Ketahui 9 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ketahui 9 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Penulis: Anita | Editoe: Ratna

Menghirup udara segar sambil berolahraga merupakan momen yang sangat menenangkan dan menyenangkan. Kebanyakan orang memilih olahraga lari atau jogging sebagai pilihan aktvitas fisik outdoor, tapi jika Anda sedang bosan, Anda bisa mencoba olahraga bersepeda!

Tak kalah dengan olahraga lainnya, bersepeda juga bisa memberikan dampak positif untuk tubuh. Simak berbagai manfaat bersepeda bagi kesehatan melalui artikel ini!

Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan

Sebenarnya, bersepeda adalah salah satu olahraga yang praktis dan bisa dilakukan di luar ataupun di dalam ruangan. Untuk indoor, Anda bisa menggunakan sepeda fitness atau spinning bike. Berikut adalah beberapa manfaat bersepeda bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan:

1. Menjaga Berat Badan

Serupa dengan olahraga lainnya, manfaat bersepeda bagi kesehatan adalah untuk menjaga atau menurunkan berat badan. Bersepeda bisa membantu menurunkan kadar lemak tubuh, meningkatkan metabolisme, dan membentuk otot. Anda juga bisa meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh melalui olahraga ini.

2. Baik untuk Kesehatan Mental

Bersepeda bisa menjadi pilihan Anda untuk mengurangi rasa cemas dan stres karena aktivitas sehari-hari. Manfaat bersepeda ini akan membuatmu lebih fokus pada apa yang sedang kamu rasakan saat mengayuh sepeda alih-alih memikirkan hal-hal yang membuatmu stres.

Selain itu, bersepeda bisa membuat tubuh menghasilkan hormon endorfin yang akan menurunkan stresmu dan meningkatkan kepercayaan diri. Olahraga bersepeda juga cocok dilakukan di pagi hari karena bisa meningkatkan suasana hati.

3. Baik untuk Kesehatan Paru-Paru

Selain dapat memelihara dan meningkatkan kesehatan paru-paru, bersepeda juga bisa menjaga fungsi paru-paru. Anda juga akan merasa lebih fit setelah bersepeda.

Meningkatkan Koordinasi dan Keseimbangan Tubuh

Secara tidak langsung, bersepeda bisa membantu mengembangkan koordinasi, postur, dan keseimbangan tubuh. Koordinasi dan keseimbangan tubuh yang baik bisa mengurangi kemungkinan untuk jatuh dan cedera.

1. Menguatkan Otot Bagian Bawah

Dengan bersepeda sebenarnya Anda sedang melatih otot bagian bawah, khususnya otot paha, pantat, dan betis. Anda bisa mengkombinasikan bersepeda dengan angkat beban untuk menambah kekuatan otot bagian bawah Anda.

2. Melatih Otot Inti

Otot inti atau core muscle adalah bagian otot yang terdapat pada punggung dan perut. Otot ini menyangga tulang punggung dan menyeimbangkan tubuh. Dengan bersepeda Anda bisa menguatkan otot inti.

3. Bagus untuk Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat bersepeda bagi kesehatan adalah mampu menurunkan peluang Anda mengalami tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. Bahkan, bersepeda bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 46%!

4. Tidak Menekan Tulang dan Persendian

Bersepeda cocok untuk Anda yang tidak ingin olahraga yang terlalu intens dan berdampak pada tulang serta persendian. Oleh karena itu, aktivitas fisik ini pas dilakukan untuk orang-orang yang memiliki masalah di persendian. Malahan, melalui bersepeda, Anda bisa menguatkan tulang.

5. Membantu Penderita Kanker

Kebiasaan bersepeda ternyata tidak hanya menjaga kesehatan tubuh, tapi juga bisa membantu penderita kanker dalam mengurangi efek samping dari pengobatan kanker dan rasa lelah.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mulai Bersepeda

Untuk bisa merasakan manfaat bersepeda bagi kesehatan secara lebih maksimal, aman, dan nyaman, Anda perlu memperhatikan beberapa hal ini:

1. Perhatikan Posisi Tubuh

Sebelum mengayuh sepeda, pastikan lutut Anda masih bisa ditekuk saat mengayuh. Jangan sampai Anda mengayuh dengan kaki yang lurus karena posisi tersebut meningkatkan risiko Anda untuk jatuh. Anda bisa mengatur posisi bersepeda dengan memposisikan dudukan sepeda.

2. Gunakan Pakaian yang Tepat

Selain memakai helm, Anda juga perlu menggunakan pakaian yang tepat. Gunakan pakaian bersepeda yang bisa menyerap keringat dan berwarna cerah. Anda juga bisa memakai celana bersepeda dengan bantalan untuk mengurangi lecet saat sedang mengayuh.

3. Pakai Tabir Surya

Jika Anda memutuskan untuk bersepeda di luar rumah, oleskan sunscreen atau sunblock tiap dua jam pada bagian tubuh yang tidak tertutupi dengan pakaian untuk mencegah kulit terbakar akibat sinar UV.

4. Beli Sepeda yang Tepat

Jika Anda baru saja akan membeli sepeda, Anda bisa memilih sepeda dengan dudukan yang nyaman dan cukup lebar untuk menyangga tulang saat sedang duduk. Pilih sepeda dengan pegangan yang tinggi yang bisa membuat Anda duduk dengan tegak.

Meskipun terdapat berbagai manfaat bersepeda bagi kesehatan, Anda tetap perlu berkonsultasi ke dokter sebelum melakukan olahraga ini jika Anda memiliki masalah pada tulang, persendian, dan jantung.

Baca Juga: Berbagai Macam Latihan Kesehatan dan Manfaatnya

Sumber

Better Health Channel. Cycling – health benefits. www.betterhealth.vic.gov.au

Harvard Health Publishing. (2016). The top 5 benefits of cycling. www.health.harvard.edu

Healthline. (2020). 11 Benefits of Cycling, Plus Safety Tips. www.healthline.com

Medical News Today. (2021). 10 benefits of cycling. www.medicalnewstoday.com