Ketahui Perbedaan Body Serum, Body Lotion, dan Body Butter

Image : www.jeanmilka.com

Pernah bingung ketika dihadapkan dengan produk body butter, body serum, dan body lotion? Kalau namanya saja beda, pasti manfaatnya juga berbeda.

Body lotion, body butter, dan body serum sama-sama merupakan produk skincare yang berfungsi untuk memberikan kelembapan pada kulit tubuh. Meski demikian, ada beberapa faktor yang membedakan cara kerja dan tekstur dari ketiga jenis produk tersebut. Yuk, kenali perbedaannya supaya bisa memakai dengan lebih tepat dan sesuai. Hasil yang didapatkan pun lebih maksimal.

1. Body Lotion

Image : www.thebeautywonk.com

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan produk yang satu ini, body lotion memang pelembab badan yang paling populer, bahkan tak jarang body serum dan body butter juga disamakan dengan satu istilah yaitu body lotion. Padahal ketiganya berbeda fungsi, lho.

Produk ini memiliki formula yang lebih encer dibandingkan body butter. Hal ini karena body lotion memiliki kandungan minyak paling sedikit. Karena itu, ketika dioleskan, produk ini lebih cepat diserap oleh kulit dibanding body butter, dan terasa tidak terlalu berminyak.

Body lotion jadi pilihan tepat jika Anda membutuhkan pelembab untuk seluruh tubuh. Selain itu, body lotion juga cocok untuk Anda yang berkulit normal cenderung kering serta tidak terlalu bermasalah.

2. Body Butter

Image : www.thebodyshop.com

Body butter memiliki tekstur yang pekat seperti mentega, karena itulah disebut body butter. Bahan dasarnya mengandung lemak nabati yang cukup tinggi, yang berasal dari kacang-kacangan seperti almond, shea butter, dan biji kakao.

Kaya akan essential oil, body butter cocok untuk kulit yang sangat kering dan bersisik. Produk pelembab ini akan melembutkan dan melembabkan kulit yang sangat kering. Body butter menyerap dengan sangat perlahan, yakni 2 sampai 3 jam. Karena itu, sebaiknya body butter digunakan pada malam hari sebelum tidur agar menutrisi kulit sepanjang malam, dan paginya kulit kembali lembab. Sangat cocok untuk melembabkan kulit yang sangat kering seperti siku, dan lutut.

Baca Juga : Tips Merawat Kulit Wajah bagi Wanita Pekerja

Pilihan antara ketiganya tergantung sepenuhnya pada jenis kulit Anda, kondisi kulit, dan kondisi iklim. Jika Anda memiliki kulit normal hingga sedikit kering tanpa masalah spesifik dapat menggunakan body lotion. Sedangkan, jika kulit Anda sangat kering dan bersisik, dapat menggunakan body butter. Kalau Anda kurang suka tekstur lengket dan mengganggu kenyamanan aktivitas Anda, gunakan body serum yang cepat meresap kedalam kulit.

3. Body Serum

Image : www.elyayaa.com

Body serum memiliki formula yang lebih ringan dari body lotion dan body butter. Formula dari body serum cepat meresap di kulit karena mengandung molekul aktif dan konsentrasi yang lebih tinggi.

Selain itu, serum juga mampu untuk menargetkan langsung ke bagian yang bermasalah. Biasanya produk serum itu water-based, sehingga kandungan di dalamnya seperti vitamin, antioksidan, lactic acid dan glicolic acid mudah diserap kulit. Lactic acid dan glicolic acid sendiri bekerja bersama dengan fungsi untuk mencegah kulit kering serta kasar.

Produk serum sangat ideal bagi Anda yang mempunyai kulit super kering, atau kurang suka dengan rasa lengket dari body lotion, karena serum bekerja lebih dalam untuk melembabkan sekaligus menutrisi kulit. Selain itu, tekstur body serum lebih ringan dan tidak meninggalkan rasa lengket karena cepat diserap oleh kulit tubuh.

 

Sumber :
Ive. (2016). Perbedaan Body Lotion, Body Cream, Body Butter, & Body Milk. www.beautynesia.id
Pronounce. Differences Between Body Butters dan Body Lotions (and Which You Should Choose). www.pronounceskincare.com
Shannon Farrell. (2015). Why You Need A Body Serum In Your Life. www.stylecaster.com
The Body Shop. (2017). Mana yang Harus Dipilih, Body Lotion atau Body Butter?. www.thebodyshop.co.id