Ketahui Pengobatan Alami yang Aman dan Efektif Untuk Kanker Payudara

Ketahui Pengobatan Alami yang Aman dan Efektif Untuk Kanker Payudara

Penulis: Justina | Editor: Agnes

Sebagian besar orang memilih pengobatan alternatif untuk meringankan gejala dan rasa sakit dari kanker payudara. Pengobatan alami yang biasa dilakukan yaitu akupuntur, diet detoksifikasi, dan pengobatan tradisional Tiongkok yang lebih dikenal dengan sebutan Complementary and Alternative Medicine (CAM).

Meski beberapa pengobatan alami untuk kanker payudara efektif, tidak semuanya aman dilakukan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum melakukan pengobatan alternatif ini. Penting untuk diingat bahwa pengobatan alami ini hanyalah pengobatan pelengkap dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti pengobatan yang disarankan oleh dokter.

Baca Juga: Kenali Gejala Kanker Hati, Penyebab, dan Cara Pengobatannya

Berbagai Pengobatan Alami Kanker Payudara

1. Diet Khusus

Pola makan yang teratur dan sehat penting selama menjalani pengobatan kanker payudara. Ini karena pola makan yang buruk dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Selama menjalani diet ini, Anda harus mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan protein nabati.

Selain itu, Anda harus menghindari makanan yang mengandung:

  • Lemak
  • Makanan yang diawetkan dengan garam
  • Merokok
  • Acar
  • Alkohol

2. Suplemen Antioksidan

Antioksidan bermanfaat menurunkan risiko kanker dengan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas ini adalah molekul yang dapat merusak sel atau jaringan tubuh Anda, sehingga sel tubuh tidak dapat beregenerasi.

Untuk mendapatkan asupan antioksidan yang cukup, Anda dapat mengonsumsi biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran yang mengandung beta karoten, likopen vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Seluruh kandungan tersebut paling tinggi dalam makanan seperti:

  • Goji berry
  • Blueberry
  • Cokelat hitam
  • Kacang pecan
  • Kacang merah
  • Jeruk
  • Stroberi
  • Jambu merah

3. Terapi Pikiran, Tubuh, dan Jiwa

Stres adalah salah satu penyebab berbagai penyakit. Salah satu cara untuk menekan stres adalah dengan terapi pikiran, tubuh, dan jiwa karena dapat meningkatkan pikiran positif. Terapi pikiran, tubuh, dan jiwa ini meliputi:

  • Terapi seni
  • Terapi musik
  • Aromaterapi
  • Meditasi
  • Yoga
  • Taichi

Sebaiknya terapi ini dilakukan bersama praktisi berlisensi agar terapi yang dilakukan efektif dan mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, tetap diingat bahwa terapi ini bukan pengganti pengobatan utama yang direkomendasikan dokter.

4. Terapi Pijat

Terapi pijat telah dikenal karena manfaatnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh, meredakan kecemasan, nyeri, dan kelelahan. Dalam penelitiannya, White (2003) menjelaskan bahwa terapi pijat dapat mengurangi kecemasan, rasa sakit pada penderita kanker payudara, dan mengurangi ketergantungan terhadap obat penghilang rasa sakit.

5. Akupuntur

Akupuntur adalah pengobatan tradisional asal Tiongkok yang dapat membantu meringankan gejala kanker payudara. Terapi akupuntur dilakukan oleh praktisi dengan menggunakan jarum setipis rambut yang steril. Jarum tersebut dimasukan ke titik-titik akupuntur untuk menstimulasi sistem saraf.

Meski begitu, pengobatan dengan akupuntur juga memiliki beberapa risiko seperti infeksi, pendarahan, dan lymphedema. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan akupuntur.

6. Biofeedback

Terapi biofeedback digunakan untuk meredakan efek samping dari kemoterapi.  Satu-satunya alat terapi biofeedback yang disetujui Food and Drug Administration Amerika Serikat adalah resperate. Jadi, berhati-hatilah dengan mesin terapi biofeedback yang dijual di pasaran. Sebaiknya, terapi ini dilakukan dengan ahli medis.

Baca Juga: Kanker Mulut: Penyebab dan Faktor Risikonya

Tanaman Herbal untuk Mengobati Kanker Payudara

1. Kunyit

Kunyit adalah salah satu tumbuhan herbal yang efektif mengobati kanker payudara. Kunyit mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai antiinflamasi dan pereda nyeri. Kandungan tersebut juga dapat mengecilkan tumor kanker, menghambat suplai darah dan nutrisi ke tumor.

2. Chaparral

Tanaman yang memiliki nama latin Larrea mexicana mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyebaran tumor ke bagian tubuh lainnya.  Chaparral juga bersifat antimikroba dan kaya kandungan antioksidan sehingga baik untuk pengobatan kanker payudara.

3. Virgin’s Mantle

Tanaman dengan nama ilmiah Fagonia cretica ini efektif membunuh sel kanker. Tanaman tersebut juga sering dikonsumsi oleh penderita kanker payudara di negara-negara benua Asia. Kelebihan Fagonia cretica adalah dapat membunuh sel kanker tanpa merusak sel payudara yang masih normal, tidak seperti kemoterapi yang masih memiliki efek samping.

4. Astragalus

Astragalus berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi interferon. Hal itu membantu sistem imun untuk mengidentifikasi sel kanker yang ada di tubuh.

5. Kemangi

Anda tentu tidak asing dengan daun kemangi. Ternyata, kemangi merupakan obat herbal yang baik untuk mengobati kanker payudara. Penelitian Milioli (2017) membuktikan bahwa kemangi mampu mencegah karsinogenesis atau pertumbuhan sel kanker baru.

Sebelum melakukan pengobatan alternatif, Anda tetap harus berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Tujuannya agar pengobatan yang Anda lakukan lebih efektif dan tidak mengakibatkan interaksi obat yang dapat menimbulkan dampak negatif pada tubuh.

Baca Juga: Makanan Sehat dan Terbaik untuk Bayi 1 Tahun

Sumber

Ayurvedic Cure. 8 Effective Herbal Remedies For Breast Cancer. www.ayurvediccure.com

Healthline. (2018). Complementary and Alternative Medicine (CAM): Treatment Options for Breast Cancer. www. healthline.com

National Center for Complementary and Integrative Health. (2016). Acupuncture: In Depth. www.nccih.nih.gov

PubMed. (2017). Basal-like breast cancer: molecular profiles, clinical features and survival outcomes. www.pubmed.ncbi.nlm.nih.gov

WebMD. (2020). Complementary Treatments for Breast Cancer. www.webmd.com