Ketahui Manfaat Daun Kelor untuk Perawatan Wajah

Ketahui Manfaat Daun Kelor untuk Perawatan Wajah

Penulis: Lely | Editor: Ratna

Kelor atau moringa oleifera merupakan tanaman asli India Utara juga dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis, seperti Asia dan Afrika. Daun kelor sudah digunakan selama berabad-abad, karena khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan. Tanaman ini juga memiliki sifat antivirus, antijamur, antidepresan, dan antiinflamasi.

Daun kelor mengandung berbagai protein, vitamin, dan mineral. Daun kelor juga memiliki beberapa efek samping yang diketahui. Anda yang sedang mengonsumsi obat-obatan harus berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan ekstrak kelor.

Baca Juga: 7 Khasiat Air Rebusan Daun Kelor untuk Kesehatan 

Tanaman ini mengandung banyak senyawa sehat seperti:

  • Vitamin A
  • Vitamin B1 (tiamin)
  • B2 (riboflavin)
  • B3 (niacin), B-6
  • Folat dan asam askorbat (vitamin C)
  • Kalsium
  • Kalium
  • Besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Zinc

Daun dari pohon kelor ini dipercaya memiliki banyak manfaat dan kegunaan, mulai dari kesehatan tubuh dan kecantikan, hingga membantu dalam mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit. Manfaat daun kelor lainnya adalah:

1. Meningkatkan Pembentukan Kolagen Alami Kulit

Daun kelor sangat tinggi akan kandungan vitamin C, dan setidaknya memiliki sekitar tujuh kali lebih banyak daripada jeruk. Sehingga dengan mengonsumsi daun kelor dapat membantu kulit Anda yang membutuhkan vitamin C untuk memproduksi kolagen secara alami.

Manfaat daun kelor terkait dengan kolagen yang merupakan protein penting untuk tubuh ini sudah diamati dalam penelitian pada manusia, di mana krim dengan ekstrak kelor dioleskan ke wajah. Setelah 3 bulan, pembentukan kolagen meningkat dan elastisitas kulit menjadi bertambah, para peneliti menghubungkan efek ini dengan senyawa alami tanaman.

2. Manfaat Anti Penuaan Tanaman Kelor

Penelitian juga telah menemukan bahwa kelor hadir dengan sifat anti penuaan. Manfaat ini dapat dikaitkan dengan adanya antioksidan dan beberapa vitamin seperti, vitamin A, B1, B2, B3, B6, C, E dan mineral termasuk zat besi, tembaga, belerang, asam folat, mangan, selenium, seng, kalium, kromium, fosfor, dan magnesium.

Antioksidan dan nutrisi penting lainnya yang ada di tanaman kelor menetralkan radikal bebas dari tubuh kita dan dengan demikian mencegahnya menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel-sel kulit kita. Dengan cara ini juga meminimalkan tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik, dan penuaan.

3. Sebagai Anti Jerawat

Daun kelor yang mengandung sifat antiseptik menjadikan tanaman ini sebagai obat alami yang bagus untuk melawan jerawat. Minyak dari ekstrak biji kelor memiliki sifat pembersihan kulit yang luar biasa, dengan membantu menghilangkan kotoran dari pori-pori kulit kita. Daun kelor juga memiliki kemampuan untuk mengontrol sekresi minyak berlebih oleh kelenjar sebaceous, serta kandungan belerang yang dikenal karena dapat melawan pertumbuhan jerawat.

Selain itu, daun kelor merupakan salah satu sumber vitamin A, yang dikenal sebagai anti jerawat yang kuat, karena sifatnya dalam membantu proses pembaruan sel yang cepat. Daun kelor juga mengandung vitamin E, yang memainkan peran penting dalam menjaga kulit kita tetap sehat dan bebas dari jerawat, berkat sifat antioksidannya. Manfaat anti inflamasi dari daun kelor juga membantu menyembuhkan kulit lebih cepat.

4. Mencegah Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari

Daun kelor mengandung beta karoten, yang membantu mencegah kerusakan kulit Anda akibat paparan sinar matahari. Beta karoten memiliki sifat antioksidan yang memungkinkan tubuh Anda untuk menahan serangan radikal bebas dengan baik. Selain itu, zat tersebut dapat membuat kulit Anda lebih tahan terhadap kerusakan ultra violet (UV).

Radiasi UV matahari terdiri dari partikel energi yang dikenal sebagai foton. Partikel-partikel ini menembus kulit kita ketika kita terpapar sinar matahari dalam waktu lama dan menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel-sel kulit kita.

Akibatnya, Anda dapat menghadapi berbagai masalah kulit, seperti penuaan dini, dan jerawat. Seiring dengan beta karoten, daun kelor juga mengandung vitamin E. Vitamin E juga menawarkan perlindungan dari kerusakan akibat sinar matahari.

5. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Daun kelor mengandung banyak vitamin A. Dan vitamin A yang dikombinasikan dengan asam amino dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Kolagen merupakan jenis protein yang juga memberikan kekuatan dan elastisitas kulit Anda, serta menggantikan sel-sel kulit mati untuk menjaga kelenturan dan tekstur alami kulit Anda.

Seiring bertumbuhnya usia, produksi kolagen alami tubuh Anda melambat dan pengaruhnya terlihat pada kulit dalam bentuk kerutan dan kulit kendur. Sehingga bagi Anda penting untuk menjaga kadar kolagen di kulit untuk mencegah tanda-tanda penuaan untuk waktu yang lama.

Baca Juga: Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan

Sumber

Medical News Today. (2020). What makes moringa good for you?. www.medicalnewstoday.com

WebMD.  (2021). Health Benefits of Moringa. www.webmd.com

Healthline. (2018). 6 Science-Based Health Benefits of Moringa oleifera. www.healthline.com

Beautiful Hamesha. (2018). 23 Wonderful Benefits of Moringa Plant for Skin, Hair and Health. www.beautifulhameshablog.com

MBG. (2022). 5 Benefits Of Moringa For Skin + How To Make A DIY Mask At Home For Glowing Skin. www.mindbodygreen.com