Kenali Tanda-Tanda Anda Hamil Bayi Kembar

Penulis: Dhiya | Editor: Atsa

Bagi Anda yang sedang hamil, mungkin Anda mengalami benjolan perut yang terlihat lebih besar dari kebanyakan ibu hamil lainnya. Atau Anda merasakan gejala-gejala aneh yang belum pernah Anda alami sebelumnya? Mungkin Anda bertanya-tanya apakah sedang hamil bayi kembar?

Ultrasonografi adalah cara ideal untuk mengkonfirmasi jumlah bayi. Tetapi sebelum Anda pergi memeriksakan kehamilan ke dokter, Anda juga bisa mencari tanda atau gejala yang akan memberi petunjuk apakah Anda mengandung bayi kembar atau tidak. Supaya menghilangkan rasa penasaran, Berikut tanda-tanda Anda sedang hamil bayi kembar.

1. Mengalami Morning Sickness yang Ekstrim

Umumnya ibu hamil akan mengalami morning sickness atau mual dan muntah saat pagi hari. Begitu pun dengan kehamilan ganda. Karena peningkatan yang lebih besar dalam beberapa hormon kehamilan, mual di pagi hari bisa sangat buruk selama kehamilan kembar. Dalam penelitian, kehamilan kembar adalah faktor risiko untuk bentuk morning sickness yang paling parah.

Tetapi tidak semua ibu hamil kembar akan mengalami morning sickness yang parah. Beberapa mungkin tidak merasa mual sama sekali.

2. Rasa Lelah yang Berlebihan

Setiap wanita hamil akan merasa lelah, terutama bagi banyak ibu hamil yang mengalami kehamilan kembar akan merasa sangat lelah. Karena wanita yang hamil bayi kembar cenderung mengalami kelelahan ekstrim untuk beradaptasi dengan dua bayi yang sedang tumbuh, sehingga tubuh Anda harus menyesuaikan diri dengan kebutuhan energi yang meningkat.

Rasa lelah yang berlebihan ini juga akibat peningkatan tajam progesteron untuk mendukung kehamilan bayi kembar, dikombinasikan dengan tingkat metabolisme basal yang lebih tinggi sehingga menyebabkan kelelahan ekstrim.

Ketika Anda merasakan hal ini, sebaiknya Anda tidur lebih awal setiap malam, minum banyak air putih, jika Anda bekerja tidurlah selama jam istirahat dan makan siang, berjalan kaki selama 20 menit sehari, dan pola makan yang sehat.

3. Intoleransi Makanan

Beberapa ibu yang hamil bayi kembar akan mengalami keengganan yang kuat terhadap makanan tertentu atau yang disebut intoleransi makanan. Penyebab umumnya meliputi sayuran berdaun hijau, kopi, daging, dan seafood. Salah satu cara terbaik adalah menghindari makanan-makanan tersebut.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat dan ringan yang dapat Anda toleransi seperti pisang, alpukat, gandum dan smoothie. Sebaiknya jangan sampai membuat Anda stres karena biasanya intoleransi makanan ini akan hilang dalam beberapa minggu.

4. Mengalami Level HCG yang Meningkat

Pada awal kehamilan, dokter atau bidan dapat melakukan pemeriksaan untuk memeriksa kadar HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yaitu hormon yang diproduksi selama kehamilan. Jika kadaranya tinggi atau meningkat, ini mungkin mengindikasikan kehamilan bayi kembar.

Pada umumnya, kehamilan kembar menyebabkan tubuh ibu menghasilkan lebih banyak HCG. Dalam studi, ibu hamil dengan kehamilan kembar menghasilkan lebih banyak HCG untuk periode waktu yang lebih lama daripada kehamilan tunggal.

5. Payudara yang Sangat Lembut

Kehamilan bisa membuat payudara Anda sangat lembut namun sangat sakit. Ini adalah salah satu tanda awal kehamilan lain yang seringkali ekstrim ketika Anda mengalami hamil bayi kembar dan kadar hormon yang meningkat. Payudara Anda kan bekerja lebih karena harus menopang dua bayi.

Untuk mengatasinya, singkirkan bra yang ketat dan kenakan bra katun untuk menghindari rasa sakit. Hindari berlari atau mengguncang payudara dan untuk sementara waktu larang pasangan Anda untuk menyentuh payudara Anda.

6. Merasakan Gerakan Janin Dini

Salah satu momen paling menarik dalam kehamilan adalah merasakan bayi bergerak di dalam rahim Anda. Perasaan berbedar dari dalam perut Anda menghubungkan Anda dengan anak yang belum lahir sehingga mempererat ikatan antara anak dan ibu.

Biasanya wanita yang merasakan sensasi ini mengalami saat pertengahan kehamilan antara usia kehamilan 16 dan 25 minggu. Beberapa ibu yang hamil bayi kembar merasakan gerakan lebih awal dan lebih sering saat hamil. Terkadang pada awal trimester pertama.

7. Sering Buang Air Kecil

Sebenarnya sama seperti kehamilan tunggal, membawa bayi kembar di dalam rahim dapat menyebabkan peningkatan buang air kecil karena meningkatnya kadar HCG. Karena tingkat kehamilan HCG hamil bayi kembar meningkat lebih cepat dari pada kehamilan tunggal, peningkatan kebutuhan untuk pergi ke toilet pun lebih sering. Untuk mengatasinya, sebaiknya hentikan minum air 1 -2 jam sebelum tidur, hindari minuman yang bersifat diuretik seperti teh dan kopi.

Percayalah pada intuisi Anda. Jika Anda memiliki perasaan bahwa mungkin memiliki bayi kembar, pastikan untuk memeriksakan ke dokter atau bidan Anda. Pada akhirnya, apa pun tanda dan gejalanya, USG dapat memberitahu apakah Anda benar mengalami kehamilan ganda.

Jika pada akhirnya Anda memang mengandung bayi kembar, sebaiknya konsultasikan keluhan dari tanda-tanda yang Anda alami kepada dokter dan mintalah saran serta pengobatan yang tepat untuk mengatasinya.

Baca Juga:  Kenali Jenis-Jenis USG Kehamilan dan Kegunaannya

 

Sumber:
Bounty. Could I be Pregnant with Twins?. Bounty.com
Mama Natural. (2019). Twin Pregnancy: 10 Weird Signs You’re Carrying Two Babies. Mamanatural.com
Verywellfamily. (2019). Signs That You Might Be Expecting Twins. Verywellfamily.com
Verywellfamily. (2019). Signs and Symptoms of a Twin or Multiple Pregnancy. Verywellfamily.com
American Pregnancy Association. Signs and Symptoms of a Multiple Pregnancy. Americanpregnancy.org
Familyeducation. Signs and Symptoms of Multiple Pregnancy. Familyeducation.com