Ketahui Makanan Apa Saja yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi

Image : sheknows.com

Penulis : Adhenda | Editor : Atsa

Jika kadar kolesterol dalam darah Anda sedang tinggi,  nah ini saatnya untuk memperbaiki pola makan dan memperhatikan asupan makanan yang masuk dalam tubuh Anda. Kolesterol tinggi disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, dan dengan demikian dapat dicegah dengan pola makan yang sehat, dan olahraga teratur.

Ternyata kadar kolesterol yang tinggi dapat bergabung dengan zat lain dalam darah untuk membentuk plak. Kemudian plak tersebut menempel di dinding arteri dan terjadi penumpukan. Penumpukan plak atau lebih dikenal sebagai aterosklerosis ini menjadikan arteri menyempit bahkan tersumbat. Hal itu dapat menyebabkan penyakit arteri koroner dan memicu timbulnya berbagai penyakit lainnya.

Faktanya, tubuh kita membutuhkan kolesterol untuk terus membangun sel-sel sehat. Tapi ingat, apabila Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar kolesterol yang tinggi justru akan membahayakan tubuh. Berikut ini adalah pantangan makanan bagi penderita kolesterol tinggi.

Baca JugaDaftar Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Maag

1. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng, seperti tempe goreng atau ayam goreng memang selalu menggugah selera. Namun, makanan yang digoreng biasanya mengandung kolesterol tinggi dan harus dihindari sebisa mungkin.

Makanan yang digoreng sarat dengan kalori dan mengandung lemak trans yang dapat meningkatkan resiko penyakit kolesterol hingga penyakit kronis lainnya, dan dapat merusak kesehatan tubuh. Tapi tidak perlu khawatir, karena Anda dapat memasak dengan cara yang lebih sehat lainnya tanpa digoreng, seperti merebus dan mengukus.

2. Hindari Makanan Cepat Saji

Pasti Anda telah mengetahui tentang bahaya mengkonsumsi makanan cepat saji bagi kesehatan, kan? Beberapa studi penelitian menunjukkan bahwa makanan cepat saji dapat meningkatkan obesitas, penyakit jantung dan diabetes serta penyakit kronis lainnya. Mereka yang sering mengkonsumsi makanan cepat saji cenderung memiliki kolesterol lebih tinggi, lho.

Berbagai alasan terungkap kenapa banyak orang suka mengkonsumsi makanan cepat saji, selain restorannya mudah ditemukan dimana-mana, harganya yang relatif murah, dan rasanya enak. Tetapi efek negatifnya terhadap kesehatan fisik bertahan lebih lama daripada makanan lainnya. Karena makanan cepat saji biasanya mengandung perasa dan pengawet buatan, seperti natrium benzoat.

Makanan-makanan ini hampir selalu berkalori tinggi dan sedikit memberi nutrisi. Ketika makanan cepat saji sering menggantikan makanan bergizi utuh dalam makanan Anda, itu dapat mengganggu kesehatan. Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, sebaiknya hindari makan makanan cepat saji.

3. Pantangan Makan Jeroan

Pada dasarnya, jeroan yang kaya kolesterol, seperti jantung, ginjal, usus dan hati mengandung nutrisi penting untuk kesehatan tubuh seperti vitamin B12 dan protein.  Namun, jeroan menjadi pantangan makanan bagi penderita kolesterol tinggi terutama pada bagian organ hati.

Dilansir dari data USDA (United States Department of Agriculture Agricultural Research Service), setiap 100 gram hati ayam mengandung 345 mg kolesterol. Sementara itu, pengidap penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan stroke tidak boleh mengonsumsi makanan berkolesterol lebih dari 200 mg per hari.

4. Produk Susu Sapi Full-Fat Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Banyak orang tidak menyadari berapa banyak lemak jenuh yang mereka dapatkan dari produk-produk susu sapi, seperti es krim full-fat, keju, susu murni, dan yogurt. Mengapa hal itu bisa terjadi? Hal ini terjadi dikarenakan kandungan lemak dalam susu sapi cukup besar, yaitu sekitar 3 hingga 4% dari total nutrisi.

Jika sering mengkonsumsinya, lemak yang masuk pun akan semakin banyak. Tumpukan lemak inilah yang dapat menaikkan kolesterol secara cepat.

Bagi penderita kolesterol tinggi lebih baik hentikan sementara untuk mengkonsumsi produk-produk susu sampai kadar kolesterol dalam darah Anda normal kembali. Anda bisa coba menggantinya dengan susu kedelai yang tentu lebih sehat.

Baca JugaCara Efektif Mengurangi Kebiasaan Ngemil

 

Sumber :
Everydayhealth (2018). 8 Foods That Can Cause High Cholesterol. www.everydayhealth.com
Harvestsupplement (2018). Pantangan Makanan Kolesterol. www.harvestsupplement.com
Healhtline (2018). 11 High-Cholesterol Foods – Which to Eat, Which to Avoid. ww.healthline.com
Webmd (2018). Foods to Eat and Avoid for High Cholesterol. www.webmd.com