Ketahui Warna Sperma, Arti, serta Penyebabnya

Ketahui Warna Sperma, Arti, serta Penyebabnya

Penulis: Fajar | Editor: Ratna

Tak selamanya warna sperma yang keluar dari alat kelamin laki-laki sama. Warna sperma bisa beragam dan mungkin mengindikasikan suatu kondisi kesehatan tertentu.

Meski normalnya warna sperma adalah abu-abu keputihan dengan tekstur kental seperti jeli, namun rupanya beberapa faktor bisa mengubah itu.

Warna sperma bisa dipengaruhi sejumlah faktor, seperti gen, diet yang sedang dijalani, atau mungkin kondisi kesehatan. Jika tidak terlalu signifikan, sebaiknya perubahan warna sperma tidak terlalu harus dikhawatirkan.

Air mani sendiri mengandung sejumlah zat seperti asam sitrat, asam fosfatase, kalsium, sodium, seng, kalium, enzim pemecah protein, dan fibrinolisin.

Baca Juga: Apakah Sperma Anda Sehat? Kenali Ciri-ciri Sperma Sehat!

Berikut sejumlah warna sperma dan kemungkinan kondisi yang tengah dialami seseorang:

Abu-abu Keputihan

Ini merupakan warna sperma normal dan yang paling umum dimiliki seseorang. Warna abu-abu keputihan merupakan warna normal yang tercipta dari perpaduan zat-zat yang terkandung pada air mani.

Hijau atau Kuning

Mungkin saja air mani seseorang bercampur dengan sisa urin, sehingga membuat cairan yang keluar menjadi kekuningan atau agak hijau. Kondisi tersebut dikenal dengan istilah retensi urin.

Hal ini umum terjadi jika seorang pria ejakulasi beberapa saat setelah dirinya buang air kecil. Namun, beberapa hal yang berkaitan dengan gangguan medis juga mungkin terjadi.

Salah satu gangguan yang bisa mempengaruhi warna air mani adalah infeksi saluran kemih. Atau bisa jadi air mani berwarna kekuningan adalah dampak dari penyakit kuning yang tengah diidap

Hal tersebut terjadi jika kulit atau bagian putih pada mata seseorang juga menjadi kuning. Jika mendapati diri dalam kondisi tersebut, segeralah konsultasikan pada dokter.

Warna hijau atau kuning pada air mani bisa juga menandakan kandungan makanan tertentu yang dikonsumsi seseorang. Makanan dengan kandungan zat belerang yang tinggi seperti bawang putih juga bisa jadi berpengaruh.

Selain itu, kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan marijuana berlebih juga bisa memicu warna air mani seseorang menjadi kekuningan.

Merah Muda atau Cokelat

Yang satu ini mungkin lebih serius. Besar kemungkinan warna merah yang terbawa dalam air mani adalah hasil dari campuran darah. Kondisi tersebut biasanya dikenal dengan istilah hematospermia.

Kondisi tersebut biasanya berkaitan dengan tindakan biopsi pada diri seseorang. Pemotongan jaringan kelenjar prostat bisa membuat darah bercampur ke saluran kemih atau ejakulasi.

Pembedahan akibat biopsi memungkinkan terjadinya kebocoran darah ke saluran ejakulasi. Mungkin juga darah bercampur dengan zat prostat sehingga air mani menjadi berwarna kecoklatan.

Selain itu, kondisi tekanan darah tinggi juga bisa memicu perubahan warna sperma atau air mani. Kondisi darah tinggi atau hipertensi bisa memicu darah bercampur dalam air mani seseorang.

Lama tidak orgasme atau menahan diri ketika hendak ejakulasi juga bisa memicu darah bercampur dalam air mani seseorang. Maka dari itu, penting bagi pria untuk ejakulasi secara berkala.

Hitam

Sama seperti warna merah, besar juga kemungkinan warna air mani menjadi hitam adalah dampak dari hematospermia. Namun, darah yang mengendap di dalam mungkin lebih lama.

Sperma atau air mani berwarna hitam juga kerap dikaitkan dengan cedera sumsum tulang belakang. Hal tersebut kerap dikaitkan dengan kerusakan vesikula seminalis, kelenjar yang meghasilkan beberapa zat kandungan air mani.

Bisa jadi air mani berwarna gelap adalah tanda tubuh seseorang mengandung senyawa metal berat seperti timbal, mangan, dan nikel, yang terdapat di dalam darah.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Kualitas Sperma, Semakin Kental Semakin Baik?

Sumber

Healthline. (2018). Why Is My Semen Yellow?. www.healthline.com

Healthline. (2018). Yellow, Clear, Brown, and More: What Does Each Semen Color Mean?. www.healthline.com

Mayo Clinic. (2020). Discolored semen: What does it mean?. www.mayoclinic.org

Medical News Today. (2020). Why does semen color change and what does it mean?. www.medicalnewstoday.com