Ketahui Penyebab dan Cara Mengobati Suara Serak

Ketahui Penyebab dan Cara Mengobati Suara Serak

Penulis: Dea | Editor: Handa

Apakah Anda pernah mengalami gangguan pada suara, seperti suara tidak terdengar dengan jelas, suara lebih pelan disertai batuk dan sesak nafas? Bila Anda mengalami gejala-gejala tersebut, maka Anda menderita suara serak.

Suara serak umum dialami oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kondisi ini tentu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Di bawah ini berbagai faktor penyebab suara serak.

1. Laringitis

Penyebab suara serak paling umum adalah laringitis. Laringitis merupakan peradangan yang terjadi pada laring (kotak suara). kondisi ini seringkali dialami jika Anda terlalu sering mengeluarkan suara tanpa henti.

Di dalam laring, terdapat pita suara yang berperan saat Anda berbicara, bernapas, dan menelan makanan. Sehingga saat laring mengalami peradangan, pita suara akan membengkak dan memicu suara serak. Selain itu, penyakit laringitis juga bisa disebabkan oleh iritasi atau infeksi pada laring.

2. Merokok

Sudah bukan rahasia lagi jika kebiasaan merokok bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu suara serak yang disebabkan oleh asap rokok yang mengiritasi pita suara Anda.

Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat meningkatkan risiko pertumbuhan polip (jaringan kecil non-kanker) pada pita suara Anda. Untuk itu, hindari merokok atau terpapar asap rokok untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

3. Alergi

Mungkin Anda berpikir bahwa alergi selalu ditandai dengan hidung berlendir, ruam pada kulit disertai gatal, dan mata merah. Namun, tahukah Anda jika alergi juga menyebabkan suara serak?

Gerakan lendir dari hidung ke tenggorokan dapat mengiritasi pita suara Anda. Begitupula batuk dan berdehem dapat menyebabkan pita suara Anda tegang sehingga ketika Anda memiliki riwayat alergi, baik alergi musiman atau sepanjang tahun, Anda rentan mengalami suara serak.

Baca Juga : 8 Cara Alami Redakan Radang Tenggorokan

4. Gangguan Tiroid

Tiroid merupakan kelenjar berbentuk kupu-kupu di leher bagian bawah. Tiroid berfungsi untuk memompa hormon keluar yang mengontrol sejumlah fungsi organ dalam tubuh. Jika tiroid Anda tidak cukup, salah satu gejala yang nampak adalah suara serak.

5. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Gastroesophageal reflux Disease (GERD) merupakan kondisi yang membuat asam lambung terbawa kembali ke kerongkongan. Selain menyebabkan perut mulas, GERD juga dapat memicu suara serak.

Saat GERD menyerang, asam lambung dapat mengiritasi pita suara, tenggorokan, serta kerongkongan. Kondisi itulah yang menyebabkan Anda mengalami suara serak, mengi, dan lendir di tenggorokan Anda meningkat.

6. Radang Sendi

Radang sendi adalah penyakit autoimun yang menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kaku pada persendian Anda. Bahkan radang sendi juga bisa menyebabkan Anda mengalami suara serak.

Dilansir dari Verywell Health, satu dari tiga orang yang menderita radang sendi memiliki masalah vokal, termasuk sakit tenggorokan dan suara serak. Hal itu karena persendian kecil di wajah dan tenggorokan Anda juga mengalami peradangan dan menyebabkan masalah pada pernapasan serta pita suara Anda.

7. Bersuara Berlebihan

Apakah Anda sering berteriak saat melihat pertandingan olahraga? Sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut, karena dapat menyebabkan suara serak. Selain itu, kebiasaan buruk lainnya seperti berteriak dengan kencang di tempat ramai, berbicara tanpa henti, dan bernyanyi secara terus menerus dapat membuat suara serak.

Baca Juga : Kelenjar Tiroid Membesar? Ini Penyebab dan Penyembuhannya

8. Nodul Pita Suara

Nodul pita suara merupakan jaringan (non-kanker) yang tumbuh pada pita suara. Masalah kesehatan ini sering terjadi di kalangan para penyanyi profesional. Nodul pita suara dipengaruhi oleh pembengkakan pita suara karena sering digunakan secara terus-menerus.

Penyakit ini tidak berbahaya dan akan menghilang jika Anda beristirahat dengan tidak menggunakan pita suara Anda secara berlebihan. Meskipun begitu, Anda perlu periksa ke dokter jika memiliki gejala tersebut agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

9. Penyakit Sistem Saraf

Penyakit sistem saraf ini memengaruhi otot-otot di wajah dan tenggorokan Anda. Dilansir dari Verywell Health, hampir dari 90 persen penderita parkinson (penyakit sistem saraf) mengalami gangguan bicara atau suara serak. Hal ini karena parkinson menyebabkan bagian-bagian otak yang mengontrol gerakan menurun.

Cara Mengobati Suara Serak

Anda dapat mengambil beberapa tindakan untuk mengobati suara serak. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi suara serak, di antaranya:

  • Istirahatkan Suara Anda Beberapa Hari. Hindari berbicara dan berteriak. Jangan berbisik karena hal itu akan membuat pita suara Anda lebih tegang.
  • Berhenti merokok dan Hindari Asap rokok. Menghirup asap rokok dapat mengiritasi pita suara dan laring sehingga menyebabkan tenggorokan kering.
  • Menjaga Cairan Tubuh. Minumlah air minimal 2 liter sehari pada orang dewasa untuk mengencerkan lendir di tenggorokan agar tetap lembab.
  • Hindari Kafein dan Alkohol. Kedua minuman tersebut membuat tenggorokan Anda kering dan memperburuk suara serak.
  • Mandi Air Panas. Uap air panas akan membantu membuka saluran pernapasan Anda dan memberi kelembapan.

Baca Juga : Ketahui 11 Penyebab Radang Tenggorokan

Sumber


British Laryngological Association. Hoarse Voice. www.britishlaryngological.org  
Cleveland Clinic. Hoarseness: Should You Be Concerned?. https://my.clevelandclinic.org
Healthline. 2019. Everything You Need to Know About Hoarseness. www.healthline.com
UT Southwestern Medical Center. Hoarseness. www.utswmed.org 
Verywell Health. 2019. Causes and Treatment for a Hoarse Voice.  www.verywellhealth.com 
WebMD. 2018. Why am I Losing My Voice? www.webmd.com



Add Your Comment