Ketahui Manfaat Mengonsumsi Lemak Nabati

Ketahui Manfaat Mengonsumsi Lemak Nabati

Penulis: Umi Fatimah

Lemak nabati merupakan lemak yang berasal dari tumbuhan dan sering digunakan untuk memasak. Beberapa jenis lemak nabati yang umum didapatkan, termasuk minyak nabati, kedelai, alpukat, kelapa, dan masih banyak lagi. Sementara minyak nabati yang paling banyak dikenal dalam masakan sehari-hari berupa minyak kedelai, minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak bunga matahari.

Tak hanya itu, lemak nabati juga terdapat pada beberapa makanan olahan, seperti margarin, saus salad, mayonaise, dan cookies. Lemak nabati sendiri dikenal dapat memberikan efek positif bagi kesehatan karena mengandung senyawa antioksidan alami dan dapat mencegah sejumlah penyakit. Lantas apa saja manfaat lemak nabati untuk kesehatan?

Baca Juga: Ketahui Jenis, Manfaat, serta Sumber Asam Lemak Esensial

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat utama lemak nabati adalah komposisi lemaknya yang menyehatkan jantung. Berbeda dengan lemak jenuh yang ditemukan pada produk hewani, lemak nabati sebagian besar terdiri dari lemak tak jenuh, termasuk lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak ini diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Menurunkan Kolesterol

Lemak nabati, seperti yang ditemukan dalam alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun, dikenal sebagai lemak yang menyehatkan jantung. Lemak ini tidak jenuh dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Manfaat lemak nabati dalam menurunkan kolesterol ini didapatkan dari senyawa alami fitosterol yang terkandung di dalamnya. Ketika dikonsumsi, senyawa ini dapat menghambat penyerapan kolesterol dalam sistem pencernaan, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

3. Kaya Antioksidan

Lemak nabati (seperti alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian) kaya akan sumber antioksidan, seperti vitamin E, vitamin C, dan beta-karoten. Antioksidan ini membantu menetralkan radikal bebas, yaitu molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Dengan kata lain, kandungan antioksidan dalam lemak nabati memainkan peran penting dalam melawan stres oksidatif dalam tubuh, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

4. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh dari dalam, lemak nabati juga dikenal mampu mendukung kesehatan kulit dan rambut. Hal ini karena kandungan vitamin dan antioksidan dalam lemak nabati mampu menjaga kelembapan kulit dan memberikan hidrasi pada kulit.

Sementara pada perawatan rambut, kandungan senyawa alami dalam lemak nabati dapat memperkuat dan menutrisi folikel rambut, sehingga menghasilkan rambut yang lebih sehat dan berkilau. Maka tak heran, lemak nabati banyak digunakan sebagai bahan aktif produk perawatan kulit dan rambut, seperti virgin coconut oil (VCO), minyak biji bunga matahari, dan minyak argan.

Penting untuk dipahami bahwa komposisi nutrisi lemak nabati dapat bervariasi tergantung pada jenis atau sumber tumbuhan tertentu yang digunakan. Bila Anda menggunakan produk olahan lemak nabati, pilihlah produk yang tidak mengandung lemak jenuh. Untuk mengetahui kandungan nutrisi dan lemak, Anda bisa membaca label kemasan produk.

Meski memiliki beragam manfaat, perlu diingat juga bahwa segala sesuatu yang berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan, jadi sebaiknya konsumsi lemak nabati dalam jumlah sedang. Sesuai anjuran para ahli kesehatan, asupan lemak tidak boleh lebih dari 72 gram atau setara dengan 5 sendok makan per hari.

Anda juga perlu mengimbanginya dengan konsumsi makanan bervariasi untuk memperoleh asupan gizi seimbang. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapat rekomendasi pola makan sehat sesuai dengan kondisi tubuh dan kesehatan Anda.

Baca Juga: Manfaat Lemak Tak Jenuh (Unsaturated Fat) bagi Tubuh

 

Sumber

National Library of Medicine (2019). Plant-Based Fat, Dietary Patterns Rich in Vegetable Fat and Gut Microbiota Modulation. ncbi.nlm.nih.gov

Eating Well (2023). Is Vegetable Oil Healthy? Here’s What a Dietitian Has to Say. eatingwell.com

WebMD. Health Benefits of Vegetable Oil. webmd.com

Vinmec. What is vegetable fat?. vinmec.com