Ketahui Penyebab Urine Bau Menyengat dan Cara Mengatasinya

Ketahui Penyebab Urine Bau Menyengat dan Cara Mengatasinya

Penulis: Devita | Editor: Ratna

Pada dasarnya urine memiliki bau yang menyengat seperti ammonia terutama saat pagi hari dan ketika seseorang mengalami dehidrasi. Bau yang menyengat pada urin juga disebabkan karena infeksi penyakit tertentu. Bau urine yang lebih menyengat dari kondisi umumnya bisa menurunkan rasa percaya diri. Selain itu, bau menyengat pada urin mengindikasikan penyakit atau kerusakan pada organ tertentu misalnya ginjal.

Jagalah organ ginjal Anda dengan memastikan tubuh tetap terhidrasi. Hindari mengonsumsi makanan yang dapat merusak ginjal dan saluran kemih. Melakukan pola hidup sehat dan berolahraga merupakan kunci utama kesehatan segala organ tubuh. Artikel ini akan membahas mengenai penyebab urine berbau menyengat dan strategi untuk mengatasinya.

Penyebab Urin Berbau Menyengat

1. Konsentrasi Urin

Urin dengan konsentrasi pekat berarti mengandung amonia lebih banyak dan sedikit air sehingga baunya akan menyengat. Seseorang yang mengalami dehidrasi cenderung memiliki warna urin yang pekat, umumnya terjadi pada pagi hari dan ketika kekurangan air minum. Segera minum air putih untuk mengatasi kondisi dehidrasi tersebut.

2. Pengaruh Makanan

Mengonsumsi makanan tertentu terutama yang berbau menyengat seperti jengkol, pete, asparagus, dapat memicu urin berbau menyengat. Makanan di dalam tubuh akan dicerna dan membentuk metabolit, yaitu zat yang terbentuk selama pencernaan. Ketika tubuh mengeluarkan metabolit dalam urin, urin akan menjadi semakin berbau.

3. Obat dan Suplemen

Obat dan suplemen biasanya menyebabkan urin berwarna lebih gelap dan menjadi bau. Waspada mengalami urin berbau menyengat jika Anda sedang mengonsumsi vitamin B dosis tinggi, antibiotik terutama sulfonamid, obat diabetes, dan sedang menjalani kemoterapi.

5. Mengalami Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih akibat karena perkembangbiakan bakteri pada uretra, kandung kemih dan ginjal. Seseorang yang mengalami kondisi ini akan merasakan gejala sakit saat buang air kecil, intensitas buang air kecil meningkat, urin berwarna keruh dan gelap, terdapat darah pada urin, aroma urin menyengat, demam, dan sakit pada area punggung terutama pada bagian ginjal. Untuk mengatasi gejala infeksi saluran kemih, dokter akan meresepkan antibiotik.

5. Diabetes

Diabetes atau penyakit kencing manis bisa mengubah aroma urin terutama saat kadar gula darah tidak bisa dikendalikan. Berbeda dengan bau urin pada kondisi lainnya, aroma urin penderita diabetes lebih cenderung ke bau manis karena banyaknya kandungan gula dalam urin. Penderita diabetes selain mengalami urin yang berbau manis, juga merasakan gejala seperti intensitas buang air kecil meningkat pada malam hari, kelelahan, penurunan berat badan secara drastis, gatal pada area reproduksi, luka sulit sembuh, hipertensi, dan penglihatan menjadi kabur.

6. Kerusakan Saluran Kemih

Ketika organ filtrasi urin tidak bisa berfungsi dengan baik dapat menyebabkan urin berbau dan berwarna keruh. Menurut beberapa studi, seseorang yang mengalami gagal ginjal, urinnya akan berbau tidak sedap bahkan berbau busuk. Tingkat bau yang muncul tergantung pada seberapa parah kondisi kerusakan organ.

Cara Mengatasi Urine berbau Menyengat

Mengatasi bau urin termasuk gampang-gampang susah karena bergantung pada gaya hidup Anda. Lakukan cara-cara berikut ini untuk mengatasi urine berbau menyengat:

  • Memenuhi Kebutuhan Air Putih. Seperti yang telah dijelaskan, urin berbau bisa karena terlalu pekat, untuk itu Anda bisa mengatasinya dengan minum air putih dengan cukup. Pastikan dalam sehari Anda minum 6 sampai 8 gelas air putih.
  • Segera Mengobati Infeksi Saluran Kemih. Penanganan dini bisa mengurangi risiko penyakit menyebar semakin parah. Selain itu, masalah urin bau menyengat bisa ditangani dengan cepat. Menangani penyebabnya merupakan cara tepat untuk mengatasi urin berbau menyengat.
  • Minum Jus Cranberry. Cranberry merupakan salah satu buah yang dapat mengatasi urin bau.
  • Mengonsumsi Produk Penghilang Bau Urin

Vitamin C merupakan suplemen yang dapat menetralkan bau menyengat dari urin. Namun vitamin ini dapat berinteraksi dengan obat dan memberikan efek buruk bagi ginjal jika berlebihan. Sebaiknya melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Baca Juga: Menilai Kesehatan Tubuh Anda Melalui Warna Urine

Sumber

Everyday Health. Coping With Incontinence-Related Odor Issues. www.everydayhealth.com

Medical News Today (2020). What Causes Smelly Urine?. www.medicalnewstoday.com

NHS. Smelly Urine. www.nhs.uk

Shield Health Care (2018). Ways to Reduce Urine Odor. www.shieldhealthcare.com