Ketahui Cara Redakan Gejala Pilek Tanpa Obat

Ketahui Cara Redakan Gejala Pilek Tanpa Obat

Penulis: Lely | Editor: Ratna

Pilek merupakan infeksi pada hidung dan tenggorokan yang disebabkan oleh virus. Anda umumnya mengalami sakit pilek setidaknya 2 sampai 4 kali dalam setahun. Gejala pilek umumnya muncul 1 hingga 3 hari setelah terkena virus flu antara lain pilek, batuk, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, bersin, mata berair, sakit kepala ringan, dan demam.

Ada banyak pengobatan rumahan yang dapat meringankan gejala Anda dan membuat Anda kembali sehat. Namun, jika Anda masih merasa sakit setelah beberapa minggu, buatlah janji dengan dokter. Dan jika Anda mengalami kesulitan bernapas, memiliki detak jantung yang cepat, merasa pingsan, atau mengalami gejala parah lainnya, dapatkan bantuan medis lebih cepat.

1. Sup ayam

Sup ayam mungkin bukan obat yang dapat menyembuhkan, tapi sup ayam merupakan pilihan tepat saat Anda sakit. Semangkuk sup ayam dengan sayuran yang disajikan hangat dapat memperlambat pergerakan neutrofil dalam tubuh Anda.

Neutrofil adalah jenis sel darah putih umum yang membantu melindungi tubuh Anda dari infeksi. Ketika sel darah putih ini bergerak perlahan, mereka bergerak perlahan dan tetap lebih terkonsentrasi di area tubuh Anda yang membutuhkan penyembuhan paling banyak.

Sup rendah sodium juga menyajikan nilai gizi yang besar, serta membantu Anda tetap terhidrasi.

2. Jahe

Akar jahe merupakan obat tradisional lain untuk batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Teh jahe hangat merupakan salah satu obat tradisional yang populer untuk gejala pilek dan sakit tenggorokan.

Manfaat kesehatan dari jahe telat disebut selama berabad-abad, dan sekarang memiliki bukti ilmiah tentang manfaat kesehatannya. Beberapa iris akar jahe mentah dalam air mendidih dapat membantu meredakan batuk atau sakit tenggorokan.

Penelitian menunjukkan bahwa jahe juga dapat menangkal perasaan mual yang begitu sering menyertai flu. Kadar jahe yang normal di dalam makanan jarang menyebabkan efek samping. Namun, jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan.

3. Madu

Madu memiliki berbagai sifat antibakteri dan antimikroba. Mencampurkan madu dalam teh dan lemon dapat meredakan sakit tenggorokan. Penelitian menyarankan bahwa madu juga merupakan penekan batuk yang efektif.

Perlu diperhatikan bahwa Anda tidak boleh memberikan madu kepada anak dibawah usia 1 tahun, karena sering mengandung spora botulinum. Meskipun umumnya tidak berbahaya bagi anak-anak dan orang dewasa, namun sistem kekebalan bayi tidak mampu melawannya.

Para peneliti mengatakan bahwa madu dapat bekerja dengan melapisi dan memberikan efek menenangkan pada tenggorokan yang teriritasi, dan diyakini memiliki efek antioksidan dan antibakteri. Madu berwarna gelap, seperti madu soba yang digunakan dalam penelitian memiliki sifat antioksidan sangat tinggi.

4. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa disebut allicin, yang memiliki sifat antimikroba. Allicin inilah yang memberi bawang putih rasa pedasnya yang khas. Untuk memaksimalkan jumlah kadar allicin, Anda dapat mencincang bawang putih segar sebelum menggunakannya.

Mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi keparahan gejala pilek Anda. Menurut beberapa penelitian, bawang putih bahkan mungkin membantu Anda dalam menghindari sakit sejak awal penularan.

5. Vitamin C

Vitamin C berperan penting dalam tubuh Anda yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain limau, jeruk, grapefruits, sayuran hijau, dan buah-buahan serta sayuran lainnya, buah lemon adalah sumber vitamin C yang baik.

Dan menambahkan jus lemon segar ke teh hangat dengan madu, dapat mengurangi dahak saat Anda sedang batuk. Meskipun minuman ini mungkin tidak menghilangkan flu Anda sepenuhnya, namun dapat membantu Anda mendapatkan vitamin C yang dibutuhkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mendapatkan cukup vitamin C dapat meredakan infeksi saluran pernapasan atas.

6. Probiotik

Probiotik merupakan bakteri dan ragi baik yang dapat ditemukan di tubuh Anda, pada beberapa makanan, dan suplemen. Selain itu, probiotik dapat membantu menjaga usus dan sistem kekebalan Anda tetap sehat, serta mengurangi kemungkinan Anda sakit karena infeksi saluran pernapasan atas.

Untuk sumber bakteri baik yang bermanfaat, dan memiliki rasa lezat dan bergizi, Anda dapat menambahkan yogurt probiotik dalam menu makanan Anda. Selain manfaat potensialnya untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda, yogurt adalah camilan sehat yang menyediakan banyak protein dan kalsium.

7. Permen

Permen pelega tenggorokan dan permen keras membantu merangsang air liur atau meningkatkan sekresi di mulut, yang dapat meredam batuk yang mungkin Anda alami dan bekerja dengan sangat baik sebagai obat batuk kering.

Cara kerja permen pelega tenggorokan adalah dengan menghalangi virus flu untuk mencegahnya menyebarnya virus memasuki sel di hidung dan tenggorokan.

Tablet hisap herbal yang mengandung zinc, vitamin C, dan echinacea mungkin tidak dapat menyembuhkan pilek Anda. Tetapi mereka mungkin memiliki manfaat sederhana yang tidak membahayakan.

Baca Juga: 11 Tips untuk Meredakan Pilek dengan Cepat

Sumber

Healthline. (2017). 11 Cold and Flu Home Remedies. www.healthline.com

Verywell Health. (2022). 11 Popular Natural Remedies for the Common Cold. www.verywellhealth.com

Everyday Health. (2020). 7 Home Remedies to Stop a Bad Cough. www.everydayhealth.com

Mayo Clinic. (2022). Cold remedies: What works, what doesn’t, what can’t hurt. www.mayoclinic.org