ulangi gerakan tersebut pada kaki lainnya.

9. Bridge Pose

Image : yogajournal.com

Selain membantu mengurangi lemak pada perut, manfaat lain dari gerakan ini adalah memperkuat otot punggung dan melancarkan pencernaan. Lakukan gerakan ini dengan berbaring telentang, tekuk kedua lutut, dan letakkan pinggul selebar kaki. Letakkan kepalan tangan Anda di bawah pinggul dan kaitkan jari Anda untuk mendapatkan menahan. Tekan kaki Anda ke lantai dan angkat pinggul Anda ke atas. Terus naik lebih tinggi, sambil menahannya dengan menggunakan lengan dan bahu Anda. Tahan posisi tersebut selama 5-8 napas, lalu perlahan turun ke lantai.

Baca Juga : 8 Camilan Sehat bagi Anda yang sedang Diet

Sumber:
Be Beautiful In. (2016). 5 Yoga Positions That Can Help You Reduce Belly Fat. www.bebeautiful.in
India. (2017). Best Yoga Poses For Flat Tummy: Practice These 5 Yoga Asanas To Reduce Belly Fat. www.india.com
On My Health. (2018). Top Yoga Poses To Reduce Belly Fat. www.onlymyhealth.com
Shape. (2015). The Best Yoga Poses For Flat ABS. www.shape.com
Stylecraze. (2019). 12 Simple Yoga Asanas To Reduce Belly Fat. www.stylecraze.com