9 Cara Mudah Mengatasi Sakit Kepala Sinus

9 Cara Mudah Mengatasi Sakit Kepala Sinus

Penulis: Mustika| Editor: Umi

Bagi penderita sinus, merasakan sakit kepala merupakan kondisi yang sangat umum terjadi. Sinus sendiri adalah ruang berisi udara dalam dahi, tulang pipi, dan belakang jembatan hidung. Saat sedang meradang (umumnya terjadi akibat reaksi alergi atau infeksi) sinus akan membengkak dan membuat lebih banyak lendir.

Kondisi tersebut mengakibatkan saluran yang mengalirkan udara tersumbat dan menyebabkan rasa sakit, seperti sakit kepala. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sakit kepala saat sinus meradang. Berikut tipsnya untuk Anda!

1. Konsumsi Jahe

Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang mudah ditemukan. Bahkan kini jahe telah dibuat dalam bentuk bubuk agar penggunaannya lebih praktis. Selain baik untuk imun tubuh, jahe juga sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit kepala saat sinus meradang.

Ini karena jahe memiliki senyawa anti-inflamasi organik yang dapat membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi dalam sinus. Untuk hasil terbaik, cobalah mencampurkan jahe dengan teh dan madu. Cara tersebut tak hanya dapat membantu Anda meredakan sakit kepala sinus, tetapi juga membuat Anda lebih rileks.

2. Kompres Hangat

Selain minum jahe, Anda juga dapat mengompres hidung dengan kain hangat. Cara ini dapat melawan peradangan, mengurangi rasa sakit, juga membantu mengurangi penyumbatan lendir yang menyebabkan rasa sakit kepala saat sinus meradang.

Baca Juga : Mandi Air Dingin VS Air Hangat

3. Mandi Air Hangat

Bagi Anda yang memiliki masalah sinus, mandi air hangat dapat melonggarkan lendir yang menghalangi saluran hidung, mengurangi peradangan pada hidung, dan juga menghilangkan rasa ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sakit kepala saat sinus meradang. Dengan uap panas yang masuk ke hidung, saluran hidung akan lebih terasa lebih lega.

4. Minum Air Hangat

Minum banyak air hangat akan membantu Anda tetap terhidrasi, melonggarkan lendir, serta membersihkan area hidung yang tersumbat. Selain konsumsi air hangat, Anda juga bisa mencampurkan air panas dengan lemon, madu, atau teh herbal untuk meredakan gejala infeksi sinus.

5. Konsumsi Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas juga bisa membantu memecah lendir dan memaksanya mengalir keluar dari saluran sinus. Cara ini juga dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran hidung dan mengurangi dampak sakit kepala sinus.

Namun, tentu saja tidak semua orang dapat mengonsumsi makanan pedas karena dapat menyebabkan gangguan lambung. Maka dari itu, pertimbangkan untuk mendiskusikan cara ini dengan dokter Anda.

6. Kayu Manis

Selain memiliki wangi yang khas dan sering digunakan sebagai penambah rasa berbagai hidangan, ternyata kayu manis juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan sakit kepala saat sinus meradang.

Kayu manis memiliki kandungan yang secara efektif mengurangi peradangan. Inilah alasan utama mengapa beberapa orang merasa bahwa kayu manis dapat menghilangkan rasa sakit dan tekanan pada sinus. Anda dapat mengoleskan bubuk kayu manis di sekitar hidung yang dibuat dengan menggunakan air panas.

Baca Juga : 5 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

7. Konsumsi Buah Nanas

Seperti jahe dan kayu manis, nanas juga memiliki sifat anti-inflamasi berupa bromelain. Nutrisi ini dapat mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh alergi atau pilek biasa.

Jika Anda memiliki nanas di rumah, maka bisa dikonsumsi untuk mengurangi penumpukan lendir sehingga terasa lebih lega. Tak hanya itu, mengonsumsi nanas juga akan membatasi tekanan pada rongga sinus sehingga dapat meredakan sakit kepala sinus yang membuat Anda tak nyaman.

8. Humidifier

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengidap sinus yang meradang adalah hidung tersumbat, mendengkur, hingga sakit kepala. Jika ketiga gejala tersebut sering terjadi pada diri Anda, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk membeli humidifier. Humidifier akan memompa air ke udara sehingga sangat berguna saat sinus tengah meradang.

Apalagi jika tempat tinggal Anda minim dengan jendela dan tidak ada pertukaran udara sehingga membuat tubuh Anda kering. Dengan humidifier dapat membantu untuk menghidrasi saluran hidung Anda dan secara perlahan mencairkan lendir, mengurangi tekanan, dan mengurangi rasa sakit kepala yang menyakitkan.

9. Neti Pot

Neti pot atau biasa disebut dengan irigasi nasal dapat melonggarkan sinus yang tebal karena lendir, serta melegakan pernapasan melalui hidung. Bahkan garam yang terdapat dalam larutan saline untuk mengairi hidung berfungsi mengurangi peradangan, serta meringankan sakit kepala akibat sinus. Berikut ini cara mudah membuat larutan saline menggunakan neti pot:

  • Buatlah larutan garam, terdiri dari satu liter air hangat suam-suam kuku dan satu sendok teh garam. Anda juga bisa menambahkan setengah sendok teh baking soda guna meminimalisir rasa garam.
  • Masukkan larutan tersebut ke dalam neti pot (bisa dibeli di apotek), atau bisa juga menggunakan teko kecil di rumah.
  • Pastikan neti pot atau teko dalam keadaan bersih, kemudian bersandar ke wastafel, miringkan kepala Anda dan tuangkan larutan ke salah satu lubang hidung.
  • Biarkan larutan mengalir keluar melalui lubang hidung lainnya. Dalam kondisi seperti ini, gunakan mulut untuk bernapas.

Kapan Harus Pergi ke Dokter?

Jika setiap cara di atas tidak berhasil mengurangi peradangan dan mengatasi sakit kepala sinus, segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dokter mungkin akan merekomendasikan opsi bedah untuk menghilangkan penyumbatan hidung sehingga membuka sinus yang tersumbat.

Baca Juga : Sering Sakit Kepala Bagian Belakang? Yuk, Cari Tahu Penyebabnya

Sumber


Active beat. 2019. Simple Ways to Prevent Sinus Headaches. www.activebeat.com
Cleveland Clinic. 2017. Killer Sinus Infection? How to Tell If Yours Is Viral or Bacterial. health.clevelandclinic.org
Healthline. 2018. 9 Ways to Get Rid of a Sinus Infection, Plus Tips for Prevention. www.healthline.com
Medical News Today. 2019. How to treat a sinus infection. www.medicalnewstoday.com



Add Your Comment