Memiliki Kulit Wajah Kering? Ini 6 Tips untuk Mengatasinya

Memiliki Kulit Wajah Kering? Ini 6 Tips untuk Mengatasinya

Penulis: Devita | Editor: Handa

Kulit secara alami menghasilkan minyak yang disebut sebum. Sebum berperan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan melindungi dari infeksi. Jika kulit tidak cukup menghasilkan sebum, maka kulit akan kering. Akibatnya, kulit bisa terasa gatal, bersisik, gelombang, dan memiliki bercak merah.

Selain itu, kulit yang dehidrasi akan tampak kusam atau kasar. Parahnya, polusi dan sinar matahari bisa memperparah kulit kering. Anda yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan perlu lebih waspada pada kulit kering.

Menurut studi Journal of European Academy of Dermatology and Venereology, tahun 2016, salah satu dampak berbahaya polusi yaitu bisa membuat tingkat kekeringan wajah meningkat.  Oleh sebab itu, astikpan kulit Anda selalu terhidrasi dan terlindungi dari polusi serta sinar matahari,

Penyebab Kulit Wajah Kering

Beberapa penyebab potensial kulit kering atau dehidrasi pada wajah antara lain:

  • Cuaca dingin
  • Udara kering
  • Paparan bahan kimia keras dalam sabun atau produk kosmetik
  • PH kulit tidak seimbang
  • Penyakit kulit, seperti dermatitis atopik, dermatitis seboroik, dan psoriasis
  • Diabetes
  • Hipotiroidisme
  • Merokok
  • Sering terpapar sinar matahari

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

Setiap orang dapat merawat kulit kering dengan beberapa metode yang berbeda. Berikut cara mudah dan sederhana untuk mengatasi kulit wajah Anda yang kering:

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Menggunakan pelembab setiap hari bisa membantu meningkatkan fungsi pelindung dan menahan berkurangnya jumlah air di kulit sehingga tetap lembab. Anda dapat mengoleskan pelembab ke wajah sebelum tidur dan mencucinya dengan pembersih lembut di pagi hari.

Hal tersebut dapat memberikan efek kelembaban ekstra. Hindari menggunakan pelembab yang mengandung alkohol, pewangi, pewarna, dan minyak bumi karena dapat memperparah tingkat kekeringan kulit.

2. Gunakan Pembersih yang Lembut

Pilihlah pembersih wajah yang lembut dan bebas pewangi atau sabun wajah yang tidak mengandung alkohol, pewarna buatan, dan plastik. Selain itu, jangan gunakan produk yang mengandung natrium lauril sulfat (SLS), paraben, diethanolamine (DEA), monoethanolamine (MEA) dan trietanolamin (TEA).

Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Kulit Kering

3. Eksfoliasi untuk Mengurangi Kulit Mati

Ketika sel kulit mati menumpuk di permukaan kulit, Anda mungkin mengalami bercak kering dan pori-pori tersumbat. Eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati, yang dapat mengurangi bercak kering dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

Gunakan eksfoliator yang mengandung asam alfa-hidroksi (AHA) dan asam beta-hidroksi (BHA). Pasalnya, AHA dapat melarutkan sel-sel mati di permukaan kulit. Sementara BHA mampu menembus lapisan kulit yang lebih dalam untuk mengangkat sel-sel mati dari pori-pori.

4. Perawatan dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah minyak alami yang bekerja untuk merawat kulit kering. Berdasarkan penelitian Indian Journal of Dermatology tahun 2016, minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang memiliki sifat emolien.

Emolien adalah lemak atau minyak yang berfungsi melembabkan dan mengisi celah pada kulit kering sehingga membuatnya halus. Jika Anda ingin menggunakannya, berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit agar bisa menggunakannya secara tepat.

5. Gunakan Salep atau Krim daripada Losion

Salep dan krim lebih efektif dan tidak menyebabkan iritasi dibandingkan losion. Carilah krim atau salep yang mengandung satu atau lebih bahan-bahan, seperti minyak jojoba, dimetikon, gliserin, asam hialuronat, asam laktat, lanolin, minyak mineral, dan shea butter.

6. Cukupi Kebutuhan Air Minum

Minum cukup air membuat tubuh tetap terhidrasi. Efeknya, kulit bisa menjadi lembap karena memiliki cadangan air. Anda juga bisa menambahkan buah-buahan ke dalam minuman supaya lebih terasa segar.

Buah-buahan, seperti lemon dan apel memberikan rasa segar dan memberikan efek baik. Selain itu, sebaiknya Anda juga mengurangi mengonsumsi teh, kopi, dan soda karena bisa menyebabkan dehidrasi.

Tips Mencegah Kulit Wajah Kering

Tidak hanya mengetahui cara mengatasi kulit kering pada wajah, Anda juga sebaiknya mengetahui tips mencegah kulit kering. Ikuti tips berikut ini untuk mencegah wajah Anda kering. Tips tersebut, meliputi:

  • Rajin mencuci muka dengan pembersih yang lembut
  •  Memakai tabir surya setiap hari
  • Mengoleskan pelembab setelah mandi atau mencuci muka
  • Minum banyak air putih agar kulit tetap terhidrasi
  • Mengurangi asupan kafein
  • Membatasi waktu di bawah sinar matahari langsung
  • Menggunakan humidifier
  • Berhenti merokok
  • Mengonsumsi sayur dan buah

Baca Juga : Krim Hydrocortisone untuk Mengatasi Masalah Kulit

Sumber


American Academy of Dermatology Association. Dermatologists Top Tips for Relieving Dry Skin. www.aad.org
Mayo Clinic. Dry Skin. www.mayoclinic.org
Medical News Today. 2019.. Top 6 remedies for dry skin on the face. www.medicalnewstoday.com
Indian Journal of Dermatology, 2016. Moisturizers: The Slippery Road. www.ncbi.nlm.nih.gov
Journal of European Academy of Dermatology and Venereology. 2016. The impact of airborne pollution on skin. www.ncbi.nlm.nih.gov
Healthline. 2019. How to Hydrate Your Skin When Nothing Works. www.healthline.com