Kenyang Lebih Lama dengan 8 Buah Kaya Serat

Kenyang Lebih Lama dengan 8 Buah Kaya Serat

Penulis: Unik Fa | Editor: Atsa

Ditinjau oleh: dr. Putri Purnamasari

Terakhir ditinjau: 14 Agustus 2020

 

Banyak orang yang sering kali merasa mudah lapar. Seringnya, rasa lapar sering sekali datang saat malam hari atau tengah malam. Anda pasti sering merasa takut untuk makan secara terus menerus jika rasa lapar datang setiap waktu bukan?

Salah satu dampak yang akan Anda rasakan jika terlalu sering makan adalah bertambahnya berat badan. Salah satu solusi utama jika rasa lapar melanda diri Anda setiap saat adalah dengan mengonsumsi buah yang memiliki kaya akan serat.

Beberapa buah kaya akan serat yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.  Sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Berikut 8 Buah kaya serat yang dapat Anda konsumsi untuk kenyang lebih lama.

Baca Juga : Manfaat Nutrisi Ikan Salmon untuk Diet & Membakar Lemak

1. Alpukat

Alpukat memang terkenal sebagai buah favorit semua orang karena mengandung lemak yang baik untuk tubuh. Namun, tidak banyak orang tahu bahwa alpukat kaya akan serat yang tinggi.

Buahnya padat dan kaya akan serat, sekitar 13 -15 gram serat dalam satu buah alpukat, sehingga mengenyangkan seperti saat Anda makan nasi. Padat, kaya serat, dan mengandung lemak baik memberikan keuntungan bagi Anda untuk kenyang lebih lama karena alpukat akan dicerna secara perlahan oleh sistem pencernaan.

2. Pisang

Pisang terkenal sebagai buah yang mengenyangkan, tumbuh di segala musim, dan harganya relatif terjangkau. Selain itu, mengonsumsi 1 atau 2 buah pisang saja akan membuat Anda kenyang lebih lama, karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.

Satu pisang berukuran sedang, sekitar 100 gram, memiliki 3 gram kandungan serat. Bagi Anda yang kelaparan saat malam hari, disarankan untuk mengonsumsi pisang karena buah tersebut cukup untuk mengganjal perut Anda tanpa takut gemuk.

Baca Juga : Si Pisang yang Kaya Manfaat

3. Apel

Satu buah apel mengandung serat antara 3,5 – 4 gram. Kalau kamu sedang berdiet dan takut makan banyak, makan lah apel terlebih dahulu sebelum makan besar. Porsi makan Anda pasti akan berkurang, namun perut akan kenyang lebih lama. Serat dan air yang terdapat pada buah apel sangat efektif untuk membuat Anda kenyang lebih lama.

4. Pir

Setu buah pir berukuran sedang mengandung 6 gram serat. Serat dan kandungan air buah pir lebih banyak daripada apel. Selain itu, kulit pir juga mengandung serat yang sangat tinggi, jadi tidak perlu dikupas saat memakannya. Namun, jangan lupa untuk mencuci bersih kulitnya terlebih dahulu.

5. Jeruk

Begitu terkenal dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi, jeruk juga mengandung banyak serat yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Satu buah jeruk berukuran sedang memiliki 3 – 4 gram kandungan serat.

Makan jeruk secara langsung akan membuat Anda lebih kenyang daripada diperas atau dijus. Jika Anda memakan jeruk dengan garis-garis putih yang terdapat pada jeruk, itu akan lebih baik lagi karena di situ lah sumber seratnya.

6. Jambu Biji

Buah jambu biji juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Kandungan serat pada sebuah jambu antara 5 – 6 gram. Kandungan air yang banyak di dalamnya juga bekerja untuk membuat perut kenyang lebih lama. Terlebih buah jambu biji juga memperlancar sistem pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

7. Mangga

Rasa manisnya yang lezat, kaya vitamin C dan serat, buah mangga bisa jadi pilihan untuk cemilan sehat penunda lapar. Dalam 100 gram mangga mengandung 3 gram serat. Buah mangga bisa jadi pilihan tepat bagi Anda karena rasanya yang lezat, serta variasi rasa dan teksturnya yang beragam tergantung jenisnya.

8. Stroberi

Meski tak sebanyak serat pada 7 buah yang telah disebutkan sebelumnya, menambahkan stroberi pada roti atau oatmeal bisa membantu menambahkan serat sehingga kenyang lebih lama. Dalam 100 gram stroberi terdapat 2 – 3 gram serat. Untuk Anda yang kurang suka rasa masam, pilih stroberi yang besar dan manis, atau olah menjadi jus.

Baca Juga : 7 Menu Sarapan untuk Kenyang Lebih Lama

Sumber

Mayo Clinic. Nutrition and Healthy Eating. www.mayoclinic.org

Web MD. (2017). Your Ultimate High-Fiber Grocery List. www.webmd.com

Health Line. (2020). 22 High-Fiber Foods You Should Eat. www.healthline.com

Eat This. (2017). 43 High-Fiber Foods You Should Add to Your Diet. www.eatthis.com



Add Your Comment