Ketahui Fungsi dan Manfaat Protein bagi Tubuh

Ketahui Fungsi dan Manfaat Protein bagi Tubuh

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Protein memainkan banyak peran penting dalam fungsi tubuh. Nutrisi ini melakukan sebagian besar pekerjaan di dalam sel dan dibutuhkan untuk struktur, fungsi, dan regulasi jaringan dan organ tubuh.

Protein terdiri dari ratusan unit yang lebih kecil yang disebut asam amino. Ada 20 jenis asam amino yang dapat digabungkan untuk terbentuk menjadi protein. 

Apa yang dilakukan protein bagi tubuh?

Tubuh kita terdiri dari ribuan protein berbeda, masing-masing memiliki fungsi tertentu. Protein tersebut berperan dalam:

  • Mengangkut molekul ke seluruh tubuh
  • Membantu memperbaiki sel dan membuat yang baru
  • Melindungi tubuh dari virus dan bakteri
  • Mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang baik pada anak-anak, remaja, dan wanita hamil

Karena protein sangat penting untuk pertumbuhan sel dan jaringan, asupan protein yang cukup sangat penting selama periode pertumbuhan yang cepat atau peningkatan kebutuhan, seperti masa kanak-kanak, remaja, kehamilan, dan menyusui.

Berapa Banyak Protein yang Dibutuhkan untuk Kesehatan Optimal?

Asam amino esensial (yang tidak dapat dibuat oleh tubuh Anda sendiri dan perlu diperoleh dari makanan) dapat ditemukan dalam makanan yang Anda makan. Untuk mendapatkannya, Anda perlu mengisi diet Anda dengan berbagai makanan kaya protein. 

Saat Anda makan, tubuh Anda akan mengambil protein dari makanan dan memecahnya menjadi asam amino yang dapat digunakan oleh tubuh. Untuk orang dewasa, rekomendasinya adalah mengonsumsi setidaknya 0,83 gram protein untuk setiap kilogram berat badan per hari. Dengan kata lain, orang dewasa seberat 70 kg harus makan setidaknya 58 gram protein setiap hari. Ini setara dengan protein yang ditemukan di sekitar 200 gram dada ayam.

Apa manfaat kesehatan dari protein?

Makan cukup protein harian penting untuk berbagai fungsi tubuh dan dapat memberikan manfaat kesehatan tambahan.

1. Kontrol Protein dan Berat Badan

Makanan kaya protein telah terbukti meningkatkan perasaan kenyang lebih lama daripada makanan tinggi lemak atau karbohidrat. Protein tanpa lemak juga bermanfaat untuk pembentukan otot yang berguna untuk pembakaran lemak tubuh.

2. Protein dan performa atletik

Protein telah lama dikaitkan dengan performa atletik. Nutrisi ini memainkan peran kunci dalam membantu memperbaiki dan memperkuat jaringan otot setelah berolahraga. 

Meskipun protein sangat penting untuk membangun otot, untuk memaksimalkan manfaatnya harus dipertimbangkan dalam konteks keseluruhan diet, yang mencakup jumlah karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral yang tepat.

3. Memberikan Energi

Protein dapat memasok energi ke tubuh Anda. Tiap gram protein mengandung empat kalori, jumlah energi yang sama yang disediakan karbohidrat. Lemak memasok energi paling banyak, dengan sembilan kalori per gram.

Namun, hal terakhir yang akan digunakan tubuh Anda untuk energi adalah protein karena nutrisi berharga ini digunakan secara luas di seluruh tubuh Anda. Tubuh akan menggunakan protein sebagai energi jika penyimpanan karbohidrat rendah. 

Baca Juga: 7 Sumber Protein Nabati Tertinggi

Sumber

Medlineplus. What are proteins and what do they do?. www.medlineplus.gov

Everyday Health. (2019). What Is Protein? How Much You Need, Benefits, Sources, More. www.everydayhealth.com

Eufic. (2019). What Are Proteins and What Is Their Function in the Body?. www.eufic.org

Health Line. (2018). 9 Important Functions of Protein in Your Body. www.healthline.com